Pengertian Komputerisasi Dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

Tahukah kalian bahwa istilah komputer dan komputerisasai memiliki makna yang berbeda? Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang bisa membantu mengelola pekerjaan manusia. Sedangkan pengertian komputerisasi adalah sebuah sistem pengelolaan tugas atau pekerjaan menjadi lebih mudah dengan menggunakan mesin elektronik komputer.

Sebelum mengenal sistem komputerisasi, manusia mengelola pekerjaannya dengan mencatat pada buku maupun kertas-kertas menjadi sebuah dokumen. Lambat laun dokumen-dokumen tersebut menumpuk dalam jumlah yang banyak, sehingga sulit untuk dipetakan. Belum lagi risiko hilang, rusak, atau musnah terkena bencana.

 

Pengertian Sistem Komputerisasi

Komputerisasi berasal dari kata “komputer” dengan tambahan akhiran “-isasi”. Akhiran tersebut memberikan fungsi sebagai pembentuk kata benda di depannya, dan memberikan makna yang mengarah pada suatu proses. Bisa juga dihubungkan dengan peralihan dari satu era ke era berikutnya yang lebih baik.

Secara rinci, pengertian komputerisasi dapat dilihat berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Komputerisasi atau kom-pu-te-ri-sa-si adalah sebuah kegiatan menggunakan komputer dalam mengolah data dan menghitung atau yang lainnya secara besar-besaran. Artinya, peralihan menuju era komputerisasi ini telah dilakukan oleh banyak manusia sebagai penggunanya.

Ditambah dengan adanya era globalisasi, membuat hampir semua bidang pekerjaan telah menggunakan sistem komputerisasi. Peralihan ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan, dan sebagai upaya penyesuaian diri terhadap kecanggihan teknologi yang semakin maju.

 

Manfaat Komputerisasi

Secara umum manfaat komputerisasi dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Bila sebelumnya manusia melakukan pekrjaannya secara manual dan konvensional, maka dengan sistem komputerisasi semua dilakukan dengan modern, mudah, dan otomatis.

Sebuah contoh manfaat sistem komputerisasi yang paling krusial adalah sebagai pengelola keuangan. Khususnya dalam sebuah perusahaan baik mikro maupuan makro, pengelolaan keuangan harus dilakukan secara cermat dan penuh kehati-hatian. Semua itu bisa dengan mudah dilakukan dengan sistem komputerisasi.

Dengan data-data keuangan yang sangat detail dan terperinci, komputerisasi sangat memudahkan penggunanya secara efektif dan efisien. Selain itu, output yang dihasilkan akan lebih akurat karena telah diproses secara otomatis, misalnya dalam menghitung data numerik dengan jumlah yang banyak.

Tidak hanya untuk masalah keuangan, komputerisasi juga memiliki manfaat kompleks lainnya untuk kehidupan manusia modern saat ini. Di mana semua pekerjaan menjadi mudah, efektif, efisien, akurat, dan dapat menghasilkan keuntungan bagi penggunanya baik secara personal maupun industri komersial.

 

Bidang Komputerisasi

Beberapa bidang yang telah menggunakan sistem komputerisasi secara penuh diantaranya adalah Perhotelan, Pemerintahan, Perbankan, Telekomunikasi, Pendidikan, Penggajian, Pemasaran, dan Inventaris.

Semua pekerjaan yang mencakup bidang-bidang tersebut saat ini telah mengalami kemajuan pesat dengan adanya komputerisasi. Tidak hanya prosesnya saja, tetapi juga output yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Dengan meringkas waktu menjadi efektif dan efisien, bidang-bidang tersebut telah melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat. Sedangkan untuk bidang lain, penggunakan sistem komputerisasi juga sudah dilakukan meski masih dibarengi dengan sistem manual.

Misalnya dalam bidang peternakan dan pertanian, beberapa pelaku usahanya masih belum sepenuhnya menggunakan sistem komputerisasi. Biasanya pelaku usaha dalam bidang ini masih belum bisa menyesuaikan diri dengan kecanggihan teknologi, sehingga mereka memilih menggunakan metode manual dan konvensional.

 

Baca Juga : Pengertian Komputer, Fungsi Dan Jenis Komponennya

 

Itulah penjelasan mengenai pengertian komputerisasi serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semakin canggih sebuah teknologi, maka Sumber Daya Manusianya juga harus semakin terbuka. Artinya, usaha untuk belajar hal baru harus lebih ditingkatkan agar tidak tertinggal oleh zaman yang semakin maju dan modern.

Leave a Reply