Pengertian Speaker, Komponen, dan Jenis-jenisnya

Musik merupakan salah satu alternatif yang mampu merefleksikan fikiran. Dengan musik kita dapat mengenang beberapa memori terdahulu atau bahkan membangkitkan semangat baru untuk memulai hari. Di balik semua itu tak sedikit orang yang menggunakan speaker untuk menikmati alunan musik. Namun, tahukah Anda apa pengertian speaker sebenarnya? Yuk kita cari tahu.

 

Pengertian Speaker

Speaker merupakan perangkat transduser yang akan melakukan proses pengubahan sinyal elektrik menjadi frekuensi audio (suara) dalam cara kerjanya. Hal ini dilakukan dengan  menggetarkan komponennya yang memiliki bentuk selaput. Transduser sendiri memiliki arti sebuah alat yang dapat mengubah suatu bentuk daya menjadi bentuk daya lainnya dengan tujuan tertentu.

Transduser dapat berbentuk peralatan elektronik, elektromagnetik, elektromekanik, listrik, fotovoltaik, dan fotonik. Terkadang transuder juga memiliki pengertian suatu perlatan yang dapat mengubah suatu sinyal menjadi bentuk sinyal yang lain.

Terdapat beragam bentuk speaker, ada yang kotak, bulat, silinder, atau bahkan berwujud bentuk-bentuk unik seperti bentuk buah, hewan atau berbentuk karakter tokoh tertentu. Selain itu speaker secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu speaker aktif dan speaker pasif.

Speaker aktif merupakan speaker yang memiliki Amplifier di dalamnya. Speaker aktif hanya memerlukan kabel listrik tambahan untuk menghidupkan Amplifier yang terdapat di dalamnya.

Sedangkan speaker pasif merupakan speaker yang tidak memiliki Amplifier di dalamnya, sehingga memerlukan Amplifier tambahan untuk menggerakkannya. Selain itu level sinyal harus dikuatkan terlebih dahulu untuk menggerakkan speaker pasif.

 

Jenis-jenis Speaker

Terdapat bermacam jenis speaker, salah satunya adalah sub woofer. Jenis speaker sub woofer ini memiliki kemampuan frekuensi suara dari 20-200 Hz. Speaker ini memungkinkan kita untuk mendengarkan suara atau nada yang berfrekuensi rendah atau full bass dengan jelas.

Sub woofer dapat berfungsi dengan disambungkan pada speaker aktif pada komputer atau speaker mobil, pemasangan sub woofer memerlukan box yang terpisah dari speaker lainnya.

Selanjutnya adalah tipe Woofer. Jenis speaker ini memiliki kemampuan menghasilkan frekuensi yang cukup rendah dari 40-1000 Hz, sehingga suara yang dihasilkan menjadi ngebass. Jenis Woofer sangat banyak ditemukan, karena woofer merupakan jenis speaker aktif ruangan.

Jika ingin menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus, maka Anda dapat memasangkan speaker woofer pada box atau tweeter dan midrange.

Lalu, ada speaker 3 way dimana jenis ini memiliki 3 frekuensi yang berbeda, yakni rendah, menengah dan tinggi. Dapat dibilang ia memiliki kemampuan audio yang lebih lengkap serta mampu menghasilkan frekuensi dari 20 Hz – 20 Khz. Beberapa jenis speaker yang tergolong ke dalam speaker 3 way ialah, midrange, tweeter,  serta full range.

Dan terdapat pula jenis speaker 2 way, dimana jenis ini memiliki 2 sistem frekuensi yang tinggi dan rendah. Sehingga dalam penggunaannya perlu kita sambungkan dengan jenis speaker woofer dan tweeter.

 

Komponen speaker

Selain pengertian speaker, perlu kita ketahui tentang komponen speaker. Di dalam speaker terdapat beberapa komponen, seperti conus (sekat rongga). Conus berfungsi menghasilkan gelombang tekanan akibat gerakan udara di sekitarnya yang disebabkan oleh gerakan kumparan. Gelombang  inilah yang kita sebut dengan bunyi.

Selanjutnya, kita beralih ke membran. Komponen ini berfungsi menerima induksi dari magnet sehingga menghasilkan suara akibat dari getarannya. Selain itu, komponen lainnya ialah magnet yang berfungsi untuk menginduksi membran serta menghasilkan medan magnet.

Yang terakhir, ada juga komponen yang disebut kumparan. Kumparan memiliki fungsi mengalirkan energi gerak kepada conus. Perubahan magnet dalam speaker akan mengakibatkan kumparan bergerak sebagai akibat interaksi dengan medan konstan magnet.

 

Baca Juga : Macam-Macam Hardware dan Fungsinya Pada Komputer

 

Itulah uraian singkat mengenai pengertian speaker beserta jenis dan komponennya. Ulasan tersebut bisa menambah wawasan mengenai speaker yang mungkin selama ini kurang familiar diketahui secara rinci.

Leave a Reply