Pengertian Software, Fungsi, Jenis dan Klasifikasi

Bicara tentang perangkat komputer pasti tidak lepas dari istilah software. Pengertian software atau perangkat lunak adalah sebuah program bagian dari sistem komputerisasi yang diformat secara digital, sehingga tidak terlihat bentuk fisiknya.

Peran utama software adalah sebagai penghubung antara pengguna dengan hardware atau perangkat keras. Tanpa adanya sebuah software, komputer hanya berupa mesin elektronik yang tidak bisa digunakan. Sehingga antara software dan hardware memiliki keterkaitan satu sama lain agar komputer bisa hidup dan dioperasikan oleh penggunanya.

 

Fungsi Software

Sebuah software berfungsi sebagai penyedia sistem operasi utama dan sistem operasi pendukung dalam komputer. Kemudian software akan mengatur hardware atau perangkat keras agar dapat bekerja secara responsif dalam menjalankan suatu perintah.

Selain itu, software juga berfungsi sebagai penerjemah bahasa pemrograman atau “perintah” dari software lainnya. Setelah bahasa pemrogaman tersebut elesai diintetifikasi, kemudian software akan meneruskannya pada hardware.

 

Jenis Software

Software memiliki beberapa macam jenis. Yang pertama adalah Operating System atau sistem operasi. Sistem operasi ini memiliki peran sebagai pengelola utama sumber daya komponen dalam komputer. Tanpa adanya sistem operasi, komputer tidak dapat menjalankan tugas apa-apa. Contoh sistem operasi diantaranya Windows, Linux, DOS, dan UNIX.

Jenis software yang kedua adalah Programming Language atau bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah sebuah format rumus yang berfungsi untuk menerjemahkan aplikasi pada program komputer. Bahasa pemrograman memberikan sebuah instruksi standar yang akan melibatkan sintak serta semantik. Contohnya adalah PHP, Java, dan Microsoft Visual Basic.

Selanjutnya adalah Application Program atau program aplikasi. Program aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan tugas secara spesifik. Misalnya untuk pekerjaan dalam bidang akuntansi, administrasi, presentasi, dan lain-lain. Contohnya yaitu Microsoft Office, MYOB, OpenOffice.org, dan masih banyak lainnya.

 

Klasifikasi Software Berdasarkan Distribusi

Selain pengertian software serta jenisnya, software juga memiliki klasifikasi berdasarkan pada proses distribusinya. Yang pertama adalah Freeware, yakni sebuah perangkat lunak yang bisa Anda miliki secara gratis. Namun biasanya, fitur pada perangkat lunak ini kurang lengkap sehingga tidak cocok untuk menjalankan tugas yang mendetail.

Selanjutnya yakni Adware, sebuah perangkat lunak atau software yang bisa Anda dapatkan secara gratis tetapi berisi iklan-iklan yang akan muncul pada layar monitor Anda. Ada lagi yaitu Spyware, software yang dirancang khusus untuk memantau aktivitas penggunanya. Beberapa orang justru menyalahgunakan spwyware dengan untuk mencuri data-data dari komputer lainnya.

Klasifikasi berikutnya yakni Open Source, software ini menyediakan sumber kode-kode yang dapat dirubah, ditingkatkan, atau bahkan disebarluaskan. Software ini bisa Anda dapatkan secara gratis namun dengan lisensi General Public License (GPL).

Terakhir adalah Shareware, yaitu sebuah software yang bisa didapatkan secara gratis namun dengan durasi waktu yang terbatas, biasanya sekitar 15 hari sampai 30 hari. Tujuannya adalah agar penggunanya bisa mencoba mengeksplorasi fitur-fitur yang tersedia. Kemudian pengguna harus merogoh kocek untuk mendapatkan fitur secara penuh dan waktu yang tidak terbatas.

 

Baca Juga : Karakteristik Software Untuk Komputer Yang Perlu Anda Tahu

 

Demikian pembahasan mengenai pengertian software, fungsi dan jenis-jenisnya. Dengan mengetahui secara detail tentang software maka wawasan Anda sebagai pengguna akan semakin bertambah. Selain itu juga dapat memudahkan Anda dalam menjalankan sistem komputerisasi.

Selain itu, Anda juga dapat memilah software mana yang tepat untuk kebutuhan pekerjaan Anda. Karena setiap profesi membutuhkan software yang berbeda-beda. Meskipun secara umum software tersebut sama-sama dapat menjalankan perintah tugas dari penggunanya.

Leave a Reply