Pengertian IP Address, Fungsi, Sejarah, dan Perkembangannya

Istilah yang sering muncul terkait perangkat untuk mengakses internet adalah IP Address. Bagi Anda yang mengerti masalah teknis di bidang teknologi informasi pasti telah mengetahui pengertian IP Address. Namun apabila Anda bukan dari latar belakang dunia teknologi kemungkinan akan sangat kebingungan istilah teknis tersebut.

Namun sebagai pengguna perangkat yang terhubung dengan internet, tidak ada salahnya Anda mengetahui apa itu IP Address, kegunaan dan peranannya dalam pengaksesan internet. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian IP Address

Pengertian IP Address pertama-tama bisa dilihat dari kepanjangannya yakni Internet Protocol Address. Secara istilah maksudnya adalah sebuah rangkaian angka yang menunjukkan identitas unik dari setiap perangkat yang terhubung dengan internet. Biasanya terdiri dari 4 blok rangkaian angka yang dipisahkan dengan tanda titik (.). Misalnya 103.253.212.142 Setiap blok angkanya maksimalnya sampai 255.

Setiap perangkat yang terhubung dengan internet pasti memiliki nomor ini baik itu perangkat personal seperti komputer personal (PC), laptop, smartphone, tablet. Termasuk perangkat perantara seperti router wifi. Juga server dari host sebuah website. Selama perangkat itu tersambung di internet pasti memiliki IP Address ini.

 

Fungsi IP Address

IP Address mempunyai peranan vital dalam menghubungkan sebuah perangkat ke internet. Tanpa adanya IP Address ini perangkat Anda tidak mungkin bisa terhubung dengan internet. Sebab pada dasarnya pengaksesan internet adalah sebuah lalu lintas kirim mengirim data dari suatu perangkat ke perangkat lain. Seperti pengiriman paket pos, proses tersebut memerlukan alamat yang jelas.

Semisal Anda adalah sebuah Handphone maka IP Address adalah nomor teleponnya. Nomor itu bersifat unik dan tidak ada yang menyamai. Sehingga apabila ada yang menghubungi nomor tersebut pasti akan terhubung dengan Anda. Berdasarkan kegunaan itu maka pengertian IP address juga bisa dipahami sebagai sistem pengalamatan dalam jaringan komunikasi yang menggunakan internet.

 

Sejarah Lahirnya IP Address

Sebelum internet muncul, tahun 1969, DARPA (Defense Advanced Research Project Agency), mengembangkan penelitian sebuah jaringan komunikasi data antar perangkat komputer. Penelitian itu melahirkan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pada demonstrasinya tahun 1982 ARPANET menghubungkan 40 node perangkat komputer saja.

Penggunaan jaringan komunikasi antar perangkat komputer juga berkembang di kalangan non-militer. Pada 1979 muncul USENET yang awalnya merupakan jaringan antar komputer di Universitas Duke dan UNC. Namun karena jumlahnya sedikit tentu sistem pengalamatannya tidak begitu rumit.

Berkembangnya waktu penggunaan jaringan ARPANET semakin meluas. Sistem pengalamatan yang bernama NCP (Network Communication Protocol), lama kelamaan tidak sanggup lagi menampung node komputer yang semakin banyak. Maka DARPA mengembangkan suatu sistem pengalamatan yang lebih umum lagi yang dikenal dengan TCP/IP seperti IP Address yang sekarang.

Perkembangannya perusahaan Bolt Beranek Newman (BBN) membuat protocol TCP/IP berfungsi di komputer dengan OS bernama UNIX. Bersamaan dengan itu perkembangan jaringan-jaringan antar komputer semakin lama semakin berkembang meluas-meluas. Pada 1987 jumlah host internet mencapai 10.000 buah.

Pada 1991, dibentuk Wide Area Information Servers (wais), sampai-sampai pada World Wide Web (www). Dalam WAIS dan WWW tersebut sistem pengalamatan penggunaan IP Address tetap dipergunakan sampai saat ini.

 

Perkembangan IP Address Saat Ini

Saat ini yang banyak digunakan adalah IP Address versi 4, yang memiliki penomoran angka 32 bit. Angka disusun dalam 4 kumpulan angka yang dipisahkan oleh titik seperti contoh di atas. IPv4 ini menyediakan sekitar 4,3 miliar alamat IP.

Perkembangan ke depan oleh karena semakin berkembangnya penggunaan perangkat yang terhubung dengan internet, telah dikembangkan alamat IP versi 6. Versi ini penomorannya 128-Bit. Alamat IP tersusun dari 8 kumpulan angka. Setiap kumpulan terpisah dengan tanda titik dua (:).

 

Baca Juga : Pengertian Database, Fungsi dan Manfaatnya

 

Penjelasan mengenai pengertian IP Address menunjukan bahwa IP Address menjadi sangat vital perannya dalam mengkoneksikan perangkat Anda pada jaringan internet. Dengan penjelasan diatas Anda dapat memahami fungsi dan kegunaan IP Address.

Leave a Reply