Pengertian Internet, Manfaat Dan Perkembangannya

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin meningkat. Internet seperti kebutuhan pokok yang harus ada. Dimana-mana marak sekali penggunaan internet sebagai alat komunikasi melalui berbagai fitur dan perangkat yang tersedia. Namun, nyatanya banyak juga yang ternyata kurang memahami tengang pengertian internet itu sendiri.

Selain pengertian tentu saja penting untuk mengetahui apa saja manfaat internet dan bagaimana perkembangannya dalam kehidupan. Nah, jika Anda penasaran dengan pembahasan tersebut, mari simak ulasan di bawah ini.

 

Pengertian Internet

Internet bisa dipahami sebagai jaringan nirkabel yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya yang bersumber pada satu sistem. Ada juga yang mengatakan bahwa internet merupakan sistem komunikasi dunia yang terhubung pada satu sistem yang tidak menggunakan kabel

Terhubungnya jaringan dalam sistem internet ini menggunakan IP Address komputer sebagai media pendukungnya. Internet bisa dikatakan juga sebagai kumpulan jaringan yang terhubung pada satu sistem secara global. Sedangkan pengaksesannya, bisa dilakukan menggunakan berbagai perangkat yang sudah didukung layanan ini.

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif Internet Yang Wajib Anda Tahu

 

Manfaat Internet

Dewasa ini internet menjadi kebutuhan primer setiap orang. Dan setelah mengenal pengertian internet, tentu penting juga untuk mengetahuu manfaatnya. Manfaat Internet banyak sekali dimana hampir semua lini kehidupan menggunakan internet sebagai media komunikasinya. Terutama bagi mereka yang senang berinteraksi di media sosial.

Internet bermanfaat sebagai perantara alat komunikasi, terhubung dengan telepon yang memungkinkan dapat digunakan untuk berinteraksi. Dewasa ini banyak perkembangan teknologi meningkat dengan pesat. Sejak adanya internet mulai muncul media sosial seperti Facebook, instagram, twitter, YouTube.

Internet juga bermanfaat untuk kemudahan layanan telekomunikasi, kemudahan untuk berbelanja, kemudahan layanan perbankan  serta kemudahan mendapatkan informasi.

Internet pun faktanya bermanfaat sebagai sarana telekomunikasi meliputi adanya fitur video call, dimana komunikasi dapat dilakukan secara face to face walaupun Melalui telepon dengan jarak jauh. Adanya jejaring sosial yang memungkinkan untuk saling berinteraksi sehingga dapat terhubung dengan kawan lama atau mencari kawan baru, yang sedang marak pada saat ini.

Saat ini transaksi banyak yang dilakukan secara online, dengan adanya internet memberikan kemudahan transaksi jual beli yang dilakukan secara Online. Terutama di bidang perbankan yang terasa sekali manfaatnya. Salah satunya dengan adanya internet Banking yang memungkinkan nasabahnya mendapatkan kemudahan akses.

Kemudahan akses dalam dunia perbankan meliputi Cek saldo, transfer, pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik, Pembukaan rekening baru maupun fasilitas lainnya. Dalam kegiatan transaksi, internet juga sangat membantu. Pasalnya, kini marak transaksi bisa dilakukan secara online hanya dengan satu kali klik saja.

 

Perkembangan Internet Dalam Kehidupan

Dengan adanya internet berkembang pula berbagai aspek penting yang masuk sistem jaringan tersebut. Bahkan, istilah-istilah baru pun hadir. Katakanlah seperti istilah digital marketing dalam bisnis yang berfungsi untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan secara online.

Istilah ‘Online’  itu sendiri berarti terhubung dengan Internet saat menggunakan media sosial. Baik terhubung dengan akun pribadi maupun berselancar di mesin pencarian. Sejak adanya media sosial dan pengguna internet yang meningkat.

Perkembangan Internet sendiri meliputi semua lini terutama dalam dunia bisnis dan perbankan. Bisnis online semakin marak dilakukan saat ini. Tentu hingga kini bisnis online semakin melebarkan sayapnya dan membuktikan eksistensinya.

Baca Juga : Apa Perbedaan Internet Dan Intranet? Simak Pembahasan Berikut

 

Cukup asing bukan dengan pengertian internet di atas bagi yang tidak menggeluti bidang tersebut? Kini Anda sudah mengetahui sebenarnya internet itu apa dan beberapa manfaatnya secara umum. Karena kini semuanya serba online, maka sudah jelas bahwa internet memang tidak bisa dipisahkan dari berbagai aspek kehidupa.

Leave a Reply