Pengertian VGA Card dan Fungsinya Pada Sebuah Komputer

Pengertian VGA Card dan Fungsinya – Komputer saat ini sudah memilki banyak sekali pengguna. Tidak hanya untuk menunjang pekerjaan kantor ataupun sekolah, kini sudah banyak muncul komputer-komputer yang memiliki fungsi lebih seperti komputer untuk desain, videografi atau pun untuk gaming.

Komponen yang ada pada sebuah komputer memiliki fungsi tersendiri, peran masing-masing komponen ini menunjang jalannya sebuah komputer. Seperti CPU yaitu proses utama komputer, Hardisk tempat penyimpanan data, memori untuk menyimpan proses, dan lainnya.

Pada komputer khusus seperti komputer gaming haruslah memiliki spesifikasi yang tinggi. Untuk menjalankan sebuah game yang memilki grafik yang tinggi, komputer yang digunakan haruslah sesuai atau mengimbangi dari kinerja game tersebut. Sebagai pembantu melakukan proses garfik pada komputer, dibuat lah sebuah komponen yang bernama VGA.

Pada artikel ini akan dijelaskan salah satu komponen penting untuk menunjang grafik pada sebuah komputer yaitu VGA. Berikut ini adalah Pengertian VGA Card dan Fungsinya pada sebuah komputer.

 

Pengertian VGA

Pengertian dan Fungsi VGA Card Pada Sebuah Komputer

VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array yaitu sebuah perangkat keras yang memiliki kegunaan untuk melakukan rendering atau pemrosesan data output berupa visual atau grafik yang ditampilkan pada layar monitor atau layar komputer. VGA card juga biasanya disebut oleh para pengguna komputer sebagai kartu grafis.

Dengan adanya VGA card ini, pengguna dimudahkan untuk mengoperasikan sebuah komputer melalui tampilan visual. Jika tidak ada VGA, anda tidak bisa melihat gambar, video, atau data visual lainnya pada komputer. Tanpa VGA anda sama saja menggunakan komputer dengan menutup mata.

Pada sebuah komputer biasanya VGA Card sudah tertanam didalamnya, lebih tepatnya ditanam atau dipatri pada Motherboard (CPU). VGA card yang ada pada motherboard disebut on-board video sedangkan VGA card yang ada pada CPU disebut accelerated processing unit (APUs).

Selain daripada VGA yang sudah tertanam pada CPU atau Motherboard, biasanya pada sebuah komputer sudah menyediakan slot VGA. Dengan adalanya slot ini, pengguna bisa menambah atau mengupgrade komputer untuk mempercepat performa grafiknya.

 

Fungsi VGA Card

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian VGA diatas, VGA card memiliki fungsi yaitu untuk menerjemahkan atau memproses data visual yang akan dikeluarkan dan dikirimkan kepada layar monitor. Data Visual ini berupa garfis tampilan seperti gambar 2D, 3D, ataupun video.

Pada komponen VGA ini terdapat memori RAM, pendingin, dan CPU yang terpisah dari yang ada pada komputer. Sehingga, dengan adanya VGA ini komputer yang anda gunakan memiliki performa sistem grafis yang lebih baik.

VGA tambahan akan sangat berguna jika anda adalah desainer ataupun gamer. Karena, dengan adalanya VGA tambahan ini, aplikasi editing dan game yang dimainkan akan semakin optimal dan memilki performa yang cepat. Semakin tinggi spesifikasi dari VGA card yang anda miliki, akan semakin cepat juga performa komputer anda.

 

Bagian-Bagian VGA Card

Pengertian dan Fungsi VGA Card Pada Sebuah Komputer

Didalam VGA Card terdapat beberapa bagian atau komponen sebagai penunjang dan pembantu jalannya proses. Berikut ini adalah bagian-bagiannya :

 

1. Graphics Processing Unit (GPU)

GPU adalah bagian yang ada pada VGA yang memilki fungsi sebagai pengolah data visual yang akan dikirim ke layar monitor. GPU juga biasa disebut Visual Processing Unit atau VPU. Memiliki kegunaan lain yaitu untuk memanipulasi data dengan cepat dan memodifikasi memori untuk mempercepat pemrosesan gambar.

2. Video Memory (VRAM)

Hampir sama dengan RAM komputer, Video Memory atau VRAM ini memiliki fungsi yaitu sebagai tempat penyimpanan sementar. Perbedaannya, VRAM hanya menyimpan data berupa grafik visual. VRAM High end biasaanya memiliki keunggulan dan kecepatan yang lebih baik dibanding dengan RAM komputer biasa.

3. Pendingin (Heat sink)

Untuk mengurangi panas kerjanya, VGA dilengkapi dengan pendingin atau Heat sink yang dilengkapi dengan fan. Pendingin ini berguna untuk melakukan proses pengeluaran udara panas untuk menjaga suhu yang ada pada VGA card.

 

Baca Juga : Tips Bermain Game Berat Di PC/Laptop Kentang

 

Itulah pengertian VGA dan fungsinya beserta bagian-bagiannya. VGA bisa menjadi perhatian penting pada saat anda ingin membeli sebuah komputer. Semakin baik VGA yang ada dikomputer, maka samakin bagus juga kualitas dan performanya. Semoga artikel ini membantu anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply