Pengertian RAM Dan Fungsinya Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian RAM Dan Fungsinya Beserta Jenis-Jenisnya – Pada Saat Anda ingin membeli suatu perangkat komputer ataupun sebuah laptop, tentu Anda mencari informasi dan spesifikasinya terlebih dahulu. Berbicara soal spesifikasi sebuah komputer, pasti tidak jauh dengan besar kecilnya kapasitas RAM. Apalagi jika anda membutuhkan spesifikasi yang mempuni untuk kinerja laptop yang baik.

Tetapi apakah Anda tahu apa itu RAM? Pengertian dan tentu saja fungsi kerja RAM tersebut terhadap proses komputer. Disini, akan dijelaskan tentang Pengertian RAM Dan Fungsinya dibawah ini

 

Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM Dan Fungsinya

RAM atau Random Access Memory adalah suatu perangkat keras (Hardware) pada sebuah komputer yang memiliki fungsi yaitu sebagai tempat penyimpanan data sementara pada saat komputer dioperasikan. Data akan diproses atau diolah didalam RAM dan dikerjakan didalamnya. RAM bekerja secara acak dalam membaca dan mengakses data pada memori (Random).

Pada komputer sebenarnya terdapat memori didalam prosesornya. Tatapi, memori ini tidak bisa menampung data yang berukuran besar, karena keterbatasan kapasitasnya. Maka dari itu, RAM hadir sebagai pembantu atau pendamping prosesor untuk memproses suatu data yang memiliki ukuran besar.

RAM memiliki perbedaan dengan hard disk (Baca : Pengertian Harddisk) walaupun masih dalam kategori memori. Hard disk memiliki cara kerja non-volatile, yaitu data akan tersimpan dalam memori, tetapi tidak akan hilang meskipun komputer Anda dalam keadaan mati. Sedangkan RAM hanya menyimpan data pada saat komputer dioperasikan.

RAM memiliki kecepatan yang paling baik dibandingkan dengan jenis memori lainnya seperti hard disk ataupun SSD. RAM memiliki kapasitas yang beragam, semakin besar kapasitasnya, kinerja RAM dalam memproses data akan semakin cepat pula.

 

Cara Kerja RAM

RAM memiliki cara kerja yaitu, menyimpan suatu data program yang sedang anda buka. Misalnya saja Anda sedang membuat suatu projek atau dokumen, maka RAM bekerja menyimpan data dokumen Anda secara sementara sebelum dokumen tersebut disimpan permanen kedalam hard disk.

Karena jika Anda tidak simpan Dokumen Tersebut kedalam hard disk maka dokumen akan hilang ketika Anda menutup program ataupun mematikan komputer secara sengaja maupun tidak disengaja.

 

Jenis – Jenis RAM

Pengertian RAM Dan Fungsinya

Terdapat banyak jenis jenis dari RAM yang memiliki cara kerja dan fungsi yang sedikit berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenis RAM

 

DRAM (Dynamic RAM)

DRAM merupakan jenis RAM yang memiliki cara kerja yaitu, secara berkala RAM akan di segarkan atau direfresh oleh prosesor komputer yaitu CPU (Central Processing Unit) supaya data yang diproses oleh DRAM tidak akan menghilang. DRAM juga memerlukan asupan daya listrik secara terus menerus dalam pengoperasian nya.

DRAM memiliki kelebihan di Desainnya yang sederhana dan mempunyai kecepatan membaca data yang baik.

 

SDRAM (Sychronous Dynamic RAM)

RAM jenis ini adalah lanjutan dari jenis sebelumnya yaitu DRAM. Bedanya dengan DRAM, SDRAM memiliki proses yang sudah di sinkronisasi oleh sistem dan tentunya memiliki kecepatan memproses data lebih cepat dibanding dengan DRAM. Penggunaan SDRAM ini digunakan pada komputer yang memiliki prosesor Pentium I sampai dengan Pentium IV.

 

SRAM (Static RAM)

Memiliki cara kerja status yang dimana SRAM memiliki pembaca atau pengakses data secara konstan dan stabil tidak adanya perubahan. Selama supply daya listrik yang masuk selalu ada. Untuk konsumsi daya pun SRAM hanya membutuhkan daya yang sedikit.

Disampingnya kelebihannya Tersebut, SRAM tidak dapat menyimpan data sebanyak RAM jenis DRAM atau SDRAM. Sehingga untuk pemrograman nya hanya pada aplikasi yang memiliki ukuran kecil dan untuk memori cache pada CPU.

 

EDORAM ( Extended Data Out RAM)

Merupakan jenis RAM yang terakhir digunakan adalah komputer yang memiliki prosesor Pentium. Memiliki cara kerja yang dimana mengambil dan penyimpanan data diproses dalam waktu yang bersamaan. Didalam EDORAM memiliki tambahan cache pada memori yang berguna dalam mempercepat proses data.

 

FPM RAM (Fast Page Mode RAM)

FPM RAM adalah pendahulu dari jenis DRAM. Dikarenakan termasuk RAM yang sudah lama. FPM RAM memiliki kecepatan proses data yang kurang baik dari pada jenis-jenis RAM lainnya. Juga untuk kapasitas penampungan data yang tidak besar.

 

RD RAM (Rambut Dynamic RAM)

RD RAM memiliki proses data yang lebih cepat. Namun, untuk Harga dari RD RAM ini lebih mahal dibandingkan dengan SDRAM. Jenis RAM ini bisa digunakan pada komputer yang memiliki prosesor Pentium IV.

 

DDR RAM (Double Date Rate RAM)

Umumnya digunakan pada komputer yang sudah lebih canggih seperti komputer yang memiliki prosesor Pentium IV keatas. 2 kali lebih cepat kinerjanya dibanding dengan SDRAM (Double).

Banyak pengembangan dari DDR RAM ini, banyaknya tipe-tipe terbaru yang dikeluarkan dalam seri DDR, seperti DDR2, DDR3, dan yang paling terbaru adalah DDR4. Umumnya laptop atau komputer saat ini menggunakan RAM dengan tipe DDR4.

 

Baca Juga : Pengertian Hardisk Komputer dan Jenisnya Lengkap

 

RAM adalah komponen penting yang ada didalam sebuah komputer, maka dari itu untuk pemilihan jenis dan kapasitas haruslah teliti. Nah, fungsi dari panduan diatas adalah untuk Anda supaya tahu jenis dan juga kegunaannya agar kinerja komputer anda menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply