Pengertian Multimedia, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

Multimedia merupakan istilah yang sudah umum digunakan, terutama di bidang informatika. Pengertian multimedia sendiri yakni media atau sarana yang menggunakan komputer sebagai perantara untuk menggabungkan serta menyajikan teks, audio, video hingga animasi dengan tambahan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna bisa berinteraksi dan berkarya.

 

Sejarah Multimedia

Multimedia sering dikaitkan dengan aplikasi yang memiliki fungsi dalam pembuatan website. Sebelum mengenal dunia kinetik dan bau, multimedia awalnya hanya mencangkup gambar diam dan teks, kemudian berkembang lagi menjadi animasi, mp3 hingga mp4. Hingga akhirnya berkembang lagi dengan tambahan unsur kinetik, misalnya pada aplikasi gerakan kursi penonton dalam film 3D.

Multimedia kemudian juga makin canggih dengan masuknya indra penciuman atau bau setelah ditemukan teknologi reproduksi lewat telekomunikasi. Melalui bau, operator bisa mengirimkan sinyal melalui internet, dengan catatan komputer yang digunakan sudah memiliki perangkat output berupa mesin reproduksi bau tersebut.

 

Jenis-jenis Multimedia

Menurut jenisnya, multimedia setidaknya dibagi menjadi 4, diantaranya multimedia interaktif, multimedia linier, multimedia hiperaktif, dan multimedia kits.

  • Multimedia Interaktif

Pengertian multimedia interaktif yaitu multimedia yang menggunakan alat bantu berupa komputer, keyboard, mouse dan beberapa perangkat lain yang tentunya dioperasikan oleh pengguna. Multimedia interaktif ini bisa menggabungkan media lain yang terdiri dari teks, audio, desain grafis dan lainnya. Contohnya yakni virtual reality.

  • Multimedia Linier

Multimedia liner memiliki arti sebuah multimedia yang berjalan tanpa adanya kontrol dari pengguna. Contoh dari multimedia linier yakni TV, musik, dan film.

  • Multimedia Hiperaktif

Multimedia hiperaktf juga biasa disebut dengan istilah Richmedia. Multimedia jenis ini memiliki struktur dengan adanya unsur terkait yang kemudian bisa diarahkan pengguna melalui link dengan unsur multimedia yang sudah ada. Contoh dari multimedia hiperaktif yakni mobile banking, website hingga game online.

  • Multimedia Kits

Multimedia jenis ini lebih digunakan sebagai media pembelajaran yang melibatkan banyak media dan dioganisir oleh topik tunggal. Perangkat yang digunakan biasanya berupa kaset audio, CD-ROM, transparasi overhead, gambar statis dan lainnya.

 

Manfaat Multimedia

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa manfaat multimedia telah merambah ke berbagai bidang. Tentunya ini sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Di antara yang tidak absen tentu saja adalah bisnis dan pendidikan.

  • Bidang Bisnis

Multimedia dalam bidang bisnis sering digunakan sebagai media promosi. Biasa juga digunakan untuk media informasi yang tentu sangat bermanfaat untuk sistem e-learning. Melihat hal tersebut, keberadaan multimedia ini bisa meningkatkan kinera perusahaan.

  • Bidang Pendidikan

Multimedia juga bisa dijadikan media pembelajaran modern. Hal ini sudah dimanfaatkan oleh dunia pendidikan formal maupun informal. Melalui multimedia ini, sistem belajar mengajar bisa dilakukan dengan lebih mudah, bahkan bisa dilakukan secara otodidak. Tentu hal ini makin memperluas wawasan murid maupun pengajar.

 

Kategori Multimedia

Setidaknya ada 2 kategori dalam pembagian multimedia. Masing-masing punya wilayah yang berbeda dengan penjelasan sebagai berikut.

  • Multimedia Content Production

Kategori ini biasanya menghasilkan produk multimedia berupa game, musik, film, entertaient dan lainnya. Untuk bisa menghasilkan produk multimedia yang sudah disebutkan, Multimedia Content Production biasanya menggunakan beberapa media yang berbeda, mulai dari teks, animasi, vieo, audio hingga grafik.

  • Multimedia Communication

Multimedia communication merupakan kategori multimedia biasanya lebih difungsikan untuk mempublikasikan sebuah informasi. Medianya bisa berupa radio, TV, game, film, musik media cetak, internet dan masih ada beberapa lainnya.

 

Baca Juga : Apa Perbedaan Internet Dan Intranet? Simak Pembahasan Berikut

 

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian multimedia, sejarah hingga jenis dan juga kategorinya. Multimedia sendiri memang sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia. Terlebih sejak berkembangnya teknologi dewasa ini. Dengan adanya perangkat buatan ini, manusia bisa saling terkoneksi atau terhubung. Selain itu, manusia juga bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi.

Leave a Reply