Pengertian Keyboard, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Dalam kehidupan sehari – hari tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan Keyboard, baik sebagai perangkat di komputer maupun handphone. Pengertian Keyboard merupakan perangkat keras yang bertugas untuk mengoperasikan sistem pada gadget, dalam artikel ini akan dibahas mengenai perangkat bagian pada komputer.

Keberadaan keyboard merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan perangkat lainnya. Betapa pentingnya perangkat ini, dalam mengoperasikan komputer. Seberapa Pentingnya? Yuk, kita kenal lebih dekat dengan perangkat hardware yang satu ini.

 

Pengertian Keyboard

Keyboard bisa dipahami sebagai apan tombol yang memungkinkan untuk menghubungkan sistem yang akan kita operasikan berupa angka, huruf, yang digunakan untuk menginput data, menghapus data, dan mengoperasikan sistem navigasi.

Terutama untuk perangkat komputer, selain untuk menginput data, keyboard juga merupakan sistem kombinasi tombol untuk mengoperasikan data yang digunakan sebagai pengganti mouse.

Kita tidak bisa mengoperasikan komputer tanpa adanya Keyboard. Peran keyboard dapat diambil alih oleh mouse, namun mouse hanya sebagai operasi mengaktifkan fitur saja, tidak untuk menginput data dan angka.

 

Jenis Keyboard pada komputer

Keyboard yang kita kenal dalam kehidupan sehari – hari terutama pada komputer terdapat 4 jenis, berikut daftarnya.

1. Keyboard Qwerty

Keyboard  ini adalah yang paling sering dijumpai baik di mesin tik, handphone,  maupun komputer. Selanjutnya Keyboard ini menjadi standarisasi untuk pembuatan Keyboard yang ada di dunia. Keyboard berjenis Qwerty dinamakan berdasarkan susunan huruf yang terdapat pada benda tersebut.

2. Keyboard Alphabetic

Kita telah mengenal teknik mengetik yang cepat menggunakan Keyboard Qwerty , tentunya akan sangat kaku bila menggunakan Keyboard Alphabetic. Hal ini mengingat susunan huruf pada Keyboard ini menggunakan susunan abjad pada umumnya.

Keberadaan keyboard jenis ini sudah sangat jarang dijumpai, bahkan hampir tidak pernah. Alasannya karena saat ini rata – rata menggunakan keyboard standarisasi internasional yang memudahkan dalam proses penginputan data maupun pengetikannya.

3. Keyboard Numerik

Keyboard ini merupakan bagian dari Keyboard yang hanya terdiri dari susunan angka – angka, yang digunakan untuk memproses data berupa angka. Baik sebagai mesin penghitung, maupun sebagai data lainnya

4. Keyboard touchscreen

Keyboard jenis ini merupakan keyboard seperti Qwerty hanya berbentuk touchscreen dari layar yang ditampilkan. Keyboard tersebut mudah digunakan karena hanya menekan keyboard yang ditampilkan di layar saja saat akan mengoperasikan.

 

Fungsi Keyboard Pada Komputer

Setelah mengetahui Pengertian keyboard dan jenis-jenisnya, maka penting juga mengetahui fungsi dari benda tersebut, yaitu :

1. Sebagai perangkat keras pada komputer untuk mengoperasikan komputer

Keyboard berfungsi untuk memerintah dan mengeksekusi software, pada saat mengoperasikan komputer.  Terdapat berbagai jenis tombol dengan fungsi yang berbeda sesuai penggunaannya.

2. Sebagai papan ketik

Pada Keyboard terdapat berbagai jenis huruf Alphabet beserta angkanya yang berfungsi untuk mengetik kalimat yang akan dituliskan.

3. Sebagai alat navigasi dalam mengoperasikan komputer

Keyboard juga memiliki tombol navigasi untuk up, down, left, right yang berfungsi untuk memudahkan ketika akan mengoperasikan komputer.

4. Jika menekan kombinasi tombol,  maka berfungsi sebagai mouse

Dalam menyelesaikan pekerjaan  di komputer, tentunya tidak lepas dari mouse dan keyboard. Jika mouse rusak?  Apa solusinya?  Keberadaan keyboard dapat menggantikan mouse, dengan menekan kombinasi tombol, maka komputer akan menjalankan perintah sesuai dengan yang dioperasikan.

Menekan kombinasi tombol dapat mengoperasikan komputer sama dengan perintah pada mouse, yang memudahkan penggunanya. Pekerjaan akan terasa lebih mudah dan ringan.  Yang terpenting saat akan mengganti fungsi mouse, mengetahui tombol kombinasinya

 

Baca Juga : Pengertian Printer, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

 

Keberadaan keyboard sangat penting fungsinya, terutama untuk mengoperasikan sistem pada komputer, serta gadget pada umumnya. Mengigat pentingnya fungsi keyboard ini, maka tidak heran jika pengertian keyboard dan beberapa informasi seputarnya menarik untuk diketahui.

Leave a Reply