Pengertian Prosesor, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Berbicara tentang prosesor, tentu bukan istilah yang asing lagi kan? Ya, keberadaan prosesor memang sangat penting sekali pada sebuah perangkat. Bahkan hal ini terlihat misalnya pada saat Anda akan membeli sebuah komputer ataupun smartphone, seringkali yang pertama Anda tanyakan jenis prosesor bukan? meskipun begitu, sudah tahukan anda apa itu pengertian prosesor?

Nah, bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa sih arti dari prosesor ini, fungsi mapun jenisnya. Simak ulasan berikut ini ya!

 

Mengenal Pengertian Prosesor

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, keberadaan prosesor ini sangat penting sekali pada komputer dan juga smartphone. Nah, pengertian prosesor sendiri secara umum yaitu otak atau komponen utama pada sebuah komputer ataupun smartphone.  Jadi, bisa dibayangkan pastinya kan? jika keberadaan prosesor ini sangat krusial dalam suatu perangkat.

Pada sebuah sisitem komputer, prosesor ini bekerja dengan melakakukan manajemen pada arus data yang masuk. Hal tersebut diperlukan  agar data dalam operasi pada sebuah komputer tersebut tidak mengalami stak ya. hal inilah yang menjadikan prosesor memilki peran yang sangat penting pada sistem komputer.

Pada proses manajemen data termasuk juga melakukan perhitungan serta menjalankan perintah – perintah yang di inputkan  tersebut, prosesor menjalankan tugasnya dengan menggunakan rumus  yang tebilang kompleks dan akurat. Prosesnya pun sangat cepat sehingga  pengelolaan data prosesor tersebut dibantu komponen seperti mainboard, memory serta komponen komputer lainya.

Lalu dimana letak prosesor? Pada sebuah komputer, prosesor ini terdapat pada motherboard atau cpu.  ada saat Anda memilih motherboard untuk perangkat Anda pun, maka perlu disesuaikan dengan jenis soket dari prosesor tersebut ya. jika tidak, maka tidak akan cocok.

 

Fungsi Prosesor

Apakah Anda sudah paham mengenai pengertian prosesor? Selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi prosesor ya. Pada prinsipnya, fungsi prosesor ini hanya  sebagai  pemoroses data yang masuk kemudian akan menghasilkan suatu output atau pengeluaran.  Jadi, Pada dasarnya processor hanya merupakan  alat yang digunakan untuk memproses data yang berupa aritmatika.

Gambaranya yaitu pada saat sebuah data masuk,  maka akan melewati prosesor. Nah, data tersebut kemudian akan diolah oleh prosesor sehingga akan menghasilkan keluaran yaitu berupa data-data yang diinginkan oleh pengguna.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya untuk menjalankan aktivitasnya, Prosesor ini tidak bisa bekerja sendiri. Jadi perangkat ini akan melakukan pengolahan data dengan bantuan komponen lain diantaranya yang paling penting yaitu  dengan mengandalkan dukungan RAM dan hardisk.

Sebuah prosesor yang terdapat  pada sebuah komputer tersebut pada prinsipnya memilki pengaruh pada kecepatan suatu proses data ya. Jadi secara umum cepat atau lambat suatu proses data di komputer tersebut pada jenis maupun kapasitas dari prosesor yang Anda gunakan.

 

Baca Juga : Perbedaan Intel Dan AMD, Performa, dan Kualitasnya

 

Jenis-Jenis Prosesor

Setelah Anda memahami apa pengertian prosesor  dan juga fungsinya, maka perlu juga dong membahas jenis-jenis dari tersebut prosesor tersebut?  pada perkembanganya,ada  dua jenis prosesor yang terdapat pada komputer yang terbilang cukup populer dan banyak digunakan yaitu Intel dan AMD. Bisa dibilang jika kedua produsen prosesor ini memang bersaing ketat dan banyak dicari.

Pertama, kita akan membahas tentang prosesor AMD. AMD sendiri merupakan perusahaan semikonduktor multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat tepatnya di Sunnyvale, California. Perusahaan ini pun mejadi perusahaan pemasok global mikroprosesor terbesar keudia setelah Intel Corporation.

Produk yang dihasilkan oleh AMD pun diataranya  Opteron ,  AMD FX dan APU A SERIES, serta APU Z SERIES . prosesor AMD tersebut diketahui sangat mendukung untuk kebutuhan grafis seperti studio, gamer dan lain sebagainya.

Sedangkan prosesor Intel merupakan produk yang dihasilkan  oleh perusahaan multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat yaitu Intel Corporation.  Produk-produk prosesor intel tersebut diantaranya 4004 Micro processor, 8008 Microprocessor,  8080 Microprocessor,  8086 – 8088 Microprocessor dan lainya.

Produk-produk Prosesor Intel tersebut memang banyak sekali digunakan dan sangat mendukung untuk kebutuhan kantor.  Namun, Selain dua jenis prosesor tersebut, ada juga jenis  prosesor Apple, Prosesor Cyrix Via,Prosesor IBM,IDT dan lainya ya.  Jenis prosesor tersebut juga banyak digunakan

Leave a Reply