Pengertian Power Supply, Jenis, Cara Kerja dan Fungsinya

Secara umum, pengertian Power Supply bisa dipahami sebagai komponen pada komputer  yang berfungsi sebagai pemasok daya listrik pada komponen lainnya pada komputer. Komputer tidak akan berjalan fungsinya jika tanpa ada daya yang mensupplynya. Komponen komputer akan berjalan sesuai fungsinya jika ada daya listrik yang disalurkan. .

Keberadaan Power Supply tidak kalah penting dengan komponen komputer lainnya. Karena itulah pembahasan tentang power suplay menarik untuk didalami. Selain pengertian, ada beberapa informasi penting terkaitnya yang bisa Anda simak di bawah ini.

 

Jenis –  jenis power Supply Pada Komputer

Perlu diketahui bahwa power suplay tersedia dalam beberapa jenis. Kali ini, setidaknya akan ada 3 jenisnya yang akan dibahas sebagaimana berikut.

1. Advance Technology Power Supply

Advance Technology Power Supply bisa juga disingkat dengan Power Supply At. Motherboard Jenis At wajib memiliki Power Supply jenis ini. Power Supply jenis ini memiliki tombol mati yang tidak otomatis ketika komputer mati. Pengguna harus mematikan terlebih dahulu jika ingin mematikan Power Supply tersebut. Power Supply jenis ini banyak digunakan pada komputer – komputer keluaran lama seperti processor Intel pentium 3 dan  4.

2. Advance Technology Extended Power Supply

Power Supply Ini biasa disingkat Power Supply ATX. Power Supply tersebut dipasangkan dengan motherboard jenis ATX. Power Supply jenis ini sudah memiliki tombol ‘ off’  otomatis. Power Supply akan mati dengan sendirinya ketika komputer dimatikan. Mengingat motherboard jenis ATX masih memiliki banyak peminat, Power Supply berjenis ini masih banyak penggunanya.

3. Balance  Technology Extended Power Supply

Balance Technology Extended Power Supply bisa disingkat menjadi BTX Power Supply. Jenis power Supply ini digunakan untuk komputer – komputer terbaru dengan  procesor Intel pentium terkini. Motherboard yang digunakan untuk Power Supply jenis ini yaitu jenis tersebut memiliki daya listrik yang lebih besar dibandingkan dua jenis Power Supply di atas.

 

Fungsi Power Supply  Pada Komputer

Sebagaimana pada pengertian Power Supply, perangkat ini menjadi pemasok daya listrik pada komputer. Fungsi utama dari komponen ini merubah AC yang menjadi DC. Daya tersebut akan mengalirkan listrik pada komponen lainnya. Namun, ada beberapa pembagian fungsi secara khusus sebagaimana berikut.

1. Power Supply Sebagai Filter

Power Supply Ini berfungsi untuk menyaring daya listrik AC atau arus bolak – balik dengan cara menyaring gelombang atau meratakan gelombang untuk dirubah menjadi DC.

2. Power Supply Sebagai penyeimbang daya

Ini merupakan salah satu fungsi utama selanjutnya dari Power Supplay. Setelah merubah gelombang AC Mmenjadi DC, maka ia akan membagi dan menyeimbangkan arus data pada komputer.

3. Power Supply Sebagai adaptor

Power Supply yang sudah merubah arus menjadi DC untuk kemudian merubah pada arus yang lebih kecil pada setiap komponen komputer. Sebagaimana fungsi adaptor yang mampu merubah arus listrik yang besar menjadi arus listrik yang lebih kecil.

 

Cara Kerja Power Supply Pada Komputer

Ketika komputer dinyatakan, Power Supply akan mengalirkan daya listriknya pada setiap komponen.  Power Supply memberikan pesan pada motherboard sebagai tanda bahwa komputer dapat mulai beroperasi.

Betapa pentingnya perangkat tersebut hampir sama dengan CPU pentingnya yang merupakan otak komputer. Setelah menyalurkan arus listrik maka langkah selanjutnya yaitu menjaga keseimbangan arus listrik. Jika Power Supply terganggu maka akan berpengaruh pada seluruh komponen komputer.

 

Baca Juga : Beberapa Komponen Wajib Untuk Merakit PC Gaming

 

Itulah Pengertian Power Supply, fungsi serta cara kerjanya. Pahami dengan benar agar dapat memasang komponen komputer. mendapatkan arus listrik yang sesuai.

Leave a Reply