Pengertian ROM, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian ROM, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya – Pasti anda pernah mendengar istilah ROM, entah itu dari spesifikasi smartphone ataupun komputer. Tapi tahukan Anda apa itu ROM? ROM adalah memori yang ada pada perangkat komputer maupun smartphone. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca berikut ini Penjelasan ROM, Fungsi, dan Jenis-jenisnya.

 

Pengertian ROM dan Fungsinya

Pengertian ROM, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

ROM atau Read Only Memory adalah salah satu perangkat keras komputer dan juga smartphone. ROM merupakan keluarga memori sama seperti RAM dan juga Hardisk. ROM adalah tempat penyimpanan semikonduktor yang memiliki sifat permanen, yang dimana data atau program yang disimpan dalam ROM tidak akan hilang walaupun Perangkat laptop, kompiter, atau smartphone anda dalam keadaan mati. Berbeda dengan RAM yang memiliki sifat penyimpanan yang sementara.

Data atau program yang disimpan berupa program bawaan dari pembuat perangkat tersebut. seperti namanya yaitu “Read Only” yang dimana program sudah diterapkan pada ROM dan Anda sebagai pengguna tidak bisa mengubah, menambah, ataupun mengurangi data program. Data yang ada hanya bisa Anda Baca saja.

ROM merupakan chip yang ada pada komponen perangkat, yang memiliki fungsi untuk menyimpan kode-kode program yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu perangkat. Jika pada komputer ROM ini mempunyai peranan penting yaitu sebagai memori yang berfungsi untuk menyimpan settingan BIOS (Basic Input Output System) pada saat booting.

 

Jenis-Jenis ROM

Pengertian ROM, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

ROM memiliki beberapa jenis yang memiliki fungsi dan cara kerja yang sedikit berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenisnya :

 

1. PROM (Programable Read Only Memory)

Jenis ROM yang berupa chip memori, memiliki fungsi penyimpanan data yang dapat diisi satu kali saja. Dengan begitu data atau program yang sudah dimasukan kedalam PROM akan tetap pada memori PROM dan bersifat permanen. Anda tidak bisa mengubah atau menghapus program tersebut seperti ROM pada umumnya. Program pada PROM tidak bisa menghilang meskipun perangkat dalam keadaan mati.

 

2. EPROM (Erasable Programable Read Only Memory)

Berbeda dengan jenis ROM lainnya, Program yang tersimpan pada EPROM akan bersifat Erasable yaitu dapat dihapus dan juga bisa diprogram ulang. Adapun menurut pengisiannya program EPROM dibagi menjadi dua yaitu. UV EPROM atau Ultraviolet EPROM yang dimana untuk menghapus data program yang berada di memori harus menggunakan sinar ultraviolet. Dan juga ada EEPROM atau Electrical EPROM yang dimana untuk menghapus programnya menggunakan aliran listrik.

 

3. EEPROM

Merupakan Jenis ROM yang dapat diprogram ulang dan data program bisa dihapus. Penghapusan data ini menggunakan kerja elektrik atau aliran listrik. Biasanya EEPROM ini digunakan untuk BIOS, memori pada kamera digital, Flashdisk, Handphone, Konsol Game, dan perangakat elektronik lainnya.

 

4. CD-ROM ( Compact Disk Read Only Memory)

Jenis ROM yang memiliki bentuk berupa cakram optic (Optical Disk) yang memiliki fungsi yaitu menyimpan data. CD-ROM merupakan hardware yang hanya bisa membaca sebuah CD saja.Biasanya CD-ROM ini berguna pada saat Anda ingin menginstal Operasi Sistem (OS), Software, ataupun penginstalan Game menggunakan CD.

 

Baca Juga : Tips Bermain Game Berat Di PC/Laptop Kentang

 

Itu adalah serangkaian pengertian ROM dan Fungsinya berikut juga Jenis-Jenisnya. ROM sudah menjadi perangkat keras yang dibutuhkan untuk hampir semua perangkat elektronik yang menggunakan sistem penyimpanan. Maka dari itu, anda harus sedikit lebih tahu Pengertian ROM ini. Semoga artikel ini bisa menjadi manfaat bagi Anda.

Leave a Reply