Pengertian Powerpoint, Kelebihan, dan Kekurangannya

Microsoft Power Point adalah salah satu produk keluaran Microsoft Corporation yang biasanya juga disandingkan dengan Miscrosoft Office Word dan Microsoft Ecxel. Pengertian powerpoint sendiri adalah software yang dirancang untuk membuat bahan presentasi yang berbentuk slide.

Menurut penuturan Susilana, Powerpoint adalah sebuah program aplikasi dalam komputer. Dengan software tersebut, pengguna bisa membuat bahan presentasi dengan mudah serta tambahan tampilan yang menarik.

 

Fungsi Microsoft Powerpoint

Powerpoint dirancang khusus untuk pengguna agar lebih mudah mengatur materi yang akan disampaikan saat presentasi. Diharapkan, dengan adanya penjelasan singkat dan menarik dalam powerpoint, audience bisa lebih paham materi yang disampaikan.

 

Kelebihan Microsoft Powerpoint

Sudah banyak dimanfaatkan baik dalam bidang bisnis dan pendidikan, tentu ada banyak kelebihan power point yang sudah diketahui. Demikian pula keuntungan yang dirasakan setiap penggunanya. Dan berikut daftar kelebihan tersebut.

  • Memudahkan Pengguna Membuat Slide Bahan Presentasi

Bagi Anda yang sering melakukan presentasi, materi singkat dan menarik tentu harus menjadi senjata utama. Adanya powerpoint akan memudahkan seseorang untuk melakukan presentasi di depan khalayak umum.

  • Dilengkapi banyak tools

Selain teks, Anda juga bisa menyisipkan beberapa bahan lain agar tapilan dalam presentasi lebih menarik. Dalam aplikasi Powerpoint ini ada beberapa tools yang akan membantu Anda, diantaranya image import, animation import, text.art, video import dan beberapa lainnya.

  • Variasi Template

Template adalah fitur yang biasanya digunakan untuk latar belakang slide presentasi Powerpoint. Fungsinya tentu saja untuk mempercantik tampilan presentasi tersebut.

  • Bisa Diexport Ke PDF

Sebelum presentasi dimulai, Anda biasanya akan memberikan selebaran ke audience agar poin-poin presentasi dapat tersampaikan dengan baik. Dengan adanya fitur export to PDF ini, pemateri akan lebih mudah mecetak bahan presentasi tersebut.

  • Dilengkapi Fitur Kolaborasi

Fitur kolaborasi ini sangat berguna bagi Anda yang sedang dikejar deadline. Hal tersebut dikarenakan, seseorang atau bahkan Anda sendiri dimungkinkan bisa mengedit file presentasi secara bersamaan, meski dari komputer yang berbeda.

  • Dilengkapi Fitur Cloud Service

One Cloud Service merupakan sebuah produk yang sedang gencar diperkenalkan oleh Microsoft. Penyematan Embedded service dari program Microsoft Powerpoint oleh pihak Microsoft memang sengaja dilakukan karena tak ingin kalah oleh kompetitornya yakni Google dan Dropbox. Oleh karena itu, Microsoft menyediakan plihan save to one cloud.

 

Kekurangan Microsoft Powerpoint

Selain pengertian powerpoint dan kelebihannya, Anda juga perlu tau tentang kekurangan dari program ini. Apa saja kekurannya berikut beberapa diantaranya

  • Hanya Bisa Digunakan Pada Microsoft

Meski sangat membantu pengguna platform Windows, nyatanya software pengolah data presentasi ini tak bisa dimanfaatkan pengguna  Sistem operasi lain seperti Mac atau Linux.

  • Dokumen Tak Stabil Pada Tiap Versi

Kekurangan lainnya yakni adanya ketidakstabilan pada setiap versinya. Misalnya, file yang dibuat pada versi 2007 biasanya tak bisa digunakan secara sempurna di versi 2010, begitupun sebaliknya.

  • Harga Mahal

Bagi beberapa golongan, misalkan pelajar atau mahasiswa, tentu aplikasi ini terbilang mahal. Awalnya, pihak microsoft memang mengeluarkan software ini untuk para pengusaha dan perusahaan besar. Tak heran jika harga sebenarnya masih mahal untuk beberapa golongan.

  • Tergolong Program yang Berat

Karena tergolong program yang berat, perangkat yang digunakan oleh pengguna harus memiliki spesifikasi yang baik. Komputer dengan spesifikasi rendah kemungkinan akan sulit menggunakannya. Kemungkinan terburuk bahkan bisa crash atau hang.

 

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Windows Ini Penting Anda ketahui

 

Itulah beberapa bahasan tentang Microsoft Powerpoint, terutama apa itu pengertian powerpoint, kelebihan Microsoft Powerpoint dan juga kekurangannya. Semoga artikel singkat di atas bisa menambah wawasan Anda sekalian. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan Microsoft Powerpoint dengan maksimal.

Leave a Reply