Pengertian Router, Fungsinya, Jenis dan Cara Kerjanya

Tidak sedikit orang yang mengenal bahwa router merupakan salah satu perangkat untuk mendukung jalannya jaringan pada sebuah komputer. Biasanya router dapat ditemukan pada jaringan komputer berskala besar untuk menghubungkan antara jaringan 1 ke jaringan lain. Lantas apa pengertian router ini?. Berikut ini terdapat penjelasan serta beberapa hal mengenai router yang dapat anda ketahui.

 

Pengertian Router

Router merupakan salah satu perangkat tambahan atau perangkat keras ( Hardware ) yang ada pada komputer. Fungsi dari router di sini adalah mampu dengan mudah untuk menghubungkan beberapa jaringan untuk saling berkomunikasi. bahkan router di sini dapat menghubungkan jaringan dari sisi yang berbeda teknologinya sekalipun. Akan tetapi router juga memiliki pengertian lain.

Di mana keberadaan dari router ini dapat memudahkan pengguna melalui satu perangkat komputer untuk mengirimkan informasi berupa paket data ke perangkat komputer lainnya. Namun untuk menggunakan router tentunya Anda harus menyeting terlebih dahulu agar router dan perangkat komputer anda maupun lainnya dapat terhubung.

 

Fungsi Dari Router

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, secara umum fungsi dari router memang menghubungkan antara satu jaringan ke jaringan lain. Namun jika dipahami lebih dalam lagi, fungsi dari router ini dapat mengirimkan data dari user satu ke user yang lainnya. Selain itu fungsi dari router juga dapat mentransmisikan sebuah data ataupun informasi dari satu jaringan ke jaringan lain.

Bahkan di era sekarang ini perkembangan dari router dapat dikatakan lebih canggih. Bagaimana tidak cara kerja dari router ini tidak lagi menggunakan kabel jaringan seperti LAN tetapi menggunakan teknologi wireless. Sehingga hal ini dapat memudahkan anda sebagai pengguna untuk mengirimkan informasi maupun data lebih cepat dan tidak ribet. Sehingga router sendiri juga bisa menghubungkan dengan perangkat lain.

 

Jenis-Jenis Router

Dalam dunia komputer ternyata router di sini juga dibedakan dalam dua jenis. Jenis yang pertama adalah router yang dibedakan berdasarkan mekanismenya. Dan router jenis kedua dibedakan berdasarkan pengaplikasiannya. Berdasarkan mekanismenya terdapat setidaknya 3 router yang biasanya juga digunakan oleh beberapa orang. 3 router tersebut adalah router statis, dinamis dan juga wireless.

Sedangkan jenis router yang dibedakan berdasarkan pengaplikasiannya terdapat 3 router yang juga digunakan. Ketika router tersebut adalah router hardware, router aplikasi dan juga router PC. Tentunya beberapa jenis router ini memiliki pengertian serta fungsi yang berbeda-beda. Tergantung anda sebagai pengguna dan memilih jenis router apa yang sesuai dengan kebutuhan dalam sebuah jaringan.

 

Cara Kerja Dari Router

Selain membahas tentang pengertian router sampai jenis-jenis router, Anda tentunya wajib mengetahui tentang cara kerja dari router di sini. Cara kerja dari router memang menghubungkan antara jaringan satu dengan jaringan yang lainnya. Namun dalam hal ini, agar router dapat bekerja secara maksimal maka anda harus memasang sebuah NIC atau kartu jaringan yang berbeda.

Jika anda membangun sebuah jaringan yang kecil, maka setidaknya anda hanya memerlukan 1 buah router saja untuk menghubungkan. Akan tetapi jika anda akan membangun sebuah jaringan dalam skala besar, maka pastinya router yang wajib Anda pasang juga lebih dari satu. Jadi jika anda menghubungkan antara satu jaringan dengan jaringan lain maka harus menggunakan 2 router atau lebih.

 

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Wifi

 

Dari keterangan di atas tadi, itulah beberapa hal mengenai pengertian router beserta jenis sampai fungsinya. Tentu keberadaan dari router ini sangat membantu untuk memudahkan pengiriman informasi dalam sebuah jaringan.

Leave a Reply