Pengertian Mouse, Manfaat dan Jenisnya

Tahukah Anda apa pengertian mouse? Mouse merupakan benda yang selalu digunakan dalam mengoperasikan komputer. Dahulu mouse ini sangatlah penting untuk komputer. Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, mouse jarang digunakan pada laptop dikarenakan adanya finger print yang telah tersedia. Akan tetapi keberadaannya juga tetap banyak digunakan oleh banyak orang.

Jika Anda masih menggunakan komputer, maka mouse sangat diperlukan dalam mengoperasikan komputer. Karena setiap perintah yang akan dilakukan perlu adanya mouse. Jika tidak ada benda ini mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya. Hanya dengan mencolokkannya ke bagian dari USB yang telah tersedia, mouse telah dapat digunakan untuk menjalankan perintah.

 

Pengertian dan Manfaat dari Mouse

Mouse ini telah banyak dikenal oleh banyak orang yang menggunakan teknologi seperti komputer. Dengan adanya mouse ini berbagai perintah di komputer bisa dijalankan dengan baik. Banyak hal bisa dilakukan dengan menggunakan mouse. Untuk mengetahui lebih jelas manfaat dan fungsi dari mouse Anda bisa membaca ulasan berikut.

 

1. Untuk menunjukkan letak daripada kursor yang ada di layar komputer

Untuk menjalankan sebuah perintah pada komputer, tentu Anda perlu mengetahui letak dari kursor yang ada di layar monitor. Sehingga ketika hendak mengklik sebuah perintah bisa berfungsi sebagaimana semestinya dan menghindari salah memasukkan perintah. Maka dari itu, perhatikan dengan baik letak kursor sebelum mengklik mouse Anda.

2. Mempermudah kinerja seorang desainer grafis maupun gamers

Pengertian mouse merupakan benda yang digunakan banyak hal untuk mengoperasikan komputer. Benda ini juga memudahkan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk seorang desainer grafis tentu akan merasa kesulitan menggunakan finger print dalam membuat karya. Dengan menggunakan mouse maka keluwesan akan diperoleh, begitu pula dengan gamers.

3. Menscrolling layar baik ke atas maupun ke bawah

Ketika menggunakan komputer, tentu Anda pernah melakukan hal scrolling baik ke atas maupun ke bawah. Biasanya hal ini digunakan ketika sedang mencari dokumen penting yang mendesak. Selain itu, scrolling juga digunakan untuk melihat berbagai fitur yang ada di komputer. Kemudian, Anda juga dapat menggunakannya untuk menjalankan program yang seda dibuka.

 

Jenis Mouse

Mouse ini ternyata terdiri dari beberapa macam. Jika ditinjau dari koneksinya ke komputer atau laptop dibedakan atas bus mouse, PS/2 mouse, serial mouse, wireless mouse, dan USB mouse. Pemilihan dari mana yang akan digunakan bergantung dengan kebutuhan dan selera. Karena setiap jenis mouse tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Akan tetapi saat ini untuk mouse yang lebih banyak digunakan yaitu wireless mouse. Mengapa demikian? Karena mouse ini tidak menggunakan kabel sebagai connector ke komputer maupun laptop. Akan tetapi mouse ini dilengkapi dengan receiver device yang ada pada chip. Mouse ini memiliki kelebihan daripada mouse lainnya.

 

Baca Juga : Pengertian Komputer, Fungsi Dan Jenis Komponennya

 

Dengan memakai mouse ini akan memberikan kesan tampilan komputer maupun laptop lebih rapi. Jika Anda suka bepergian dan menggunakan komputer atau laptop, maka mouse ini mungkin bisa digunakan. Karena kabel tidak akan menjuntai dan memberikan kesan ruwet ketika di taruh di dalam tas. Apalagi jika Anda sering lupa merapikan kabel mouse ketika akan dibawa di dalam tas.

Kemudian jika dilihat dari metode pendeteksiannya, mouse terdiri dari optomechanical mouse, optical mouse, dan mechanical mouse. pengertian mouse optical mouse yaitu menggunakan sistem laser dalam melakukan pendeksian pergerakan dari mouse. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan perintah pada komputer. Ini merupakan salah satu kelebihan dari optical mouse.

Leave a Reply