Pengertian Teknologi Informasi, Fungsinya dan Sejarahnya

Pada era saat ini Anda tentu sering mendengar istilah teknologi informasi. Baik itu melalui berita, melalui media sosial, melalui televisi, maupun percakapan sehari-hari. Meskipun demikian pengertian teknologi informasi terkadang tidak dipahami secara baik. Seringkali dianggap teknologi informasi merujuk pada handphone atau komputer.

Namun sebenarnya teknologi Informasi apabila didalami pengertiannya bisa sangat mendalam. Istilah ini bisa dimaknai sebagai sebuah alat, maupun sebuah bidang ilmu. Supaya lebih jelas silahkan simak penjelasan berikut.

 

Pengertian Teknologi Informasi secara Kebahasaan

Sebagai pintu masuk memahami apa itu teknologi informasi akan dimulai membahasnya secara kebahasaan. Istilah “teknologi informasi” terbagi menjadi dua istilah “teknologi” dan “informasi”. Istilah “Teknologi” artinya sarana alat bantu kehidupan manusia, sedangkan “informasi” artinya pesan dari suatu simbol, atau bisa juga makna tafsiran dari sebuah pesan.

Secara perangkaian sederhana dapat dipahami bahwa teknologi informasi adalah sebuah sarana yang membantu kehidupan manusia terkait dengan penanganan informasi. Tentu penjelasan ini kurang begitu jelas, oleh sebab itu akan dijelaskan dengan penjelasan sejarah berikut.

 

Sejarah Teknologi Informasi

Awal mula manusia tukar menukar informasi melalui bahasa. Bahasa itu disampaikan melalui verbal (perkataan/suara) maupun non-verbal (gerakan tubuh/isyarat). Pesan dari informasi itu tersampaikan namun tidak dapat disimpan. Pada suatu keadaan tertentu pesan akan terlupakan oleh pendengarnya.

Lama-lama kebutuhan untuk menyimpan informasi, manusia mengembangkan cara dengan menggambar. Melalui gambar pesan diabadikan, dan bisa disampaikan kepada orang lain yang ada di kemudian hari. Perkembangan lebih lanjut gambar kurang begitu fleksibel, maka berkembanglah sistem penyimbolan bunyi ucapan yang dikenal dengan huruf.

Dengan adanya huruf dan angka pesan-pesan dari sebuah komunikasi dapat ditangkap dan diteruskan ke masa-masa yang berikutnya. Dengan dikenalnya kertas maka informasi beserta makna-makna pesannya dapat lebih bertahan lama.

Semakin lama peradaban semakin maju, berkembanglah perangkat-perangkat yang bisa digunakan untuk menyusun informasi, menyimpan informasi, menyampaikan dan mengelola informasi lebih baik. Mulai dari radio, televisi, komputer, handphone dan lain-lain. Dengan adanya teknologi tersebut sebuah pesan dapat lebih cepat tersebar dan lebih lama tersimpan.

 

Baca Juga : Pengertian Komputerisasi Dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

 

Teknologi Informasi Menurut Ahli

Dari penjelasan sejarah tersebut nampak bahwa teknologi informasi merupakan segala alat bantu hidup manusia yang dipergunakan untuk membuat, menyimpan, menyebarkan dan mengelola informasi. Pengertian ini sesuai dengan pendapat ahli seperti

1. Mc Keown

Pengertian Teknologi Informasi menurutnya adalah seluruh bentuk peralatan hidup manusia yang dipergunakan untuk menciptakan, mengubah, menyimpan dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya..

2. Information Technology Association of America (ITAA)

Organisasi ini mengartikan Teknologi Informasi sebagai sebuah proses dalam pengolahan, penyimpanan hingga penyebaran informasi baik dalam bentuk gambar, teks, vocal dan numerik dan sebagainya melalui mikro elektronika dengan basis kombinasi telekomunikasi dan komputasi.

 

Fungsi dan Komponen Teknologi Informasi

Fungsi daripada alat bantu pengelolaan informasi dapat dibagi antara lain: menangkap informasi, mengolah informasi, menghasilkan (mengenerate) informasi, menyimpan informasi, memanggil kembali informasi, dan mengirimkan informasi. Komponen sebuah teknologi informasi tidak hanya berupa benda kasar alias hardware, namun juga ada softwarenya.

Contoh dari perangkat teknologi informasi adalah smartphone. Smartphone tentu memiliki perangkat keras untuk menjalankan fungsinya mulai dari layar, memory, RAM, dll. Namun smartphone agar berfungsi dengan baik juga dilengkapi perangkat lunak, seperti Android, whatsapp, telegram, facebook, dan lain-lain.

 

Teknologi Informasi Sebagai Sebuah Ilmu

Berkembangnya sebuah peralatan pengelolaan informasi tentu dibarengi dengan perkembangan ilmu pengetahuannya. Dengan demikian teknologi informasi juga bisa dipahami sebagai sebuah disiplin ilmu. Pengertian teknologi informasi sebagai disiplin ilmu adalah bidang ilmu yang mempelajari alat-alat yang berfungsi untuk membuat, mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi.

Leave a Reply