Pengertian Desain Grafis, Jenis dan Unsur-Unsurnya

Desain grafis memang sebuah nama yang kedengaranya tidak asing lagi. Kehadiran desain grafis ini memang banyak memberikan kemudahan misalnya untuk pembuatan poster digital, membuat foto dan juga pembuatan lukisan. Meskipun kehadiranya sudah familiar, namun pengertian desain grafis masih sering kurang banyak dipahami. Anda salah satunya? Jika iya, simak ulasannya berikut.

 

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis memilki pengertian sebagai ilmu yang secara umum melibatkan komunikasi visual  yang cakupanya sangat luas. Diantaranya yaitu meliputi gambar maupun berbagai jenis komunikasi visual lainnya sebagai media penyampaian informasi atau pesan yang cukup efektif.

Penggunaan teks,  maupun sahpe,tabel dan lainya dalam dunia desain grafis juga disebut sebagai gambar ya. Hal tersebut karena gambar dan lainya tersbut termasuk hasil abtraksi dari simbol-simbol tersembunyi.

Media yang dapat digunakan untuk pembuatan desain grafis ini cakupanya juga banyak diantaranya bisa menggunakan media cetak maupun non cetak. Produk yang dihasilkan dari desain grafis ini seirngkali dalam hal psikis untuk meningkatkan branding.

Namun untuk membuat desain grafis, tentu  tidak bisa dilakukan secara sembarang . Pasalnya untuk membuat desain grafis, maka seseorang harus memilki ketrampilan yang baik dalam ham komunikasi visual serta kemampuan kognitif yang meliputi fotografi, typografi, ilustrasi, dan lainya.

 

Jenis Desain Grafis

Selain Pengertian desain grafis, jenis-jenisnya pun juga perlu kan diketahui. Pada dasarnya ada beberapa jenis  desain grafis berdasarkan jenis dan kemampuanya.  Salah satunya yaitu dafter. Drafter merupakan desain grafis yang diperuntukkan membuat arsitektur bangunan.

Desainer drafter ini juga bukanlah sembrang orang. pasalna drafter secara khusus diperuntukkan bagi orang yang sudah ahli dibidang software. Kehadiranya pun sangat penting di dunia industri dan arisitektur.

Jenis desain grafis lainya yaitu editor. Jenis grafis yang satu ini sering sekali nih digunakan oleh para pengarang maupun seseorang yang tergerak pada bidang kreatif lainya. pasalnya desain grafis ini dikususkan untuk pembuatan banner, cover, sampul, brosur, poster logo, pin dan lain sebagainya.

Seseorang yang bergerak dalam bidang editor ini tentu harus memilki imajinasi tinggi dan  juga kreativitas. Bukan hanya itu, editor harus menguasi software seperti, Freehand, Illustrator dan lainya.

Selanjutnya yaitu Layouter. Layouter juga menjadi salah satu jenis dari desain grafis ya. keberadaanya sering dibutuhkan pada bidang industri percetakan maupun perusahaan penerbitan.

Jadi, agar suatu karya berupa koran, majalah dan lainya memilki tata letak yang baik maka memerlukan desainer yaitu layouter ini. seorang layouter pun harus menguasai aplikasi desain grafis seperti MS.Publisher, Adobe In Design dan juga Adobe Page Maker.

Jenis desain grafis lainya yaitu Art Director. Desainer yang satu ini kehadiranya sangat dibutuhkan dalam bidang perfilm, maupun seniman visualisator.  Seorang art director tentu harus memilki kreativitas tinggi terutama jika harus menciptakan karya yang besar.

 

Baca Juga : Software Desain Grafis Terbaik Untuk PC

 

Unsur – Unsur Desain Grafis

Jika Anda sudah memahami apa itu Pengertian desain grafis, unsur-unsur  desain pun juga sangat perlu dibahas ya. jadi, desain grafis tersebut memilki beberap unsur yang berbeda  salah satunya yaitu garis.

Berbicara tentang garis, tentu pada bidang desain menjadi hal yang mendasar ya.  Pasalnya dengan unsur titik yang terhubung ini,  maka akan terbentuk gambar berupa garis yang meliputi lengkung, zigzag, tidak beraturan, horizontal, vertikal, lurus dan lainya.

Unsur dari desai grafis lainya yaitu  Bentuk/Bidang (Shape). Shape ini berupa bentuk-bentuk yang diperlukan dalam desain grafis diantaranya yaitu segitiga (triangle), kotak (rectangle), lingkaran (circle) dan lainya.

Selain itu, unsur-unsur dari desain grafis ini juga meliputi tekstur yang bisa disebut sebagai tampilan dari desain atau gambar yang dibuat,  ada juga unsur  ruang atau jarak (space), unsur ukuran (size), unsur warna (color) dan juga gelap-terang (value).

Leave a Reply