Pengertian Flashdisk, Fungsi, Sejarah, dan kelebihannya

Pengertian Flashdisk – Saat ini merupakan era teknologi, aktifitas manusia tidak lepas dari teknologi. Perangkat komputer adalah salah satu teknologi penting untuk membantu dan mempermudah manusia dalam menunjang aktifitas sehari-harinya. Komputer digunakan untuk sekolah, bekerja, hiburan, media kreasi, dan sebagainya.

Tidal lepas dari banyaknya kegunaan dari komputer, untuk membantu kerja dari komputer tersebut adanya komponen-komponen pembantu. Sebagai contoh tempat penyimpanan seperti hardisk. Memiliki perang penting untuk menyimpan suatu data komputer.

Adapun banyak jenis-jenis dari penyimpanan komputer ini, penyimpanan internal ataupun yang portable seperti memori card, hardisk eksternal, dan flashdisk. Di artikel kali ini akan dibahas tentang pengertian flashdisk, fungsi flashdisk, sejarah dan juga kelebihan dan kekurangannya.

 

Pengertian Flashdisk

Pengertian Flashdisk

Flashdisk atau bisa disebut USB Flash Drive merupakan perangkat keras komputer berupa tempat penyimpanan eksternal portable. Biasanya Flashdisk digunakan untuk menyimpan data sementara dan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya.

Flashdisk adalah tempat penyimpan yang di colokan pada port USB pada komputer atau laptop anda. Memiliki bentuk fisik kecil yang bisa anda bawa kemana saja. Berbeda dengan jenis perangkat penyimpanan hardisk, flashdisk menggunakan chip memory untuk sistem penyimpanan didalamnya.

Data yang tersimpan dalam flashdisk memiliki sifat permanen (non-volatile). Data tidak akan menghilang atau terhapus meskipun tidak adanya aliran listrik. Anda bisa merubah data, mentransfer, ataupun menduplikat data setiap saat ketika anda membutuhkannya.

 

Fungsi Flashdisk

Seperti sudah dijelaskan diatas, flashdisk memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat penyimpanan data. Selain dari fungsi utamanya tersebut, flashdisk bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pada komputer atau laptop anda.

Fungsi lainnya adalah untuk membackup sebuah data penting, ini membantu anda jika komputer terdapat masalah dan harus melakukan perbaikan. Untuk mengamankan data-data yang sangat penting anda bisa menggunakan flashdisk untuk tempat penyimpananya.

Flashdisk juga bisa anda gunakan sebagai media transfer file antar beberapa komputer ataupun dengan smartphone. Dengan adanya flashdisk ini, file atau data yang ingin anda tranfer dari komputer satu ke komputer lainnya dapat dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

Ketika anda ingin melakukan instal ulang sistem operasi yang ada di komputer seperti windows. Anda bisa menggunakan flashdisk sebagai media sistem penginstalan windows atau biasa disebut sebagai boot. Dengan menggunakan flashdisk sebagai boot, anda tidak memerlukan sebuah CD untuk penginstalan windows pada komputer anda.

 

Sejarah Flashdisk

Sebelum banyaknya pemakaian Flashdisk, CD atau disket digunakan sebagai tempat penyimpanan portable pada komputer. Flashdisk dibuat pertama kali oleh insinyur jepang Fujio Masuoka pada tahun 1984. Flash sendiri diambil dari nama temannya Shoji Ariizumi yang biasa dipanggil Flash.

Sebelumnya Flashdisk memiliki kapasitas yang sangat kecil yaitu hanya 8 Mb saja yang dikeluarkan oleh IBM pada tahun 2001 di Amerika.

Bisa dilihat perkembangan dari flashdisk ini dari dulu hingga saat ini. Dari segi kapasitas yang ada pun terpaut jauh dibanding dengan flashdik dahulu. Sekarang flashdisk memiliki kapasitas paling tinggi hingga 1 Terabyte beribu kali lipat dibanding flashdisk dulu yang hanya mempunyai kapasitas sebesar 8 Mb.

Untuk bentuk fisiknya pun, flashdisk saat ini sudah memiliki berbagai macam bentuk. Ada flashdisk yang bisa diputar, Ukuran paling kecil, dan masih banyak lagi. Port yang bisa digunakan pun tidak hanya port USB komputer biasa, anda juga menggunakan Port USB kecil untuk smartphone.

 

Kelebihan Flashdisk

Pengertian Flashdisk

Flashdisk memiliki beberapa kelebihan dari segi kapasitas maupun kegunaan dibandingkan dengan perangkat penyimpanan lainnya. Berikut ini adalah kelebihan dari flashdisk

  1. Memiliki bentuk fisik yang cukup kecil, anda bisa menyimpan dan membawa kapan dan dimana saja.
  2. Kapasitas penyimpanan yang dimiliki cukup besar. Dengan fisiknya yang kecil, bukan berarti kapasitas penyimpanan yang dimiliki juga kecil. Saat ini sudah hadir flashdisk dengan kapasitas mencapai 1 TB.
  3. Harga yang relatif murah dipasaran. Dengan fisik yang kecil dan storage yang besar, flashdisk memiliki harga yang cukup murah dibanding dengan Hardisk, SSD ataupun tempat penyimpanan eksternal lainnya.
  4. Pemakaian yang mudah di gunakan. Tidak memerlukan komponen lain seperti kabel. Anda cukup memasukan flashdisk melalu port USB dan langsung bisa digunakan untuk menyimpan data.
  5. Bisa digunakan untuk penginstalan sistem operasi windows. Flashdisk menggantilan CD sebagai tempat boot sistem operasi untuk melakukan penginstaln windows pada komputer anda.

Bisa dilihat dari beberapa kelebihan flashdisk diatas, anda sebagai pengguna perangkat komputer atau laptop wajib memiliki preangkat penyimpanan flashdisk ini.

 

Kekurangan Flashdisk

Pengertian Flashdisk

Disamping kelebihan yang dimiliki, flashdisk juga memiliki beberapa kekurang yang dimilikinya. Antara lain :

  1. Dikarenakan memiliki fisik yang kecil, anda harus menjauhkan dari anak-anak. Awasi anak-anak saat memegang flashdisk ini, ditakutkan terjadi apa-apa karena bentuk yang kecil. Bisa saja masuk mulut dan tertelan.
  2. Lagi, karena fisiknya yang kecil, flashdisk rentan hilang ketika anda lupa menaruh atau terjatuh dan anda tidak menyadarinya.
  3. Biasanya anda menaruh Flashdisk pada tas kecil atau kantong celana. Usahakan hindari kontak antar flashdisk dengan air. Jika anda lupa menaruh pada kantong, mungkin saja bisa tercuci dan mengakibatkan flashdisk rusak. Karena komponen berupa chip, air akan merusak jalur-jalur komponen yang berakibat flashdisk short dan mengalami kerusakan.

 

Baca Juga : Pengertian SSD, Fungsi, dan Kelebihannya Dibanding HDD

 

Itulan pembahasan tentang pengertian flashdisk, fungsi, sejarah, dan juga kelebihan  dan kekurangannya. Flashdisk merupakan perangkat komputer yang memiliki peran penting untuk menunjang aktifitas komputasi anda sebagai alat transfer dan simpan data. Dengan begitu anda wajib memiliki flashdisk ini supaya memudahkan anda untuk melakuakan back up dan penyimpanan data. Cukup sekian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply