Pengertian HTTP, Fungsi, Cara Kerja, dan Bedanya Dengan HTTPS

Bagi Anda yang sering berselancar di internet mungkin istilah Http sudah tidak asing lagi. Pasalnya, http merupakan bagian penting dari sebuah platform atau website. Namun, tahukah Anda pengertian http itu sendiri?

Akses informasi saat ini memang begitu mudah, apalagi dengan adanya internet dan media sosial. Namun, untuk mendapatkan informasi tersebut Anda membutuhkan protokol untuk melakukan transfer informasi tersebut. protokol ini disebut dengan Http. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan tentang http.

 

Pengertian Http

Http atau hypertext transfer protocol merupakan jaringan aplikasi yang dikembangkan untuk proses transfer informasi dan data antar komputer. Informasi dan data yang bisa ditransfer antara lain berupa dokumen, gambar, file, audio hingga video. Sehingga pengguna lain  dapat mengakses informasi tersebut.

http juga merupakan dasar dari komunikasi data www (world wide web). http berfungsi sebagai jalan atau protocol untuk masuk ke dalam sebuah halaman website. Selain itu, http juga dikenal sebagai dasar dari komunikasi data dalam sebuah website. http hingga saat ini masih digunakan dan dikembangkan untuk meningkatkan fitur-fiturnya.

 

Perbedaan Http dan Https

Membahas pengertian http, tentu tidak lengkap tapa mengulas tentang https. Sekilas http dan https tidak ada perbedaannya, mengingat fungsi keduanya juga sama-sama menjadi protokol untuk mengakses website melalui internet. Namun, meski terlihat sama, keduanya memiliki hal-hal mendasar yang berbeda. seperti port yang digunakan, SSL hingga sisi keamanan.

Dari segi transmisi data, http dan https dibedakan dari segi keamanan. Transmisi pada https mempertimbangkan kerahasiaan data, autentifikasi server dan integritas data. Sehingga transmisi data antar komputer menjadi lebih aman. sementara itu, dari segi port  yang digunakan, http dan https juga berbeda. secara default, http menggunakan port 80 berbeda dengan https yang menggunakan port 443.

Selain keamanan dan port yang digunakan, SSL pada keduanya juga berbeda. SSL sendiri berguna untuk menjaga kerahasiaan data pengguna.

 

Fungsi dan Cara Kerja HTTP

Http memang sudah akrab dengan para pengguna internet. Saat Anda membuka browser di laptop atau ponsel, Anda harus mengetikan sebuah alamat website. Alamat situs tersebut biasanya ditulis diawali dengan http. Karena http memang menjadi protokol agar komputer terhubung satu sama lain melalui internet.

Mengacu pada pengertian yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu apa saja fungsi dari http itu sendiri? fungsi utama dari http adalah sebagai penghubung satu perangkat dengan perangkat lainnya. jika diibaratkan, http adalah perintah yang dijalankan setiap komputer untuk mendapatkan pesan.

Selain itu, http juga akan menentukan pesan dan data apa yang akan didapat. Informasi atau file yang ditransmisikan dapat diterima dalam bentuk yang lain, sesuai yang diterima oleh browser. http membuat pengiriman data menjadi lebih mudah, karena file, dokumen atau informasi dapat diakses atau ditampilkan secara keseluruhan.

http selalu muncul saat Anda melakukan browsing di internet. Karena agar layanan website berjalan harus menggunakan protokol http. Namun, bagaimana cara kerja http itu sendiri?

secara sederhana, cara kerja protokol http yaitu komputer klien melakukan sambungan pada web server untuk mengirimkan permintaan dokumen. Setelah itu, server akan memproses permintaan tersebut sementara klien menunggu. Kemudian, web server memberikan respon atas permintaan klien dengan kode data. Jika komputer klien menutup sambungan tersebut, maka proses permintaan data akan selesai.

 

Baca Juga : Pengertian Internet, Manfaat Dan Perkembangannya

 

itulah pengertian http dan cara kerja yang cukup sederhana. Anda juga mungkin sering melakukannya saat komputer Anda melakukan koneksi pada alamat website tertentu melalui internet.

Leave a Reply