Pengertian SEO, Apa Fungsi dan Kegunaan Untuk Web ?

Bagi Anda yang masih baru berkecimpung dalam dunia digital marketing baik itu website atau blog, tentu masih sering kan bertanya-tanya mengenai apa itu pengertian SEO? Padahal SEO adalah hal penting di dunia digital. Pasalnya ketika Anda menerapkan  optimasi SEO pada sebuah website atau blog, maka besar kemungkinan pencarian website Anda memperoleh ranking tinggi di pencarian Google.

Nah bagi Anda yang penasaran apa itu pengertian SEO, berikut kami berikan penjelasanya kepada Anda. Simak ya!

 

Pengertian SEO

Seperti yang kita ketahui keberadaan SEO memang sangat  diperlukan sekali pada sebuah website ataupun blog. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa website atau blog yang Anda milki sepi pengunjung?  Salah satu penyebabnya mungkin karena kurang memperhatikan pentingnya optimasi SEO ini.

Nah perlu Anda ketahui pengertian dari SEO, SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization adalah suatu optimasi website   yang mana menjadi suatu upaya untuk meningkatkan visibilitas suatu website dihalaman mesin pencari. Ketika website  Anda tersebut mendapatkan peringkat tinggi di search engine,maka secara otomatis trafik pengunjung website pun juga akan bertambah.

SEO juga disebut sebagai pencarian alami atau organik ya. mengapa demikan? Hal tersebut karena pada saat pertama kali pendaftaran domain dan juga hosting situs web,  jika situs Anda tidak populer maka tidak akan memilki banyak pengunjung. Sedangkan apabila Anda melakukan optimasi dengan baik, maka situs web Anda tersebut akan memilki posisi bagus di pencarian.

Optimasi SEO tersebut pada sebuah website tentu saja dengan menerapkan suatu kata kunci yang relevan sesuai yang Anda targetkan . Penerapan SEO agar mendapatkan trafik yang tinggi, tentu saja juga tak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya dalam penerapan SEO tersebut maka Anda harus mengikuti peraturan mesin pencari serta memhami cara kerja SEO.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Dalam Optimasi SEO Yang Harus Dihindari

 

Jenis-Jenis SEO

Berbicara mengenai SEO, tentu Anda sudah tahu kan jika SEO adalah hal yang tidak bisa ditawar di dunia digital. Untuk melakukan proses optimasi, terdapat dua jenis SEO yang penting sekali diketahui yaitu SEO on page dan SEO off page. Kedua jenis SEO ini memilki fungsi yang sama penting untuk optimasi website yang Anda miliki.

Pertama mari kita bahas tentang SEO on page.  Jadi, SEO ini merupakan suatu cara otimasi SEO yang prosesnya dijalankan di dalam website Anda sendiri. Optimasi SEO on page ini dilakukan dengan  langkah-langkah diantranya melalui  penggunaan heading, tema responsif, permalink,  judul konten, kecepatan website, struktur konten dan lainya.

Namun, optimasi SEO yang terdapat didalam website tersebut saja belum cukup ya sehingga kehadiran SEO off page ini juga sangat dibutuhkan. Nah, SEO of page ini merupakan suatu langkah optimasi  melaui luar website Anda tersebut.

Dalam membangun sebuah website SEO terdapat banyak faktor yang  dari luar yang mempengaruhi kualitas dar SEO diantaranya yaitu backlink atau inbound link.   Sebuah konten dapat dikatakan berkualitas jika memilki blacklink atau banyak digunakan sebagai rujukan oleh orang lain. jadi, ketika konten berkualitas, maka google pun akan mudah memberikan peringkat pada website tersebut.

 

Fungsi SEO

Seperti yang kita ketahui, SEO adalah optimasi  website yang keberadaanya sangat dibutuhkan. Secara umum, Seo berfungsi sebagai  penyedia  hasil jawaban  dan juga untuk untuk mengindeks dokumen yang terdapat pada mesin pencarian atau www.

Melalui  optimasi SEO, maka ketika seseorang melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci tertentu, maka hasilnya pun akan sesuai dengan kata kunci yang pengguna cari. Jadi, hasilnya pun akan sesuai dengan apa yang diketikkan. Jadi, fungis SEO ini sangat penting sekali.

Selain itu, SEO juga memilki fungsi yang sangat optimal untuk menunjang  suatu website mendapatkan ranking tertinggi dalam suatu mesin pencarian. optimasi SEO memungkinkan suatu website akan tetap terindeks pada mesin pencarian sehingga akan membantunya tamoil di halaman utama pencarian.

 

Baca Juga : Cara Jitu Daftar Adsense dengan Blog Seadanya

 

Itulah Penjelasan lengap dari SEO, melingkupi pengertian SEO, fungsi, dan jenis-jenisnya. SEO adalah hal penting yang harus dipelajari jika anda adalah orang yang berkecimpung didunia blogging dan website building.

Leave a Reply