Pengertian FTP Server, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja

Pengertian FTP Server atau File Transfer Protocol adalah sebuah protocol yang menjembatani aktivitas pertukaran informasi antara client dan server dalam satu jaringan. FTP memiliki peran yang penting dalam sistem komputer.

Jika dalam suatu komputer tidak ada FTV, aktivitas seperti browsing, menonton video, mengunduh video dan lain-lain tidak akan bisa dilakukan. Nah, bagi yang masih asing dengan istilah ini, beberapa informasi berikut bisa menambah wawasan Anda.

 

Mengenal Lebih Jauh Pengertian FTP Server

FTP Server adalah sebuah software yang berfungsi memberi pelayanan penukaran informasi atau file apabila diminta oleh FTP Client. Sedangkan FTP Client adalah sebuah alat berupa komputer yang digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas. Untuk bisa melakukan aktifitas tukar menukar file informasi, FTP Client haruslah terhubung dengan FTP Server.

File Transfer Protocol memiliki beberapa tujuan yaitu menjadi tempat pertukaran data, dapat dijadikan tempat untuk menyimpan berbagai data penting milik user, dan mampu mentransfer data dengan lebih efisien dan praktis.

 

Kelebihan File Transfer Protocol

Protocol penting ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain

  1. Kemudahan transfer file informasi dan sata yang ditawarkan oleh FTP. Selain mudah, transfer informasi melalui FTP juga sangat efisien.
  2. Sistem keamanan FTP telah terenskripsi sehingga pengguna tidak perlu khawatir data akan dibobol.
  3. FTP berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Data yang sudah dikirimkan melalui FTP Server tidak akan hilang ataupun terhapus oleh perangkat lain.
  4. Untuk menggunakan FTP memang diperlukan verifikasi agar bisa berfungsi dengan baik. Namun, untungnya sekarang sudah ada software yang dapat membantu melakukan proses verifikasi ini.
  5. Selain mampu menyimpan data dengan aman, FTP mampu melakukan backup data hingga restore website.
  6. FTP bisa berguna untuk implicit remote komputer atau indirect komputer.

 

Kekurangan File Transfer Protocol

Meski memiliki banyak kelebihan, FTP juga memiliki beberapa kekurangan seperti ketergantungan terhadap sistem keamanan enskripsi karena tanpa adanya sistem enskripsi  transfer data akan tidak aman, model dari FTP dinilai kurang mumpuni hingga mampu membuat administrator dalam bahaya karena informasi mengenai risiko yang dihadapi sangat minim, dan seringnya kesalahan yang terjadi saat mentransfer data hingga administrator sulit untuk memahami informasi yang diterima.

 

Cara Kerja FTP

Guna melengkapi informasi mengenai pengertian FTP Server, mengenal cara kerja FTP ini tentu tidak kalah penting. Cara kerja FTP adalah dengan memasukkan username dan password yang anda miliki agar bisa mengakses FTP. Jika ingin melakukan transfer data seperti mengunduh, mengunggah, browsing dan aktifitas lainnya, perlu dilakukan akses terhadap FTP agar bisa melakukan perintah yang kamu inginkan.

Password dan username akan berfungsi sebagai gerbang yang bisa kamu gunakan untuk mengakses data-data yang ada pada FTP. Username dan password ini diberikan oleh pihak FTP. Agar tidak lupa, anda bisa menyalin atau menulisnya di tempat yang mudah anda temukan seperti buku catatan, memo, sticknote dan lain-lain.

Umumnya, port dalam FTP ada dua dengan yakni port 20 dan port 21. Port 20 buiasanya digunakan untuk data port, sedangkan port 21 digunakan sebagai command port. Ada dua mode koneksi yang bisa dgunakan dalam FTP Server yakni mode pasif dan mode aktif.

FTP adalah salah satu aplikasi komputer yang sangat penting, karena dengan FTP mampu memberikan akses kepada user dan pengguna lain untuk mengakses banyak data meski dilakukan pada banyak perangkat komputer.

 

Baca Juga : Pengertian VPS, Kelebihan Dan Jenis-Jenisnya

 

Setelah menyimak berbagai informasi di atas, kini Anda mengetahui pengertian FTP Server dan aspek-aspek terkaitnya. Bagi seorang programmer mungkin ini sudah sangat familiar, Namun, jika Anda masih awam, maka informasi di atas tentu mampu menambah wawasan lebih luas lagi.

Leave a Reply