√ Pengertian Modem adalah? Berikut Pembahasan, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Modem dan fungsinya – Komputer memiliki banyak komponen-komponen pembantu untuk menunjang penggunaan komputer tersebut. Beberapa komponen seperti perangkat keras (hardware) dan Perangkat lunak (software), memiliki peran penting terhadap jalannya sebuah komputer.

Perangkat-perangkat pembantu tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Misalnya perangkat penyimpanan hardisk yang memiliki fungsi untuk menyimpan data, Sistem operasi yang memiliki fungsi untuk jalannya sebuah komputer, dan masih banyak lagi.

Untuk menghubungkan sebuah komputer dengan internet memerlukan perangkat keras seperti modem atau router. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perangkat keras pada komputer yaitu modem. berikut ini adalah pengertian modem.

 

Pengertian Modem

Pengertian Modem

Secara umum modem adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menghubungkan internet dengan sebuah komputer. Cara kerja modem yaitu sebagai alat komunikasi dua arah yang dapat mengirimkan suatu sinyal seperti internet yang dapat dikirim dan diterima oleh perangkat komputer.

Modem merupakan singkatan dari Modulator Demulator, yang dimana modulator dan demulator memiliki definisinya masing-masing. Modulator adalah bagian yang memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal dan menyiapkan sinyal sebelum dikirimkan. Demulator yaitu sebagai pemilah atau pemisah sinyal yang akan dikirim supaya dapat diterima dengan baik.

 

Baca Juga : Cara Membuat HP Menjadi Modem

 

Fungsi Modem

Pengertian Modem

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa modem adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan internet. Selain itu modem juga memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi sebuah sinyal analog ataupun bisa sebaliknya.

Modem juga bisa berguna untuk melakukan proses modulasi dan demodulasi. Biasanya modem juga digunakan untuk melakukan pemeriksaan paket data ataupun pulsa yang terdapat pada sim card anda. Ini juga mempermudah anda untuk mendaftarkan paket data internet yang diinginkan dengan mudah.

 

Jenis-Jenis Modem

Pengertian Modem

Terdapat beberapa jenis dari modem, jenis-jenis tersebut dapat kita bedakan berdasarkan penempatan, kegunaan, kecepatan, dan bentuk fisiknya. berikut ini adalah jenis-jenis dari modem.

 

1. Modem Internal

Merupakan jenis modem yang sudah tertanam pada sebuah komputer atau laptop. Modem internal ini dapat langsung digunakan pada komputer dengan bantuan sebuah driver. Dengan modem internal ini anda tidak perlu repot mencolokan atau menyiapkan adaptor untuk menghubungkannya dengan komputer anda.

Modem internal akan langsung mengirimkan sinyal secara langsung, dan diubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog.

 

2. Modem Eksternal

Modem yang bisa anda gunakan secara portable dan fleksibel untuk menghubungkan jaringan internet dengan komputer anda. Tidak seperti modem internal yang hanya digunakan pada satu komputer, modem eksternal bisa digunakan kebeberapa perangkat komputer karena sifatnya yang fleksibel tersebut.

Untuk penggunaan modem eksternal ini menggunkan sebuah port USB untuk menghubungkan komputer dengan internet. Anda cukup colokan pada port USB lalu langsung bisa digunakan. Modem ini adalah termasuk modem yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer ataupun laptop.

 

3. Modem GSM

Termasuk kedalam jenis modem eksternal yang bisa digunakan dengan cara mencolokan modem kedalam port USB. Supaya dapat bekerja dan menghubungkan komputer dengan internet, memerlukan sebuah sim card atau kartu sim GSM.

Modem yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer. Untuk dapat menggunakan internet anda memerlukan paket internet yang sudah didaftarkan pada kartu sim GSM anda.

 

4. Modem CDMA

Modem ini merupakan jenis modem eksternal. Modem CDMA merupakan modem wireless yang tidak hanya bisa digunakan oleh satu pengguna melainkan bisa banyak pengguna. Berbeda dengan modem GSM, modem CDMA memiliki harga yang cukup mahal. Ini karena untuk fungsi dan kegunaanya lebih unggul modem jenis CDMA.

 

5. Modem Kabel

Modem yang digunakan untuk menghubungkan internet pada komputer dan juga TV kabel. Modem ini memiliki kecepatan yang tinggi dibanding jenis modem lainnya. Untuk menikmati modem kabel ini, anda perlu daftar dan berlangganan pada provider atau penyedia internet kabel. Anda harus membayar perbulan untuk dapat menikmati secara terus menerus.

 

6. Modem Dial-Up

Banyak perangkat komputer atau laptop yang sudah dipasang modem jenis dial-up ini. Memiliki fungsi yaitu untuk menghubungkan internet dengan komputer melalui kabel telepon. Termasuk kedalam modem internal, karena dipasang langsung kedalam komponen CPU atau motherboard. Memiliki kecepatan yang relatif lambat dibanding dengan jenis modem lainnya.

 

Baca juga : Pengertian Flashdisk, Fungsi, Sejarah, dan kelebihannya

 

itulah pembahasan tentang pengertian modem, Fungsi modem, dan Jenis-jenis modem. Saat ini modem seperti modem GSM sudah jarang digunakan. Hadirnya smartphone yang bisa langsung menghubungkan internet dengan komputer secara praktis, membuat modem jenis GSM sudah mulai ditinggalkan. Tetapi tentunya untuk modem sendiri memiliki fungsi dan fitur yang tidak ada pada smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat!

One Response

  1. Diklinko 30 November 2019

Leave a Reply