Pengertian Dropship, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Di era sekarang ini semua orang dapat melakukan pekerjaan apapun entah itu pekerjaan yang berat ataupun ringan seperti halnya dropship. Tentu beberapa orang telah mengenal apa itu dropship. Dalam hal ini terdapat pembahasan mengenai pengertian dropship, cara kerja dan plus minus yang dapat anda ketahui. Berikut ini penjelasannya.

 

Pengertian Dan Cara Kerja Dropship

Dropship merupakan salah satu cara pemasaran barang yang di mana sistemnya dapat dibilang mudah untuk dilakukan. Dropship sendiri adalah salah satu bentuk upaya untuk memasarkan sebuah produk yang di mana pihak penjual tidak menyimpan barang yang akan dijual. Dapat dikatakan barang yang dijual oleh sang penjual merupakan barang milik supplier ataupun distributor.

Jadi pihak penjual akan membuat toko online sendiri yang didalamnya menyediakan beberapa produk untuk dijual. Jika seandainya terdapat pesanan dari konsumen maka pihak penjual hanya perlu membeli barang dari supplier atau distributor yang selanjutnya dijual ke konsumen. Dapat dibilang sistem kerja dari dropship ini tidak membutuhkan modal yang cukup banyak dan memiliki keuntungan yang besar.

Penjual yang berposisi sebagai dropship ini hanya menjalankan tugasnya untuk mempromosikan produk yang dijual oleh pihak distributor ataupun supplier. Jadi si penjual dropship hanya memajang beberapa foto yang nantinya dapat diketahui oleh konsumen. Jika k-dha dalam sebuah produk memiliki banyak orang sebagai dropshipper maka jangkauan untuk menjual produk akan lebih besar dan luas.

 

Kelebihan Dari Dropship

Selain membahas pengertian dropship, Anda juga harus mengetahui apa kelebihan dari dropship. Tentunya semua pekerjaan yang dilakukan memiliki keuntungan serta kerugian berbeda-beda tergantung dari apa yang dikerjakan. Dropship sendiri memiliki kelebihan ataupun berupa keuntungan yang bisa diperoleh antara lain adalah tidak membutuhkan modal yang banyak.

Kemudian anda hanya perlu mempersiapkan handphone ataupun laptop untuk berjualan dalam dropshipper. Biasanya menjadi dropship hampir tidak memerlukan sebuah modal yang besar karena anda hanya perlu bermodalkan internet dan menerima barang yang dipesan. Selain itu Anda juga tidak memerlukan sebuah toko untuk berjualan di dropship jadi bisa berjualan di rumah.

Di sisi yang lain Anda juga bisa menentukan harga yang akan dijual ke konsumen. Jika anda menginginkan keuntungan yang besar maka bisa menaikkan harga dari harga supplier. Anda juga dapat berjualan tanpa memiliki sebuah produk ataupun barang sendiri. Selain itu Anda juga tidak perlu untuk khawatir ataupun pusing memikirkan tentang barang tidak habis ataupun tidak laku untuk dijual.

 

Baca Juga : 8 Bisnis Internet Terbaik Dengan Prospek Menjanjikan

 

Kekurangan Dropship

Sisi lain dari pengertian dropship dan kelebihannya, maka Anda juga perlu mengetahui tentang kekurangan dari dropship. Kekurangan pertama yang bisa anda dapati adalah tidak bertanggung jawab atau kepastian dari sebuah supplier. Maka anda harus berhati-hati untuk memilih distributor yang jujur dan dapat dipercaya. Selain itu anda perlu mengetahui atau memastikan dalam proses penjualan.

Di mana Anda harus mengecek kepastian apakah sudah menerima uang dari konsumen. Dikarenakan bisa mengirimkan sebuah produk ataupun barang tanpa adanya menerima keuntungan dari uang pembelian tersebut. Kemudian Anda juga perlu memastikan tidak adanya tindak kecurangan ataupun penipuan yang dapat dilakukan secara online karena hal ini pasti akan merugikan anda.

Jika dalam hal ini Anda telah memastikan dan berhati-hati untuk memilih sebuah supplier maka sistem kerja dan keuntungan dapat berjalan dengan baik. Jadi anda wajib melakukan riset untuk mengetahui apakah supplier yang anda inginkan ini memiliki tingkat kejujuran yang tinggi atau tidak.

Leave a Reply