Pengertian Virtual Box, Fungsi, dan Manfaatnya

Pernahkah anda mendengar istilah Virtual Box? Taukah anda apa fungsi dari Virtual Box?. Pengertian Virtual Box secara singkat adalah sebuah software virtualisasi yang bertugas untuk menginstall sebuah operating sistem. Kata virtualisasi disini mengandung makna mengubah atau mengkonversi dari bentuk nyata ke bentuk simulasi.

 

Mengenal Pengertian Virtual Box

Virtual Box ini memberikan kemudahan buat anda yang ingin menginstall kembali sistem operasi pada laptop atau PC tanpa harus menginstall ulang perangkat tersebut. Virtual Box bekerja dengan cara membuat sebuah ruangan yang diambil dari ruang kosong pada baseOS dan nantinya ruangan ini akan dijadikan guestOS. GuestOS ini mencakup VGA, Core Process, dan RAM. Namun, ruangan ini hanya bisa digunakan saat GuestOS berjalan saja.

Virtual Box ini pertama kali dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Jerman bernama Innotek GmbH. Namun  pada tahun 2008, perusahaan ini sudah diakuisisi oleh Sun Microsystem. Dengan adanya Virtual Box, anda dapat belajar menggunakan komputer tanpa takut rusak.

 

Fungsi Lengkap Virtual Box

Untuk menambah ulasan mengenai pengertian Virtual Box, berikut fungsi lengkap dari Virtual Box:

  1. Sebagai pengganti fisik dari PC.
  2. Bisa menjadikan uji coba operating system yang masih baru dirilis atau baru dalam tahap uji coba.
  3. Dengan adanya Virtual Box, anda bisa mencoba menggunakan operating sistem yang berbeda dari operating sistem utama.
  4. Dapat dijadikan ajang untuk mencoba membuat sebuah simulasi jaringan yang baru.
  5. Dapat digunakan untuk mencoba menguji keamanan pada sebuah OS ataupun website.
  6. Mencoba banyak operating sistem dengan hanya satu base OS.
  7. Bisa dijadikan sebuah Virtual Server atau VPS.
  8. Dapat digunakan untuk melakukan test keamanan pada komputer seperti menginstall virus pada GuestOS.

 

Manfaat Virtual Box

Virtual Box ini memiliki beragam versi. Seperti VirtualPC milik Microsoft, QEMU Emulator, Vmware dan masih banyak lagi seri lainnya. Virtual Box ini memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya:

  1. Sangat berguna untuk para pemula yang baru belajar untuk menginstall Sistem Operasi. Hal ini bisa dilakukan tanpa harus mengcopy atau mengubah apapun yang ada di hardisk.
  2. Dapat dijadikan uji coba atau simulasi tanpa harus takut kehilangan sistem yang ada di komputer.
  3. Untuk menginstall beberapa versi operating system, anda tidak akan dikenai biaya sedikitpun alias gratis tanpa harus membuatnya permanen di hardisk.
  4. Dengan adanya Virtual Box, anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk memakai banyak operating system sekaligus.

 

Tips Membuat Virtual Box

Setelah mengetahui manfaat dari Virtual Box, mari simak tips yang bisa dilakukan untuk membuat kualitas virtualisasi menjadi lebih baik.

  1. Dalam virtualisasi operating sistem, perlu melakukan pengaktifan fitur USB removable disk.
  2. Virtualization akan semakin mudah jika ruang pada hardisk semakin besar. Hal ini dikarenakan setiap kali anda menginstall VDM Virtual Box ruang pada hardisk akan berkurang hingga beberapa giga bytes tergantung jenis OS yang anda gunakan. Dengan berkembangnya teknologi, hardisk-hardisk masa kini sudah memiliki ruang yang jauh lebih besar.
  3. Untuk membagikan data dari OS Host ke OS Guest, gunakanlah shared folder. Biasanya, virtualization software mendukung adanya fitur ini.

 

Baca Juga : Kelebihan Windows 10 Dibandingkan Versi Lainnya

 

Demikianlah ulasan mengenai pengertian Virtual Box, manfaat dan fungsi lengkapnya. Virtual Box akan sangat bermanfaat bagi anda yang masih baru dalam dunia teknologi dan informasi. Dengan adanya Virtual Box ini, anda dapat membuat simulasi operating sistem tanpa harus khawatir terjadi hal yang buruk pada laptop atau PC anda. Semoga informasi diatas dapat membantu anda lebih paham mengenai Virtual Box.

Leave a Reply