Pengertian Komputer, Fungsi Dan Jenis Komponennya

Pengertian komputer – Di era globalisasi ini, komputer sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang dari berbagai profesi. Karena dengan menggunakan komputer, orang-orang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan ringkas. Selain itu, komputer juga dapat menghubungkan orang-orang dengan internet, di mana segala informasi bisa didapatkan hanya dengan ujung jari.

 

Pengertian Komputer

Hampir semua orang pasti sudah paham apa itu komputer. Namun sebagian lagi masih ada yang belum memahami pengertian komputer yang sebenarnya. Secara umum komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data. Komputer berisi rangkaian komponen yang bertugas untuk menjalankan perintah suatu pekerjaan.

 

Fungsi Komputer

Komputer memiliki banyak fungsi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Namun secara luas komputer memiliki fungsi sebagai penginput data, memproses data, penyimpanan data, dan perpindahan data.

Pertama, komputer sebagai penginput data. Anda bisa memasukkan data ke dalam komputer. Melalui keyboard dan mouse, Anda bisa mengetik data berupa dokumen kata maupun angka. Anda tidak perlu lagi menyimpan banyak kertas untuk dokumen pekerjaan Anda. Dengan komputer, semua data bisa tersimpan dengan aman dan ringkas.

Kedua, untuk memproses data. Setelah menginput data, Anda bisa memprosesnya menjadi output yang baru. Data yang diproses bisa berupa teks, angka, grafik, foto maupun video. Misalnya Anda seorang vidiografer, maka Anda bisa memproses rekaman vidio mentah menjadi sebuah teaser atau film pendek dengan tujuan komersial.

Ketiga, sebagai media penyimpanan data. Komputer memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Anda bisa menyimpan ratusan dokumen teks, angka, foto bahkan vidio. Jika kapasitas internal sudah penuh, Anda masih bisa menambahkan memori eksternal. Data yang telah disimpan tetap bisa ditampilakan melalui monitor secara utuh, meski dalam waktu yang lama.

Perpindahan data adalah fungsi yang terakhir. Anda bisa memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Perangkat pendukung yang bisa digunakan diantaranya adalah flashdisk, kabel USB, maupun kaset CD. Alat pendukung tersebut berukuran kecil, sehingga Anda tidak perlu membawa perangkat komputer saat akan memindahkan data dengan jarak yang jauh.

 

Jenis Komponen

Selain pengertian komputer dan fungsinya. Jenis komponen yang terdapat dalam komputer juga perlu Anda ketahui. Komputer memiliki rangkaian komponen elektronik yang detail. Dengan mengetahui komponen komputer, Anda dapat menggunakan komputer secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

Komponen pertama yakni berkaitan dengan data input. Komponen ini berbentuk hardware, diantaranya seperti keyboard sebagai alat ketik, mouse sebagai penghubung brainware dan monitor. Selain itu ada juga scanner sebagai alat pemindai data dan mikrofon sebagai alat input data audio.

Komponen kedua untuk proses pengolahan data. Komponen ini terdiri dari processor sebagai komponen utama pengolahan data dan motherboard sebagai penghubung antar komponen. Komponen pelengkap lainnya adalah harddisk sebagai penyimpan sistem operasi, dan RAM sebagai memori penyimpanan sementara aktifitas komputer yang sedang berjalan.

Komponen terakhir adalah output. Komponen output yang paling utama adalah layar monitor yang bertugas menampilkan proses yang sedang berjalan. Selain monitor, output data lainnya bisa dikeluarkan melalui printer yaitu sebuah alat untuk mencetak dokumen pada kertas atau sejenisnya. Komponen terakhir yakni speaker, berfungsi untuk menghasilkan output dalam bentuk audio.

 

Baca Juga : Macam-Macam Hardware dan Fungsinya

 

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian komputer, fungsi serta jenis-jenis komponennya. Seluruh elemen pada komputer telah terhubung dan terikat satu sama lain. Sehingga Anda perlu merawat komponen-komponen tersebut agar sebuah komputer dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Leave a Reply