Pengertian Edmodo, Manfaat, dan Fitur-fiturnya

Anda pasti mengenal dengan yang namanya Instagram, Facebook, maupun Whatsapp. Semua itu adalah sebuah media sosial ataupun jaringan sosial. Namun, apakah Anda mengetahui Edmodo? Jika Anda sama sekali belum mengetahui tentang Edmodo, maka hal pertama yang harus diketahui sebelum masuk ke pengertian Edmodo ialah bahwa Edmodo adalah jaringan sosial pendidikan.

Kehadiran internet memang sangat bermanfaat bagi kehidupan di jaman sekarang ini. Salah satunya dengan hadirnya Edmodo yang dapat membantu guru dan murid dalam melakukan proses kegiatan belajar dan mengajar. Untuk lebih memahami tentang Edmodo, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa itu Edmodo, manfaatnya serta fitur-fiturnya:

 

Pengertian dari Edmodo

Edmodo ialah sebuah platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang dikhususkan untuk guru, murid, dan juga orang tua murid. Edmodo pertama kali muncul dan dikembangkan oleh Nic Borg dan Jeff O’hara pada akhir tahun 2008 dan Edmodo sendiri itu bisa disebut sebagai program e-learning yang dapat menerapkan sistem pembelajaran yang efisien dan lebih menyenangkan.

Edmodo mengalami peningkatan yang pesat pada tahun 2011. Hal itu terbukti dengan adanya sekitar 1 juta pengguna Edmodo yang aktif. Edmodo mendapatkan 50 juta pengguna aktifnya pada tahun 2015 yang tentunya berasal dari seluruh dunia. Hal ini tentunya membuktikan bahwa Edmodo ialah platform pembelajaran online terbaik saat ini.

 

Manfaat Edmodo

Untuk lebih memahami pengertian Edmodo, Anda harus mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan ketika menggunakan Edmodo sebagai kegiatan pembelajaran. Dengan Edmodo, para guru dan murid akan mendapatkan wahana atau tempat yang akan dijadikan wadah sebagai komunikasi dan diskusi.

Selain itu, Edmodo dapat membantu para siswa untuk saling berinteraksi dan berdiskusi yang tentunya akan mendapatkan pantauan langsung dari gurunya. Edmodo juga merupakan sarana yang tepat buat para guru untuk memberikan ujian maupun quiz kepada murid-muridnya dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Sistem pembelajaran yang diterapkan Edmodo ialah para guru akan mengunggah bahan ajar atau materi yang berupa pertanyaan, foto, video pembelajaran dan sebagainya kepada para murid. Sedangkan murid dapat mengunduh materi tersebut dengan mudah. Dengan begitu, para guru akan merasa lebih mudah karena dapat memberikan materi maupun soal dari mana saja dan kapan saja.

 

Fitur-fitur Edmodo

Edmodo ialah platform pembelajaran. Jadi, Edmodo pastinya memiliki banyak fitur yang menunjang kegiatan pembelajaran. Edmodo memiliki banyak fitur di dalamnya berupa polling, gradebook, file and links, quiz, library, assignment, dan juga award badge. Fitur yang pertama ialah Polling. Polling ialah fitur yang dapat digunakan guru untuk mengetahui tanggapan murid pada suatu hal.

Selanjutnya ialah Gradebook. Gradebook ialah fitur yang dapat membantu guru untuk memberikan nilai kepada para siswanya. Fitur yang ketiga ialah file and links. Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan catatan atau materi berupa lampiran file dan link. Selanjutnya ialah Quiz. Fitur ini dapat membantu guru untuk memberikan soal pada murid-muridnya.

Fitur yang kelima ialah library. Fitur ini dapat menyimpan materi yang diunggah oleh guru. Selanjutnya ialah assignment. Fitur ini dapat membantu guru dalam memberikan tugas kepada murid-muridnya. Fitur yang terakhir ialah award badge. Fitur yang satu ini dapat membantu guru untuk memberikan penghargaan kepada muridnya.

 

Baca Juga : Pengertian Teknologi Informasi, Fungsinya dan Sejarahnya

 

Itulah pengertian Edmodo, manfaat dan fitur-fiturnya yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami tentang Edmodo. Semoga Edmodo akan terus berkembang dan nantinya akan diterapkan di seluruh pendidikan yang ada di dunia.

Leave a Reply