Pengertian Deep Web, Sejarah dan Cara Mengaksesnya

Pernahkah Anda mendengar istilah Deep Web? Bagi para ahli IT, Deep Web sudah bukan hal yang asing lagi. Deep Web sering kali diartikan sebagai sebuah situs yang digunakan oleh para ‘orang-orang jahat’ untuk melakukan transaksi yang illegal dan berbahaya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak pengertian Deep Web, sejarah dan cara mengaksesnya berikut ini.

 

Pengertian Deep Web

Sebagai pengguna internet yang aktif, tentu Anda sudah pernah  mengakses banyak situs penting yang menyajikan berbagai informasi yang Anda butuhkan. Namun, tahukah Anda bahwa ada sebuah sisi gelap dari internet yang disebut Deep Web.

Deep Web adalah bagian dari protocol World Wide Web atau WWW yang keberadaannya tidak dapat terindeks oleh mesin pencari umum seperti Google, Yahoo, Bing dan mesin-mesin pencari lainnya. Istilah lain dari Deep Web adalah DeepNet, Invisible Web, dan Hidden Web. Situs ini diberi nama demikian karena semua hal yang ada dalam situs ini adalah hal-hal rahasia dan terpendam yang bahkan sulit diakses orang biasa.

Dengan luasnya jangkauan yang ada Deep Web, tentu situs ini memuat informasi-informasi rahasia secara mendetail dan lebih lengkap. Deep Web bisa dibilang sebagai sisi gelap atau sisi dalam dari internet. Situs yang jauh dari jangkauan orang biasa. Bagi pengguna mesin pencari biasa, Deep Web tidak akan pernah bisa diakses. Hal ini dikarenakan Deep Web tinggal disebuah bagian tersembunyi  yang ada di internet.

 

Sejarah Deep Web

Seperti pengertian Deep Web yang telah dijelaskan diatas, Deep Web adalah sebuah situs penting yang menyimpan jutaan rahasia dan informasi illegal dan keberadaannya tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Pada tahun 1994 seseorang bernama Jill Ellsowrth menggunakan kata Invisible Web. Namun, nam ini kemudian diubah menjadi Deep Web pada tahun 2001 dan tetap digunakan hingga sekarang.

Banyak orang yang penasaran dan mulai mencoba untuk mengakses Deep Web. Namun, banyak yang memilih untuk mundur bahkan sebelum mencoba untuk mengaksesnya. Terlebih setelah mendengar banyak fakta bahwa Deep Web adalah sebuah situs yang menyimpan hal-hal misterius.

Sebagai sebuah situs yang menjadi sisi gelap dari internet, tentu Anda sudah bisa membayangkan seperti apa wajah dari Deep Web ini. Tidak hanya informasi-informasi rahasia saja, Deep Web juga menjadi situs yang digunakan untuk melakukan transaksi illegal seperti obat terlarang, senjata illegal hingga organ dalam manusia. Mengerikan bukan?.

Tidak hanya menyediakan informasi dan menjual barang illegal, beberapa situs di Deep Web juga menyediakan layanan diluar nalar seperti pembunuh bayaran dan semacamnya. Deep Web memiliki jangkauan yang jauh lebih luas. Mesin pencari yang sering Anda gunakan hanya menyajikan 4% informasi dari keseluruhan informasi yang ada di internet, 96% sisanya berada di Deep Web. Sudah mulai bisa membayangkan seperti apakah Deep Web?.

 

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Smartphone

 

Cara Mengakses Deep Web

Setelah mengetahui cukup banyak informasi dan seluk beluk dari Deep Web, apakah Anda ingin mencoba mengaksesnya?. Deep Web memang bukan tempat ramah yang bisa didatangi semua orang, hanya orang-orang tertentu saja yang mempunyai keberanian untuk mengakses Deep Web.

Namun, untuk Anda yang ingin mengakses Deep Web, yuk ikuti tutorial berikut ini :

  1. Jangan menggunakan mesin pencari yang biasa Anda gunakan, pakailah Thor Browser. Thor Browser telah dirancang sedemikian rupa agar aman saat digunakan untuk menjelajah di internet tanpa takut terdeteksi hacker atau terkena virus.
  1. Gunakan identitas palsu saat mengaksesnya. Identitas palsu ini difungsikan untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang aneh setelah membuka Deep Web.
  2. Pastikan semua kamera yang ada di smartphone maupun laptop mati.
  3. Jangan mengunduh file apapun dari Deep Web.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pengertian Deep Web, sejarah dan cara mengaksesnya. Bagaimana? Tertarik untuk mengaksesnya?.

Leave a Reply