Pengertian Hardware, Fungsi beserta Jenis dan Contohnya

Apabila anda sedang mencari informasi tentang Pengertian Hardware, Fungsi beserta Jenis dan Contohnya, atau salah satu dari itu, berarti anda saat ini telah membaca artikel yang tepat, silahkan lanjut membaca artikel ini sampai selesai. Karena jawaban dari yang anda cari ada diartikel ini.

Bicara mengenai hardware, sebenarnya anda sering menemuainya sehari-hari, karena hardware bisa dibilang mendukung pekerjaan atau kegiatan anda, bagi anda pengguna komputer, laptop, super komputer atau bahkan smartphone. Tak jarang kondisi hardware sangat mempengaruhi kinerja sebuah perangkat, entah itu komputer, laptop, maupun smartphone.

Seperti seorang kawan penulis yang mengeluhkan bahwa laptopnya mulai lemot, lambat ketika harus membuka dan menjalankan sebuah program atau aplikasi. Usut punya usut ternyata laptop tersebut sudah berumur cukup lama, sudah dari tahun 2012, atau 7 tahun yang lalu jika dihitung dari tahun 2019 (saat ini). Belum lagi apabila anda membaca artikel ini pada tahun 2020, atau ditahun-tahun yang akan datang.

Kinarja hardware semakin lama semakin menurun, ini karena hardware aus, sebab digunakan terus, seperti yang dialami oleh laptop milik teman penulis. Salah satu solusinya adalah dengan membongkar laptop tersebut, membesihkan hardwarenya, dan apabila masih ada suku cadangnya, ganti prototype yang perlu diganti dengan hardware baru, kemungkinan setelah itu performa laptop akan kembali cepat seperti baru.

 

Definisi dan Pengertian Hardware

Pengertian Hardware

Istilah hardware berasal dari bahasa Inggris, dalam bahasa Indonesia hardware dapat diartikan sebagai “perangkat keras”, walaupun demikian, istilah hardware sendiri sudah jamak digunakan dimana-mana oleh orang Indonesia, baik saat membeli laptop, komputer, atau sekedar mencari suku cadang laptop.

Banyak pakar dan ahli mendefinisikan apa itu hardware, namun mereka sepakat bahwa hardware itu harus terlihat (bisa dilihat bentuknya) kemudian dapat dipegang (dapat dipegang dan dirasakan dengan tangan bentuknya). Dari keterangan tersebut, pengertian hardware dapat disampaikan dengan kalimat ini : “hardware merupakan perangkat keras komputer yang wujudnya dapat dilihat dan dipegang secara fisik”.

 

Fungsi Hardware

Bicara mengenai fungsi hardware, maka tak akan jauh-jauh kaitannya dengan definisi atau pengertian hardware, fungsi hardware dapat digolongan jadi 4. Yang pertama adalah fungsi hardware untuk menerima input, yang kedua untuk mengolah data atau informasi yang masuk, yang ketiga untuk memberikan output dari data yang sudah diolah, dan yang keempat untuk menyimpan data atau informasi (apabila user memutuskan untuk menyimpannya).

 

Jenis-jenis Hardware dan Contohnya

Jenis hardware tak terpaut jauh dengan fungsi hardware, hanya beda satu saja jumlahnya, langsung saja berikut jenis hardware dan contohnya :

 

1. Input data (memasukkan data kedalam komputer)

Hardware jenis ini berfungsi untuk memasukkan data kedalam kumpter, entah itu berupa text, suara atau bentuk lainnya. Contoh dari perangkat jenis ini diantaranya adalah : keyboard, microphone dan mouse. Anda pasti sudah tidak asing dengan perangkat-perangkat tersebut.

 

2. Hardware Untuk Proses Data (perangkat pemrosesan data)

Seperti nama jenisnya, fungsinya pun hampir sama, hardware ini digunakan untuk memproses data. Jadi data yang sudah anda input dalam komputer akan diproses dengan menggunakan hardware jenis ini, contohnya antara lain : CPU, VGA dan RAM.

VGA adalah satu hardware yang wajib ada apabila anda mengerjakan sebuah desain atau video yang cukup berat. Tanpa VGA yang mumpuni, komputer atau laptop anda akan lambat dalam memproses kerja dalam membuat video atau desain logo.

 

3. Output Hardware

Output hardware atau hardware untuk mengeluarkan data yang sudah anda proses, hasilnya pun bisa bermacam-macam, bisa suara ataupun tulisan pada sebuah kertas, tergantung dari hardware yang anda gunakan.

Contoh dari hardware jenis ini antara lain : printer, speaker atau monitor. Yang paling simpel untuk menjelaskan hardware jenis ini adalah printer, printer akan mencetak teks atau gambar dari komputer atau laptop, sesuai dengan permintaan anda.

 

4. Hardware Penyimpanan

Dari jenisnya saja sudah dapat diketahui bahwa hardware ini digunakan untuk menyimpan data yang ada lama komputer atau laptop anda. Tanpa hardware ini, user akan kesulitan saat harus jeda saat mengerjakan projectnya. Mungkin jika jeda atau istirahatnya sebentar tak masalah, nah jika jedanya itu lebih dari sehari tentunya akan menjadi masalah. Maka hardware jenis ini sangat penting bagi user. Salah satu contohnya adalah harddisk, atau hardisk external.

 

5. Periferal Hardware

Periferal hardware merupakan hardware yang digunakan untuk menunjang kebutuhan user dalam menggunakan laptop atau komputernya, bisa dibilang periferal hardware merupakan perangkat tambahan. Tanpa pareferal hardware, pekerjaan anda dapat berjalan lancar, namun apabila harus mengerjakan sebuah project bersama-sama maka anda akan butuh periferal hardware.

Misal ketika anda diharuskan untuk sharing google spradesheet, maka mau tak mau setiap komputer harus saling berhubungan. Oleh karena itu dibutuhkan perangkat penghubung, seperti modem atau mode lainnya yang mempunyai fungsi sama. Nah itulah yang disebut periferal hardware, salah satu contohnya adalah modem internet.

 

Baca Juga : Pengertian CPU Komputer dan Komponennya

 

Demikian artikel tentang pengertian, fungsi dan contoh hardware, semoga dapat bermanfaat untuk. Dengan mengetahui fungsi-fungsi tentunya akan lebih bagi anda untuk memperlakukannya, perlakuan yang baik dan pas pada hardware akan membuat awet dan bisa digunakan dalam waktu yang panjang.

Leave a Reply