Pengertian Intranet, Sejarah, Kelebihan, dan Manfaatnya

Pernahkah Anda mendengar istilah intranet? Apakah internet dan intranet itu sama? Pada dasarnya, internet dan intranet adalah dua istilah yang terdengar mirip namun memiliki makna berbeda. Pengertian intranet adalah sebuah jaringan pribadi yang memiliki skala terbatas dan terhubung dengan menggunakan protocol-protokol internet seperti TCP atau IP. .

Suatu komunitas dapat menggunakan intranet apabila memiliki beberapa elemen protocol baik dalam bentuk hardware maupun software. Elemen-elemen yang dimaksud disini antara lain server, hub, modem, komputer client dan protocol internet yang terdiri dari HTTP, FTP, POP3, SMTP dan masih banyak lagi.

 

Sejarah Intranet

Tidak lengkap rasanya jika hanya mengetahui pengertian intranet tanpa mempelajari bagaimana sejarahnya. Intranet pertama kali digunakan setelah Tim Berners Lee dan kawan-kawannya menemukan protocol World Wide Web atau WWW pada tahun 1989. Pada masa itu, internet dan jaringan pribadi sangat viral dan fenomenal.

Hingga akhirnya pada tahun 1995, intranet mulai diperkenalkan secara resmi oleh beberapa perusahaan produk jaringan dengan bentuk sesuai kebutuhan informasi yang disajikan dalam bentuk web sebuah perusahaan. Melalui intranet, organisasi-organisasi dapat mengirimkan banyak informasi mulai dari yang bersifat umum hingga rahasia.

Digunakannya intranet tidak pernah luput dari perkembangan teman sebayanya yakni internet. Kedua teknologi canggih ini membantu menyelesaikan berbagai permasalahan. Penggunaan intranet pada sebuah perusahaan sangatlah penting seperti membangun hubungan dengan para pelanggan, membangun kerjasama proyek dengan klien dan masih banyak lagi pekerjaan yang mampu dikerjakan oleh intranet.

 

Fungsi dan Manfaat Intranet

Berdasarkan informasi diatas, fungsi utama dari intranet adalah menjembatani suatu komputer dengan komputer lain atau perangkat jaringan dengan skala terbatas dan bersifat rahasia. Ada beberapa manfaat penggunaan intranet, antara lain

1. Kemudahan Komunikasi

Salah satu manfaat intranet adalah dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain asalkan berada dalam satu organisasi meski berbeda divisi.

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Dengan menggunakan intranet, para pengguna yang tergabung dalam sebuah organisasi dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut guna meningkatkan produktifitas kerja.

3. Menghemat Waktu dan Biaya

Dengan meningkatnya produktifitas kerja, tentu waktu dan biaya yang digunakan akan berkurang dan menjadi lebih hemat.

4. Operasi dan Manajemen

Intranet dapat membantu segala proses operasional dan mempermudah pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi baik dalam lingkup internal maupun eksternal.

5. Rangka Perubahan Budaya Kerja

Dengan menggunakan intranet, para pengguna dalam organisasi dapat tetap terhubung dan bekerjasama secara online. Kegiatan ini mampu memunculkan berbagai ide kreatif guna memajukan perusahaan atau organisasi.

 

Kelebihan dan Kekurangan Intranet

Setiap teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali dengan intranet. Berikut kelebihan dan kekurang dari intranet.

1. Kelebihan

Beberapa kelebihan dari intranet antara lain dapat membantu sebuah organisasi menghemat waktu dan biaya, menjadi suatu alat bantu guna meningkatkan perkembangan organisasi, mempermudah proses komunikasi dan kerjasama antar peserta dalam organisasi, informasi yang diterima oleh semua pengguna dalam organisasi sama rata, intranet membantu meningkatkan kualitas dalam organisasi.

2. Kekurangan

Memiliki banyak kelebihan tidak menutup kemungkinan intranet juga memiliki kekurangan. Kekurangan intranet antara lain butuh biaya tambahan untuk menyewa seorang ahli agar bisa membangun dan mengakses intranet di sebuah organisasi. Penggunaan intranet berbeda dengan internet yang pada akhirnya mengharuskan organisasi atau perusahaan tersebut untuk memberikan training kepada para karyawan agar bisa menggunakan intranet.

 

Baca Juga : Pengertian Internet, Manfaat Dan Perkembangannya

 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pengertian intranet. Bagaimana? Tertarik mencoba teknologi yang satu ini? Pertimbangkan saja dari beberapa informasi yang sudah dibahas di atas.

Leave a Reply