Pengertian Printer, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Dalam dunia perkembangan komputer tentunya semua orang termasuk anda tidak asing dengan benda yang dinamakan printer. Ya, secara garis besar printer memiliki fungsi untuk mencetak hasil yang berupa kertas. Namun Anda wajib mengetahui tentang pengertian printer dan fungsinya lebih dalam lagi. Berikut ini penjelasan mengenai printer dan bagaimana cara kerja dari alat yang satu ini.

 

Pengertian Dan Sejarah Printer

Perangkat keras (Hardware) yang memiliki bentuk cukup besar ini merupakan alat yang nantinya digunakan untuk menampilkan sebuah data ataupun informasi yang dapat berupa teks. Data tersebut dapat dilihat berupa kertas dan memiliki gambar atau grafik yang ada di dalamnya. Tentunya informasi atau data yang ada pada printer tersebut sebelumnya berawal dari software atau komputer yang diteruskan ke printer.

Printer sendiri berasal dari kata “print” yang di mana dapat diartikan sebagai cetak atau mencetak. Sehingga alat yang satu ini digunakan untuk mencetak informasi. Selain itu sejarah dari printer di sini bermula pada abad ke-19 yang di mana saat itu masih memakai mesin ketik. Untuk menggunakan mesin ketik pada zaman dahulu harus mengetik secara manual untuk mendapatkan informasi berupa teks.

Namun semenjak zaman telah berkembang, printer berevolusi menjadi lebih baik dan saat ini telah memakai tenaga listrik atau elektrik. Bahkan hingga saat ini telah muncul beberapa macam jenis printer yang bisa digunakan oleh semua orang termasuk anda. Akan tetapi semua orang tentunya memiliki selera dan kebutuhan yang berbeda-beda sehingga terdapat banyak jenis printer yang dapat digunakan.

 

Fungsi Dan Jenis-Jenis Printer

Penting bagi anda untuk mengerti tentang pengertian printer dan fungsinya bagi kehidupan seperti apa. Printer sendiri memiliki fungsi dapat menampilkan sebuah data ataupun informasi yang sebelumnya telah di olah dan dapat di tampilkan berupa kertas kepada user. Anda dapat menggunakan sebuah printer untuk mencetak apa saja seperti halnya dokumen penting, surat arsip dan masih banyak yang lainnya.

Bukan lagi sebuah rahasia jika pada era sekarang ini telah muncul banyak jenis-jenis printer. Jenis printer pertama yang dapat anda ketahui adalah printer dot matrix. Printer yang satu ini umumnya menggunakan pita yang di mana pita tersebut digunakan sebagai alat pencetak. Tak sedikit yang menilai bahwa printer yang satu ini kurang memuaskan untuk digunakan karena hasil kurang bagus dan kasar.

Kemudian jenis selanjutnya adalah printer laser jet. Printer yang satu ini telah menggunakan sebuah sistem cetak dengan tinta bubuk serta menggunakan perangkat infrared. Printer yang satu ini memiliki hasil yang lebih baik dan cepat. Kemudian ada printer ink jet. Di mana printer yang satu ini telah menggunakan tinta untuk mencetak informasi dengan lebih baik dibandingkan dua jenis printer yang awal tadi.

 

Baca Juga : Pengertian Telepon dan Sejarah Perkembangannya

 

Cara Kerja Printer

Selain membahas akan pengertian printer dan fungsinya, Anda juga perlu tahu bagaimana cara kerja dari perangkat keras yang satu ini. Printer sendiri dapat bekerja jika anda terlebih dahulu dapat memastikan ketersediaan tinta yang lengkap untuk nantinya digunakan. kemudian anda hanya perlu menghubungkan antara komputer dengan printer menggunakan kabel yang telah disediakan.

Selanjutnya sebuah informasi yang telah Anda miliki bisa dicetak langsung dan tidak menunggu waktu yang lama untuk mencetaknya. Printer di sini dapat mencetak data atau informasi berupa warna hitam putih maupun warna-warna yang lainnya. Dan itulah beberapa hal mengenai cara kerja, fungsi serta pengertian dari sebuah printer.

Leave a Reply