Pengertian Driver Komputer dan Fungsi Utamanya

Untuk menjalankan perangkat komputer memang diperlukan banyak komponen. Setidaknya, ada 3 komponen yang menjadi komponen utama pada komputer yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna). Untuk mengontrol kerja perangkat keras Anda membutuhkan driver sebagai perangkat lunak. Apa pengertian driver itu?

Secara umum driver adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras. Driver akan membantu hardware agar berinteraksi dengan sistem operasi maupun dengan perangkat lainnya. Namun, untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca ulasan berikut ini.

 

Mengenal Pengertian Driver Komputer

Pengertian driver komputer adalah perangkat lunak yang mengontrol perangkat keras atau hardware yang terpasang pada komputer sehingga hardware dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu driver juga membuat hardware dapat berinteraksi dengan komputer, baik pada sistem operasi, program komputer atau bahkan perangkat lainnya.

Setiap perangkat keras yang dipasang pada komputer memang memiliki cara kerja yang berbeda. driver inilah yang membuat perangkat keras dapat digunakan pada komputer. Tanpa menginstal diver terlebih dahulu, maka fungsi dari perangkat keras menjadi tidak optimal. Contohnya adalah printer. Untuk mencetak lembar kerja pada printer, komputer Anda harus terlebih dahulu terhubung.

Caranya adalah dengan menginstall driver printer pada komputer Anda. jika driver belum diinstall, maka komputer Anda tidak dapat mencetak lembar kerja pada printer tersebut.

 

Fungsi Utama Driver pada Komputer

Fungsi utama driver pada komputer adalah sebagai penyedia transparansi dan penerjemah dari perintah hardware terhadap aplikasi maupun sistem operasi. Selain itu driver juga berfungsi sebagai pengontrol hardware dalam mengimplementasikan program komputer. Untuk dapat digunakan, perangkat keras pada komputer harus memiliki penghubung. Driver ini merupakan penghubung antara hardware dan sistem operasi melakukan interaksi, sehingga dapat melakukan input, output atau perintah-perintah lainnya.

Driver sering dikenal sebagai penerjemah. Pasalnya, driver dapat menerjemahkan perintah hardware pada komputer. Seperti pada keyboard dan Ms. Word. Saat Anda membuka lembar kerja dan mengetikkan sesuatu, workspace Ms. Word Anda akan menampilkan sesuai apa yang Anda ketik. Hal ini karena driver keyboard telah terpasang, sehingga Ms. Word mengerti apa yang diketik pada keyboard.

Selain itu, driver juga berfungsi untuk memudahkan implementasi Application programming interface. Biasanya untuk mengontrol hardware dengan implementasi program ini membutuhkan bahasa program yang tinggi.

 

Cara Menginstall Driver pada Komputer

Mengingat fungsi dan peran driver yang begitu penting bagi interaksi perangkat keras dan perangkat lunak. Driver harus diinstal agar hardware dapat berfungsi. Menginstall driver ini sama seperti menginstall sebuah aplikasi. Namun, terkadang, driver berada pada kepingan CD/DVD.

Namun, untuk beberapa hardware general seperti keyboard, flashdisk dan mouse umumnya driver tersebut telah terpasang pada komputer. Sehingga Anda tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu. Kecuali pada perangkat keras yang membutuhkan install driver seperti printer dan webcam. Adapun cara untuk menginstall driver adalah masukan CD/DVD pada CD/DVD ROM di komputer Anda, tunggu hingga komputer auto start. Setelah itu, jendela instalasi akan ditampilkan pada layar monitor, pahami menu dan prosedur yang ditampilkan karena setiap driver memiliki tampilan instalasi yang berbeda-beda. kemudian klik install driver.

Tunggu proses instalasi selesai. Jika terdapat permintaan restart, maka  lakukan restart komputer agar driver yang telah diinstal dapat beroperasi.

Baca Juga : 3 Cara Instal Driver Laptop dengan Mudah

Itulah pengertian driver, fungsi dan cara installnya. Jika ada perangkat keras komputer Anda yang tidak dapat berfungsi, mungkin Anda belum menginstall drivernya atau melakukan update driver agar perangkat keras dapat digunakan.

Leave a Reply