Pengertian Promosi, Jenis-Jenis, Tujuan dan Manfaatnya

Tentunya semua orang telah mengerti tentang pengertian promosi secara umum itu seperti apa. Promosi sendiri merupakan sebuah cara untuk memperkenalkan produk atau jasa ke orang lain supaya semua orang yang tahu akan membelinya. Di era sekarang ini banyak orang di luar sana berlomba-lomba untuk melakukan promosi akan produk yang di miliki untuk dijual ke konsumen.

Namun juga terdapat beberapa yang orang belum tentu mengerti akan hal-hal di dalam sebuah promosi itu sendiri apa saja. Seperti halnya jenis-jenis promosi, tujuan promosi serta manfaat dari sebuah promosi bagi Anda yang melakukan. Lantas apa  pengertian dari istilah ini dan apa saja beberapa hal yang perlu Anda ketahui? Berikut ini penjelasannya.

 

Pengertian Promosi

Promosi sendiri memang memiliki arti yang luas namun mengandung satu makna sama. Promosi adalah salah satu bentuk perbuatan dan komunikasi yang di lakukan untuk memasarkan atau memperkenalkan produk ke masyarakat luas. Promosi dapat berbentuk sebuah informasi tersirat dan tidak tersirat, tergantung dari beberapa orang untuk memilih menggunakan cara bagaimana.

Biasanya promosi ini di lakukan oleh beberapa orang yang memiliki sebuah produk atau jasa dapat bermanfaat oleh semua orang. Maka tidak mengherankan jika promosi dapat di lakukan pada media apapun seperti  halnya media cetak, sosial media maupun media online yang dapat di jangkau oleh semua orang.

 

Jenis – Jenis Promosi

Di dalam dunia promosi, ternyata terbagi beberapa jenis yang dapat Anda lakukan untuk promosi. Pertama adalah jenis promosi secara tradisional. Di mana jenis promosi yang satu ini masih mengandalkan beberapa cara tradisional. Seperti halnya melalui majalah, Koran, banner dan sebagainya. Kemudian ada juga jenis promosi secara fisik atau bisa langsung di lihat oleh orang.

Promosi ini biasanya di lakukan dengan cara mengikuti event, pameran, konsser dan masih banyak lainnya. Dan jenis promosi selanjutnya yang bisa di katakan sangat sesuai pada era saat ini adalah secara digital. Di mana promosi ini di lakukan dengan memanfaatkan website, blog maupun media sosial lain. Tentu dari ketiga jenis ini memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing saat diterapkan.

 

Tujuan Promosi

Selain pengertian promosi, Anda juga perlu mengetahui akan tujuan dari di lakukannya sebuah promosi oleh sebagian orang. Tujuan melakukan promosi di sini antara lain adalah menyebarluaskan sebuah informasi kepada semua orang akan produk atau jasa yang tersedia. Di lakukannya promosi di sini dapat meningkatkan penjualan dari apa yang di pasarkan.

Kemudian tujuan lain dari promosi adalah untuk mendapatkan konsumen baru untuk membeli atau menggunakan jasa yang di miliki. Serta tujuan promosi juga berguna untuk membandingkan sebuah produk dengan produk lain yang serupa untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan. Jadi sangatlah banyak tujuan dari sebuah promosi yang bisa Anda gunakan jika memiliki produk ataupun sebuah jasa.

 

Baca Juga : Pengertian Komunikasi, Fungsi Beserta Jenis – Jenisnya

 

Manfaat Promosi

Dengan adanya sebuah promosi, tentunya terdapat beberapa manfaat yang dapat Anda miliki. Seperti halnya adalah Anda dapat memahami sebuah harga yang ada dalam produk tersebut terhadap pasar penjualan. Di lain sisi Anda juga dapat membandingkan produk yang ada dengan produk lain ketika informasi tersebut di dapat.

Dan itulah beberapa hal mengenai pengertian promosi sampai jenis-jenis dan manfaat dari promosi yang dapat Anda ketahui. Tentunya promosi ini akan memudahkan semua orang untuk mengetahui akan informasi yang di dapat sebelum melakukan pembelian. Penjual juga semakin mudah mengenalkan produknya melalui promosinya.

Leave a Reply