Pengertian SSD, Fungsi, dan Kelebihannya Dibanding HDD

Pengertian SSD, Fungsi, dan Kelebihannya – Tempat penyimpanan dalam komputer tentu merupakan komponen yang sangat penting. Jika sebuah komputer tidak memiliki sebuah perangkat penyimpanan maka untuk data-data proses tidak ada dan komputer tidak bisa dioperasikan.

Komputer mempunyai jenis-jenis storage atau perangkat penyimpanan yang bersifat permanen seperti hardisk dan bersifat sementara seperti RAM. Hardisk merupakan tempat penyimpanan tambahan untuk membantu proses dari RAM, Karena RAM sudah dibebankan dengan penyimpanan proses seperti aplikasi atau program yang sedang dijalankan.

Pengertian HDD atau Hard Disk Drive secara umum  adalah perangkat penyimpanan untuk sebuah komputer. Berfungsi untuk tempat penyimpanan data-data yang ada di komputer yaitu berupa data proses ataupun data seperti gambar, video, dokumen, dan lainnya.

Adapun tempat penyimpanan selain HDD adalah SSD, bedanya Hardisk memilki cara kerja dengan motor penggerak sedangkan SSD menggunakan piranti Integrated Circuit (IC). Untuk lebih jelasnya tentang apa itu SSD, akan dijelaskan lebih dalam di artikel pengertian SSD, Fungsi, dan kelebihannya dibanding dengan HDD.

 

Pengertian SSD dan fungsinya

Pengertian SSD

Solid State Drive atau disingkat SSD adalah sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sama seperti hardisk yaitu untuk tempat penyimpanan data yang ada di dalam sebuah komputer. Data tersebut berupa data sistem, gambar, dokumen, video, dan data lainnya

SSD merupakan perkembangan terbaru dari jenis perangkat penyimpanan seperti Hardisk. Memiliki cara kerja berbeda yaitu memilki interface berupa Integrated Circuit (IC)) dan menggunakan flash memory sebagai tempat penyimpanannya.

Sama seperti Hardisk, jenis memori yang ada di SSD adalah bersifat Non-volatile Memory, yang dimana data akan tersimpan secara permanen dan tidak akan hilang meskipun komputer tidak dioperasikan. Berbeda dengan RAM, data yang ada di memori akan hilang jika anda tidak lagi mengoperasikan komputernya.

 

Fungsi SSD

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SSD memiliki fungsi utama yaitu untuk tempat penyimpanan sebuah data berupa gambar, video, ataupun dokumen. Sama seperti hardisk juga, SSD bisa digunakan untuk tempat penyimpanan OS atau sistem operasi dan bisa menjadi Disk booting utama untuk menjalankan sebuah komputer.

Adapun jenis SSD yang Eksternal, biasanya menjadi tempat simpan backup data-data sistem yang nantinya bisa digunakan kembali ketika diperlukan. Tetapi para pengguna komputer lebih menggunakan SSD internal, karena memiliki kecepatan proses data yang lebih baik dari pada hardisk. SSD juga membantu performa dari proses kerja komputer.

 

Kelebihan dan Kekurangan SSD

Pengertian SSD

 

Setiap perangkat atau komponen yang ada di sebuah komputer pasti memiliki kelebihan dan Kekurangannya masing-masing. Adapun kelebihan dan kekurangan tersebut akan mempengaruhi kinerja dari proses jalannya komputer. SSD juga memiliki kelebihan dan tentunya kekurangan tersendiri. Berikut ini akan dipaparkan kelebihan dan kekurangan dari SSD dan perbandingannya dengan HDD

 

Kelebihan

SSD memiliki kecepatan proses dan transfer data yang lebih baik dibandingkan dengan jenis storage device lainnya. Karena SSD menggunakan sistem kerja Flash Memory untuk tempat penyimpanannya. Jika digunakan untuk Penyimpanan sistem operasi, SSD memilki kecepatan booting pada saat menyalakan komputer lebih cepat dan untuk proses start awal juga lebih cepat dibandingkan HDD.

Konsumsi daya baterai pada SSD ini tergolong rendah. Komputer yang menggunakan SSD akan memiliki daya nyala lebih lama ketimbang menggunakan Hardisk biasa, karena SSD hemat dalam pemakaian baterai.

Proses pada SSD tidak menggunakan alat bergerak atau motor untuk sistem kerjanya, ini membuat SSD memiliki kelebihan yaitu tidak adanya suara atau noise pada saat bekerja dan vibrasi atau getaran yang dihasilkan juga tidak terasa. Untuk suhu yang dihasilkan oleh SSD tidak sepanas dibandingkan dengan HDD. Dengan ini SSD memilki daya tahan dan pemakaian untuk jangka waktu yang sedikit lebih lama.

 

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, SSD juga mempunyai kekurangan yaitu untuk harga sebuah SSD dipasaran masih tergolong mahal apalagi untuk orang-orang menengah kebawah. Selain harga yang mahal, kapasitas yang diberikan juga tidak besar. Untuk hardisk yang berukuran 250 Gb saja anda harus merogoh kocek hingga 1jt rupiah. Dibandingkan dengan HDD yang memiliki kapasitas yang besar tetapi untuk harga yang lebih murah. Untuk harga 1jt rupiah anda bisa mendapatkan HDD yang berkapasitas hingga 1 TB.

Tetapi, disamping harganya yang mahal, SSD memiliki kualitas dan performa yang lebih baik dibanding HDD. Tergantung keinginan anda, jika memang ingin komputer berjalan secara cepat anda pilih SSD dan anda harus mengeluarkan budget lebih untuk membelinya. Jika memerlukan komputer berkapasitas besar, pilihlah HDD.

 

Baca Juga : Pengertian Hardisk Komputer dan Jenisnya Lengkap

 

Itulah pengertian SSD dan fungsinya beserta dengan Kelebihan dan kekurangannya. Kesimpulannya jika andaingin memiliki komputer dengan kinerja dan performa yang tinggi, disarankan untuk memilih SSD sebagai tempat penyimpanan utama. Semoga artikel ini bisa memberikan Anda informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply