Pengertian Telepon dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian telepon adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Kebanyakan telepon menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga terhubung dengan pengguna telepon lainnya. Berikut penjelasan sejarah dan perkembangan telepon di dunia :

 

Sejarah ditemukan Telepon

Selain mempelajari tentang pengertian telepon, akan dibahas juga terkait sejarah dan perkembangan telepon yang sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat era millennial.

Penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. Akan tetapi perlu Anda ketahui, para penemu mendebatkan siapa yang pertama kali menemukan telepon. Menurut para ahli sejarah, kandidat penemu telepon ada 6 tokoh. Antonio Meucci, Alexander Graham Bell, Johan Philip, Thomas Alfa Edison, Zenos Wilber, dan Elisha Grey.

Kemudian sesuai kesepakatan bersama yang terjadi pada tahun 1870-an, bahwa penemu telepon adalah Graham Bell. Keberhasilan Graham Bell dalam menemukan telepon tidak dilakukan sorang diri. Elisha grey berhasil mengirim sinyal elektrik melalui kabel. Sedangkan Johan Philip bertugas menyelesaikan telepon pertama yang belum berhasil.

Pada tahun 1879 penggunaan nomor pada sistem pemanggilan telepon dimulai. Sistem telepon dial mulai diperkenalkan pada tahun 1880 oleh Almond Brown Stroger. Pada tahun 1906 seorang penemu muda Lee De Forest mulai bekerja dan menemukan audio berupa tabung tiga elemen yang mampu memperkuat gelombang radio.

Kebutuhan komunikasi jarak jauh semakin dibutuhkan. Oleh karena itu dibuat satelit komunikasi pertama yang dikirimkan ke orbitnya pada tahun 1962 yang merupakan hasil kolaborasi antara NASA dan Perusahaan Bell.

Pada tahun 1980 terjadi pengembangan kabel jaringan fiber optic. Fiber optic menawarkan potensi untuk melayani volume panggilan yang lebih dibanding satelit dan gelombang mikro.

 

Cikal bakal telepon

Cikal bakal telepon dimulai dari telegraf. Telegraf pertama kali ditemukan oleh Natanio meucil (1871). Pada akhir tahun 1877 telepon pertama kali dibuat. Perusahaan Bell membuat 300 telepon electro-megnetic yang dapat digunakan.

Pada tahun 1981 telepon pertama kali menggunakan nomor dial yang bisa langsung secara otomatis terhubung dari penelepon ke operator. Tahun 1915  adalah pertama kalinya hadir telepon yang menggunakan sistem wireless. Layanan ini memudahkan penggunaan telepon lintas negara bahkan lintas benua.

 

Telepon komersial

Awalnya, telepon komersial pada tahun 1970-an dikembangkan oleh perusahaan AT&T untuk tujuan alat bantu perang. Namun, setelah perang berakhir, perusahaan tetap meneliti  dan mengembangkan ponsel tersebut untuk alasan komersial.

Perlahan, layanan yang ditawarkan pada ponsel tidak hanya berupa pesan teks. Namun, seiring berkembangnya teknologi, layanan tersebut bergeser menjadi pesan gambar dalam bentuk data (MMS).

 

Telepon genggam

Anda yang lahir sebelum tahun 90’an pasti tahu perkembangan telepon pada masa itu. Telepon genggam generasi pertama adalah handy talkie (1938). Sampai sekarang pun alat komunikasi seperti ini masih terkadang digunakan untuk berkomunikasi dalam satu area.

Telepon genggam generasi pertama adalah tipe Motorolla. Pada tahun 1983 DynaTAC mulai mempublikasikan produk telepon genggam generasi pertama dari Motorolla.

Telepon genggam generasi kedua dimulai pada tahun 1989 dimana ponsel berukuran sebesar saku mulai dipublikasikan. Ponsel flip pertama yang diberi nama micro TAC didesain dan dipublikasikan oleh Motorolla.

Telepon genggam generasi ketiga adalah ponsel berbasis teknologi 3G pertama. Pada tahun 2001, Apple meluncurkan iPhone dengan inovasi berupa ponsel dengan layar sentuh dengan mengadopsi teknologi 3G.

Selanjutnya pada telepon genggam generasi keempat adalah ponsel dengan layar sentuh yang sudah mengusung teknologi 4G pada akhir tahun 2009. Sedangkan teknologi 4G LTE baru dalam masa percobaan di negara lain. Di Indonesia teknologi 4G LTE baru diluncurkan pada akhir tahun 2010.

 

Baca Juga : Pengertian Aplikasi, Fungsi, dan Klasifikasinya

 

Setelah mengetahui pengertian telepon beserta sejarahnya kini Anda bisa menambah wawasan tentangnya. Dan sejarah itulah yang melatarbelakangi adanya berbagai smartphone canggih di zaman ini.

Leave a Reply