Pengertian Komunikasi, Fungsi Beserta Jenis – Jenisnya

Komunikasi adalah hal yang selalu terjadi dalam hidup setiap orang. Namun demikian, tentu saja Pengertian Komunikasi pada dasarnya sejauh ini belum banyak diketahui secara umum. Padahal bahkan komunikasi memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Bahkan ada jenis-jenis komunikasi yang penting untuk dipahami.

Nah, jika Anda salah satu yang belum memahaminya dengan baik, jangan khawatir karena ulasan di bawah ini bisa jadi rujukan terbaik.

 

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Berdasarkan definisinya, arti komunikasi yaitu sebagai pemberi dan penerima informasi agar dapat dimengerti satu sama lain. Artinya penerima informasi memahami maksud dari pemberi informasi. Komunikasi berasal dari bahasa latin yang berarti communis yang berarti sama. Secara umum komunikasi berarti adanya kesamaan antara penerima dan pemberi informasi.

Komunikasi bisa dilakukan secara verbal atau bahasa, selama bahasa tersebut dapat dimengerti. Komunikasi dapat terjadi dengan baik bila menggunakan bahasa yang dimengerti oleh kedua belah pihak.

Komunikasi juga dapat dilakukan secara non verbal yaitu melalui gerakan, senyuman, mata, ekspresi wajah maupun simbol dan sandi seperti yang dilakukan oleh pramuka. Pada dasarnya komunikasi dilakukan oleh dua pihak baik perorangan maupun kelompok sebagai alat untuk saling memahami satu sama lain. Sebagai alat pemersatu kedua belah pihak.

Dalam hal ini pengertian komunikasi lainnya berarti juga kesamaan bahasa antara dua pihak agar sama-sama dipahami. Sehingga dapat meminimalisir perbedaan pendapat yang terjadi antara kedua belah pihak.

 

Baca Juga : Dampak Positif Smartphone Yang Wajib Anda Ketahui

 

Fungsi Komunikasi

Sesuai dengan definisi diatas bahQwa komunikasi merupakan hubungan dua arah antara kelompok orang atau perorangan. Sehingga komunikasi berfungsi untuk memberikan informasi yang baik dan dapat diterima.

Komunikasi juga berfungsi untuk meminimalisir perselisihan antara perorangan atau kelompok orang yang berbeda pendapat atau berselisih faham. Tidak sedikit, banyak konflik yang timbul karena perbedaan komunikasi. Hal tersebut dikarenakan perbedaan komunikasi serta perbedaan pendapat.

Oleh karenanya komunikasi berfungsi untuk menyamakan pendapat dan pandangan agar dapat meredakan konflik yang terjadi. Pemilihan tata bahasa juga merupakan komunikasi yang baik.  Komunikasi berfungsi sebagai perantara mengungkapkan perasaan dan mengungkapkan pendapat saat berbicara dengan lawan bicara.

Komunikasi juga berfungsi untuk meredam perbedaan pendapat antara dua pihak atau kelompok sehingga tidak terjadi perselisihan antara dua pihak atau kelompok tersebut. Fungsi dari komunikasi itu sendiri sangat bermanfaat agar lawan bicara mengerti apa yang dimaksudkan sehingga tidak menimbulkan perselisihan antara satu dan yang lain.

 

Jenis –  Jenis Komunikasi

Perlu diketahui bahwa jenis komunikasi ini didasarkan pada berbagai aspek. Di antaranya adalah berdasrkan cara penyampaian, jenis pesan,dan sebagainya. Berikut penjelasan beberapa di antara jenis komunikasi tersebut.

 

1. Jenis komunikasi berdasarkan cara penyampaian

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, jenis komunikasi berdasarkan cara menyampaikan ini ada yang verbal dan non verbal. Penjelasan terkait kedua jenis ini sudah dibahas sebelumnya

 

2. Jenis komunikasi berdasarkan perilaknya

Berdasarkan perilaku yang berkomunikasi, ada 3 jenis komunikasi, yakni formal, informal dan non formal. Komunikasi formal berarti bentuknya sesuai hirarki kekuasaan dalam organisasi atau tataran tertentu.

Sedangkan untuk komunikasi informal adalah komunikasi tanpa struktur tertentu yang tidak memberi pengaruh pada organisasi. Untuk komunikasi non formal berada di antara kedua komunikasi di atas. Biasanya sebagaimana dalam komunikasi ketika menjalankan tugas organisasi.

 

3. Jenis komunikasi berdasarkan pesan yang disampaikan

Ada dua jenis komunikasi yang bisa didapati dalam poin ini, yakni komunikasi lisan dan tertulis. Pengertian komunikasi lisan adalah komunikasi dilakukan secara langsung dengan pengucapan kata tertentu. Sedangkan komunikasi tertulisa dilakukan dengan media tulisan baik dalam bentuk naskah, melalui email, maupun media komunikasi lain.

Leave a Reply