Pengertian PHP, Fungsi dan Kelebihannya

Tak bisa dipungkiri  seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, website sangat banyak sekali dibutuhkan. Utamanya  yaitu untuk mendapatkan informasi. Nah, tahukah Anda? Dalam membangun sebuah website tersebut dibutukan bahasa pemograman salah satunya yaitu PHP. Lalu apa Pengertian PHP dan fungsinya? Simak ulasan berikut ya!

 

Mengenal Pengertian PHP

Istilah PHP tentu bukan hal yang asing kan bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia programmer kan? Namun bagi beberapa orang, istilah PHP ini masih begitu awam. Perlu Anda ketahui, PHP ini merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor yang mana merupakan bahasa pemograman server-side untuk pengembangan web.

Jadi, PHP dikatakan server side disebabkan karena  akses pada sebuah progam yang diterima akan dijalankan atau diproses oleh komputer server.  Dalam hal ini, maka komputer bertindak sebagai server ya. Sebagai contoh yaitu apabila Anda membuka situs twitter.com, maka web browser yang Anda akses tersebut akan memberikan request ke server.

Oleh sebab PHP merupakan pemograman servis side, tentu saja hal ini berbeda dengan pemrograman client-side seperti JavaScript.  hal tersebut karena pada pemograman client side, akses programnya diproses pada web browser. selain untuk web, PHP ini juga memiliki kegunakan sebagai bahasa pemrogaman umum seperti Wikipedia. Sehingga sangat penting sekali keberadaanya.

 

Fungsi Pemograman PHP

setelah mengetahui Pengertian PHP, tentu perlu juga nih mengetahui apa saja fungsi dari PHP ini kan? Sebenarnya PHP  ini memang bukanlah  bahasa pemograman yang wajib digunakan ya.  mengapa?  karena Anda bisa saja membuat website menggunakan HTML dan CSS dimana merupakan website statis.

Namun,  PHP ini hadir sebagai pemograman yang sering disebut sebagi pelengkap karena web yang dihasilkan bersifat dinamis dan juga interaktif.  Secara umum, terdapat beberapa fungsi dari PHP diantaranya yaitu untuk  melakukan input data, mempersiapkan tatanan data HTML dan CSS, serta untuk melakukan kompress teks dan lainya.

Jadi, melalui PHP tersebut, Anda dapat melakukan input data seperti MySQL yang kemudian data tersebut dapat Anda simpan dalam sistem database.  PHP  juga memilki fungsi untuk mempersingkat tananan pada HTML dan CSS. Maksudnya disini yaitu misalnya ketika Anda ingin membuat list nomor 1 sampai 100 menggunakan HTML maka Anda harus membuatnya secara manual.

Namun jika Anda menggunakan  PHP, maka Anda  tinggal membuat perulangan kode dengan megkopi tag  for sebanyak 100 kali  . Penggunaan PHP tersebut akan efektif untuk membuat kode baris lebih sedikit dan pempercepat pehtitungan. Hal tersebut karena Anda bisa melakukan pengaturan ataupun pengulangan kode melalkui PHP ini.

Fungsi PHP berikutnya yaitu juga efektif untuk melakukan kompres teks. Sebuah teks yang panjang seringkali perlu dikecilkan pastinya kan? Nah, melalui pemograman PHP ini Anda dapat melaukan kompres teks panjang menjadi  lebih pendek menggunakan fungsi gzcompress() ya. Apablila Anda ingin mengembalikan ke bentuk semula bisa menggunakan fungsi gzuncompress().

 

Kelebihan PHP

Bahasa pemograman PHP  tersebut selain memilki fungsi yang beragam, ternyata juga memilki  beberapa kelebihan yang perlu diketahui .  kelebihan  tersebut diantaranya yaitu  didukung oleh banyak server diantaranya yaitu Nginx, IIS, Xitami, Apache dan lainya.hal ini terntu saja akan lebih memudahkan konfigurasi dari PHP itu sendiri.

Kelebihan dari bahasa pemograman PHP ini berikutnya yaitu dpat dipakai di banyak sistem operasi komputer secra gratis karena bersifat open source. Selain itu, PHP juga dpat disisipkan dalam pemrograman HTML dan juga CSS. PHP juga terbilang senagi bahasa pemrograman yang lebih mudah digunakan. Mengapa? Karena pengembanganya dibantu oleh banyak developer ya.

 

Baca Juga : Macam-macam Bahasa Program dan Penjelasannya

 

Jadi itulah informasi mengenai Pengertian PHP dan fungsinya, serta manfaat dari penggunaanya. Kini sudah sedikit paham kan? Bagi yang masih asing dengan istilah-istilah seperti PHP di dunia pemrograman, maka informasi di atas bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Reply