Pengertian Search Engine, SERP dan SEO

Anda saat ini tentu sudah sangat mengenal internet dan penggunaannya. Namun mungkin Anda belum memahami pengertian search engine. Padahal Anda tentu tahu apa itu google. Google adalah salah satu contohnya, namun antara google dan search engine memiliki perbedaan.

Google adalah perusahaan yang menyediakan layanan search engine. Layanan google bukan hanya search engine namun juga ada lainnya seperti google terjemah, youtube, dll. Lantas apa search engine itu sendiri. Simak penjelasan berikut ini.

 

Apa Itu Search Engine?

Secara kebahasaan search engine terdiri dari kata “search” yang artinya mencari, dan “engine artinya mesin. Sehingga search engine arti sederhananya adalah mesin pencari.

Pengertian search engine adalah sebuah sistem software yang dibuat untuk dapat mencari berbagai informasi dari jaringan world wide web (www), File Transfer Protocol (FTP), mailing list maupun news group. Jadi dengan menggunakan search engine masyarakat pengguna internet dapat mencari informasi segala sesuatu yang dibutuhkan.

Dengan menggunakannya masyarakat dapat mendapatkan informasi dari internet. Caranya hanya dengan mengetikkan kata kunci atau hal yang ingin di cari di halaman situs search engine. Lalu search engine akan bekerja dan menampilkan SERP.

 

Apa itu SERP?

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, yang diterjemahkan artinya halaman hasil mesin pencari. Saat Anda mencari sebuah kata kunci di mesin pencari, hasil dari pencarian akan ditampilkan di halaman yang dinamakan SERP ini. Di tampilannya akan memunculkan daftar berbagai macam judul artikel, atau data yang sesuai dengan kata kunci pencarian.

Sebuah layanan mesin pencari seperti google, bing, dan selainnya membuat menghasilkan sebuah daftar hasil pencarian dengan sebuah algoritma tertentu. Algoritma tersebut menentukan mana artikel informasi yang diletakkan pada peringkat atas dan seterusnya.

Apabila sebuah artikel dari sebuah web berada di urutan teratas dari sebuah pencarian, akan memberikan peluang semakin besar kemungkinan akan dikunjungi oleh banyak orang. Itulah sebabnya banyak orang yang menginginkan websitenya berada di peringkat atas dari suatu pencarian di search engine. Upaya untuk mendapatkannya sering disebut SEO.

 

Apa itu SEO?

SEO atau search engine optimization pada dasarnya adalah upaya-upaya terencana yang dilakukan oleh pembuat konten website supaya kontennya berada di peringkat atas SERP dari sebuah pencarian kata kunci. Tujuannya sudah jelas yaitu supaya websitenya berada di peringkat atas sehingga menaikkan jumlah kunjungan.

Upaya meningkatkan SEO itu sendiri harus didasarkan atas algoritma yang dibuat oleh mesin pencari. Namun algoritma mesin pencari secara berkala diperbaiki oleh penyedianya. Hal ini menyebabkan metode SEO secara berkala juga harus mengalami perubahan mengikuti perubahan algoritma tersebut.

Saat ini teknik SEO dikenal dengan dua macam jalan. Jalan pertama disebut dengan SEO on page, dan kedua adalah SEO off page. SEO on page adalah cara mengoptimalkan melalui mengatur isi halaman itu sendiri. Seperti mengatur keberadaan kata kunci dan intensitasnya pada judul, sub judul, isi artikel.

Sedangkan teknik SEO off page adalah mengoptimalkan kunjungan halaman sebuah konten web dengan mengelola aspek di luar dari halaman itu sendiri. Semisal dengan adanya link yang dibagikan yang mengarah pada konten tersebut. Bisanya sering dikenal dengan istilah backlink.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Dalam Optimasi SEO Yang Harus Dihindari

 

Sekarang Anda telah memahami pengertian search engine, termasuk juga istilah yang sering muncul terkait dengannya seperti SERP dan SEO. Sehingga sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mengenai apa itu search engine.

Leave a Reply