Pengertian Hardisk Komputer dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Hardisk Komputer dan Jenisnya – Hardware atau perangkat keras adalah komponen penting untuk suatu perangkat komputer. Hardware tersebut akan menunjang jalannya proses komputer. Hardisk termasuk perangkat keras komputer yang vital. Dengan adanya hardisk, Anda bisa menyimpan suatu data atau system. Banyak macam dari hardisk yang memiliki jenis tergantung dari fungsi dan cara kerjanya. Berikut ini adalah pengertian hardisk komputer beserta macam dan jenisnya.

 

Pengertian Hardisk Komputer

Pengertian Hardisk dan Jenisnya Lengkap

Hardisk atau bisa disebut harddisk Drive (Drive) adalah peranggkat keras komputer yang memiliki fungsi umum yaitu menyimpan file data dan file system pendukung untuk menjalankan suatu perangkat komputer atau PC.

Hardisk memiliki ruang penyimpanan didalamnya dan juga output dari proses data yang akan dijalankan oleh komputer. Data pada hardisk akan bersifat non-volatile, yang dimana data akan tersimpan pada memori, tetapi tidak akan hilang meskipun komputer anda telah dimatikan. Beda dengan RAM yang hanya menyimpan data secara sementara selagi kita mengoperasikan komputer.

Hardisk memiliki faktor penting dalam pengoperasian komputer. Semakin cepat hardisk yang bekerja maka untuk jalannya pengoperasian komputer akan semakin cepat. Dan dalam proses transfer data akan semakin cepat pula.

Kecepatan hardisk dihitung dengan namanya RPM (Rotation per Minute). Sebagai pengumpamaan, misalnya dua buah hardisk memiliki kecepatan masing-masing 5400 RPM dan 7200 RPM. Kecepatan prosesor data yang paling cepat tentu yang memiliki RPM yang tinggi yaitu 7200RPM. Semakin besar RPM maka hardisk tersebut akan semakin bagus dan tentunya cepat.

Untuk ukuran data yang terdapat pada hardisk, diukur dengan satuan byte. Biasanya data yang tersimpan memiliki rentang ukuran dari Byte, Kilo Byte (KB), Mega Byte (MB), Giga Byte (GB), dan yang paling tinggi adalah Tera Byte (TB).

 

Sejarah Singkat Hardisk

Pengertian Hardisk dan Jenisnya Lengkap

Hardisk pertama muncul dan diciptakan oleh perusahaan besar yang bernama IBM dan dikembangkan oleh insinyur IBM Reynold Johnson. Pada tahun 1956, hardisk pertama ini mempunyai kapasitas penyimpanan hanya 5 MB. Mempunyai berat sekitar 500 KG dengan kecepatan rotasinya sampai 1200 rpm.

Pada saat itu hardiskpertama ini tidak dijual belikan, karena ukuran yanhlg besar dan pemakaian yang minim untuk pengguna rumahan. Hardisk ini di sewakan kepada perusahaan perusahaan dengan jangka waktu yang disepakati. Dengan biaya sewa sekitar 5000 US Dollar perbulannya.

Pada tahun 1997, hardisk sudah mulai berkembang pesat sangat pesat dengan adanya hardisk yang memiliki batasan kapasitas sampai 10GB. Bisa dilihat perbedaan yang sangat jauh bila dibandingkan hardisk yang pertama diciptakan dengan hardisk jaman sekarang. Untuk hardisk berkapasitas lebih dari 1 TB (Tera Byte), untuk bentuk fisik yang kecil dan memiliki berat tidak sampai 1 KG.

 

Macam-Macam Hardisk

Hardisk terbagi menjadi berbagai macam berdasarkan ukuran fisik, Jenis, dan Tipenya.

 

Berdasarkan ukuran fisik

 

Hardisk 3.5 

Hardisk yang biasa dipakai pada sebuah perangkat komputer desktop. Memiliki fisik tebal dan juga ukuran yang agak besar. Untuk menjalankan hardiskdengan ukuran 3.5 ini, diperlukan daya listrik tambahan supaya hardisk bekerja dengan optimal.

 

Hardisk 2.5

Memiliki bentuk fisik yang tipis dan juga kecil. Merupakab jenis hardisk yang biasa dipakai pada sebuah laptop dan bisa juga digunakan sebagai penyimpanan eksternal. Dengan fisik nya yang kecil, hardisk 2.5 dapat memiliki manfaat lebih. Seperti, bisa dibawa kemana saja dan tidak memerlukan daya listrik tambahan.

 

Berdasarkan jenisnya

Hardisk konvensional

Hardisk konvensional memiliki cara kerja yaitu menggunakan sistem kerja mekanis. Didalamnya terdapat suatu piringan cakran, yang dimana ini berfungsi untuk tempat penyimpanan data. Dikarenakan hardisk ini memiliki komponen mekanisme berputar, maka dari itu hardisk rentan terhadap kerusakan. Bisa diakibatkan lalainya pemakaian, karena guncangan, atau terjatuh secara tidak disengaja. Untuk harga hardisk konvensional ini, relatif lebih murah dibanding jenis hardisk yang lain.

 

Hardisk SSD (Solid State Drive)

Bisa dibilang SSD adalah bukan termasuk  kedalam hardisk, karena Disk sendiri memiliki artian piringan. Yang dimana SSD sudah tidak menggunakan cara kerja secara sistem mekanis. SSD memiliki cara kerja yaitu dengan menyimpan data pada suatu chip atau USB Drive atau Memori Komputer. Dengan cara kerja tersebut, SSD memiliki kelebihan yaitu performa yang lebih cepat dibandingkan dengan hardisk konvensional. Kekurangan nya, SSD memiliki harga yang cukup mahal untuk storage atau penyimpanan yang tidak besar.

 

Berdasar Tipenya

Hardisk IDE (Integrated Drive Electronika)

Hardisk jenis ini termasuk jenis hardisk yang sudah lama digunakan pada generasi komputer Pentium. Memiliki portyang terdiri dari 40 pin untuk transmisi data, dan 4 pin tambahan untuk powersupplynya.

Hardisk jenis ini mampu bekerja menggunakan bus PCI, yang dimana banyak digunakan oleh banyak personal computers (PC). Memiliki harga yang cukup murah, karena penggunaanya yang banyak sesuai dengan pasarnya yaitu personal komputer.

Untuk tipe terbaru dari hardisk IDE adalah Hardisk ATA (Advanced Technology Attachment). Memiliki versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai dengan koneksi busnya. Hardisk IDE maupun ATA hanya memiliki maksimum kapasitas sebanyak 320GB.

 

Hardisk SATA

Merupakan pengembangan dari jenis hardisk sebelumnya yaitu ATA. Hardiskyang masih digunakan hingga saat ini. Memiliki port yang terdiri dari 4 pin transmisi dan 7 pin untuk daya supply-nya. Hardisk SATA ini memiliki kecepatan membaca data yang lebih unggul dari pada jenis hardisk sebelumnya yaitu hardiskATA/IDE. Untuk kapasitas maksimum nyajauh lebih besar dibandingkan dengan Hardisk sebelumnya.

 

Hardisk SCSI (Small Computer System Interface)

Hardisk jenis ini mempunyai kecepatan membaca data yang paling tinggi dibandingkan dengan Hardisk yang lainnya. Hardisk SCSI ini memiliki kapasitas maksimum yang lebih besar dari hardisk SATA, bisa mencapai lebih dari 5 TB.

Bisanya jenis hardisk SCSI ini digunakan sebagai tempat penyimpanan komputer server dikarenakan kecepatannya yang diatas rata-rata, dan juga sebagai penyimpanan komputer database. Maka dari itu hardisk ini jarang sekali digunakan untuk penyimpanan pada personal komputer atau laptop.

 

Baca Juga : Tips Bermain Game Berat Di PC/Laptop Kentang

 

Dengan banyaknya jenis hardisk di pasaran. Anda sebagai pengguna komputer mempunyai banyak pilihan hardisk yang bisa digunakan sesuai keinginan Anda. Itulah penjelasan tentang hardisk, semoga bisa memberi manfaat untuk Anda.

Leave a Reply