Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, dan Macam-macamnya

Pengertian Sistem Operasi – Komputer terbagi menjadi dua perangkat berdasarkan bentuknya, yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Dari masing-masing perangkat tersebut memiliki berbagai jenis, misalnya dalam perangkat keras ada motherboard, keyboard, mouse, speaker, dan masih banyak lagi. Adapun perangkat lunak seperti software, Driver, dan sistem operasi.

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi sangat penting untuk jalannya sebuah komputer. Jika sistem operasi tidak ada, anda tidak akan bisa menjalankan perangkat lunak lainnya. Karena Secara fungsi sistem operasi adalah penghubung sistem untuk mengatur jalannya perangkat keras dan perangkat lunak.

Tidak hanya perangkat komputer saja yang mempunyai sebuah sistem operasi. Pada gadget masa kini seperti smartphone, iPad, sudah memiliki sistem operasi tersendiri. Memiliki fungsi hampir sama seperti sistem operasi yang ada pada komputer.

Berikut ini adalah pengertian dari sistem operasi beserta fungsinya, dan juga macam-macam dari sistem operasi.

 

Pengertian Sistem Operasi

pengertian sistem operasi

Operating sistem (OS) atau sistem operasi adalah perangkat lunak yang ada pada sebuah perangkat komputer dan gadget. Sistem operasi memiliki fungsi yaitu sebagai pengatur atau pengontrol kerja daripada perangkat keras dan berfungsi untuk proses jalannya sebuah aplikasi atau program didalam sistem.

Ditinjau dari fungsinya, sistem operasi merupakan komponen penting untuk sebuah perangkat komputer maupun gadget. Jika sistem operasi tidak ada atau tidak bekerja, maka perangkat akan mengalami kegagalan proses dan perangkat tidak bisa dinyalakan atau dioperasikan.

 

Fungsi Sistem Operasi

pengertian sistem operasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem operasi merupakan perangkat penting dalam sebuah perangkat komputer. Sistem operasi secara umum memiliki fungsi sebagai pengontrol hardware dan juga software. Disamping fungsi umum tersebut, sistem operasi memiliki beberapa fungsi yang akan dipaparkan di bawah ini.

 

1. Sebagai wadah atau tempat aplikasi program

Sistem operasi adalah tempat atau wadah untuk jalannya sebuah aplikasi atau program. Dengan adanya sistem operasi ini, aplikasi akan diproses dan tersimpan dalam perangkat penyimpanan. Aplikasi tidak akan bekerja jika sistem operasi tidak ada.

 

2. Mengontrol kerja perangkat

Fungsi lainnya yaitu sebagai pengontrol untuk jalannya kinerja dari perangkat keras dan perangkat lunak. Sistem operasi bertugas untuk mengolah kinerja perangkat seperti pengolahan kinerja dari yang sederhana hingga yang kompleks. Dengan begitu, maka perangkat keras dan perangkat lunak akan bekerja lebih optimal.

 

3. Sebagai pengoperasian dasar

Dengan tidak adanya sistem operasi, aplikasi atau program tidak bisa dijalankan dan berfungsi pada sebuah komputer. Fungsi utama dari sistem operasi adalah sebagai dasar untuk pengoperasian perangkat lunak atau software yang akan dijalankan pada sebuah komputer ataupun gadget.

 

4. Untuk menyajikan tampilan

Tampilan layar pada sebuah komputer atau gadget, seperti tampilan desktop atau tampilan aplikasi merupakan hasil kerja dari sistem operasi. Dengan adanya tampilan tersebut Anda sebagai pengguna dimudahkan untuk menjalankan suatu aplikasi.

Sistem operasi juga bisa menerjemahkan bahasa program yang berasal dari perangkat keras CPU dan dikirim dalam bentuk tampilan seperti gambar, teks, dan tampilan lain yang diubah. Ini memudahkan anda dalam pengoperasian komputer atau gadget.

 

5. Sebagai pengawas dan pelindung program

Sistem operasi juga berguna untuk mengendalikan jalannya proses. Proses ini akan dilindungi oleh sistem operasi, seperti melindungi file, dan memungkinkan pengguna menentukan siapa saja yang bisa mengakses program tersebut.

Sistem operasi juga akan memberi batasan untuk penulisan dan pembacaan dalam pengeksekusian sebuah program data pada komputer.

 

Macam-Macam Sistem Operasi

pengertian sistem operasi

Sistem operasi terbagi menjadi 2 macam berdasarkan jenis perangkatnya yaitu komputer dan gadget mobile.

 

Sistem operasi komputer

  1. Microsoft DOS (Disk Operating Sistem)
  2. Windows
  3. Macintosh OS (Mac OS)
  4. Linux
  5. Unix
  6. Chrome OS
  7. Amiga OS

 

Sistem operasi Mobile

  1. Windows Phone
  2. IOS (Apple OS)
  3. Google Android
  4. BlackBerry OS
  5. Symbian OS
  6. Palm OS

 

Baca Juga : Pengertian CPU Komputer dan Komponennya

 

Kesimpulannya sistem operasi Sangat penting untuk jalannya sebuah perangkat seperti komputer dan juga gadget mobile. Itulah pengertian sistem operasi beserta fungsinya dan juga macam-macam dari sistem operasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply