Pengertian Virus Komputer, Jenis Dan Cara Menghindarinya

Kali ini akan dibahas mengenai pengertian virus komputer beserta jenis dan cara menghindarinya. Sebagai pengguna komputer Anda wajib mengetahui ini. Sebab virus komputer yang tidak dideteksi dapat membuat perangkat lunak Anda rusak, komputer Anda berhenti bekerja bahkan beberapa kasus ada yang merusak perangkat keras komputer.

 

Mengenal Pengertian Virus Komputer

Virus komputer pada dasarnya adalah sebuah program jahat yang memiliki kemampuan untuk menduplikasi diri dan menyusup masuk ke dalam komputer lain. Cara kerjanya sangat mirip seperti virus pada mahluk hidup namun ini di komputer.

Saat berada di komputer lain virus bisa masuk ke file-file, merusak file sehingga membuat Anda merasa terganggu. Selain itu bisa membuat komputer bekerja lebih kersa sehingga terasa lambat. Bahkan ada yang mampu memaksa kerja lebih keras sehingga merusak perangkat keras. Ada juga virus yang mampu mencuri data dikirimkan pada pembuatnya.

 

Jenis Virus Komputer

Setelah membahas pengertian virus komputer, perlu diketahui bahwa jenis virus ini cukup banyak. Masing-masing jenis pun memiliki cara merusak yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis virus yang ada.

  • Worm

Kemampuan virus ini adalah menggandakan diri. Worm akan menggandakan diri sebanyak mungkin di dalam hardisk, sampai-sampai hardisk sangat penuh, dan tidak berfungsi dengan baik.

  • Trojan

Trojan ini sangat populer dan berbahaya. Memiliki kemampuan untuk mengambil data pemilik komputer yang dimasuki, setelah masuk ke dalamnya data dikirimkan ke pembuat virus.

  • Backdoor

Virus ini juga sangat-sangat berbahaya. Virus ini bekerja hampir sama seperti trojan, namun yang membuat virus ini lebih berbahaya adalah tampilan virus ini seolah tidak berbahaya. Backdoor seringkali nampak seperti file biasa yang tidak mencurigakan.

  • Spyware

Namanya aja spy jadi inti dari virus ini adalah memata-matai. Spyware ini  memiliki kemmapuan memata-matai. Adanya spyware dalam komputer membuat aktifitas kita dikomputer dapat diketahui pembuat spyware ini. Data-data transaksi keuangan elektronik bisa-bisa terlacak oleh pembuat spyware ini.

  • Rouge

Virus ini adalah virus yang seolah-olah seperti antivirus. Virus ini bertindak dan beraktivitas seperti antivirus, seperti memberikan peringatan palsu mengenai adanya virus, padahal tidak. Bahkan Rouge bisa membuka celah keamanan komputer dan justru memasukkan virus ke daamnya.

  • Rootkit

Rootkit ini adalah virus yang menyerupai file sistem root dalam komputer sehingga sulit dideteksi.

 

Cara Menghindari Virus Komputer

Terdapat banyak cara untuk menghindari virus yang bisa anda praktekan. Cara – cara ini dapat meminimalisir bahaya virus terhadap komputer anda. berikut beberapa caranya

 

1. Jangan Menerima File Dari Pihak Yang Tidak Dipercaya

Transfer file biasa terjadi, namun jangan sampai Anda mentransfer file dari pihak yang tidak terpercaya atau pihak yang tidak dikenal. Hal yang sering terjadi adalah mengunduh file di internet. Padahal banyak pembuat virus menyebarkan file-filer berisi virus di internet.

Saat hendak mentrasfer pastikan dari perangkat yang tidak terinfeksi. Selain itu saat mengunduh pastikan dari sumber yang dipercaya. Perilaku tersebut akan mengurangi resiko komputer Anda terjangkit virus.

 

2. Gunakan Antivirus Yang Terpercaya Dan Rajin Update

Software Antivirus komputer adalah hal wajib yang harus ada disetiap perangkat. Proses tranfer dan mengunduh file pasti tidak terhindarkan, sehingga jalan untuk mencegah masuknya virus adalah membentengi komputer kita dengan antivirus yang terpercaya. Pastikan antivirus yang Anda gunakan memang berasal dari pengembang yang terpercaya. Rajin-rajinlah melakukan update antivirus. Untuk memastikan virus baru tidak menjangkiti kmputer Anda.

 

3. Gunakan OS Yang Lebih Jarang Virusnya

Virus lebih banyak berkembang di OS windows.Ini dikarenakan windows lebih banyak digunakan orang, sehingga lebih banyak juga programmer yang mengusainya. Programmer-programmer yang tidak betanggungjawab dapat membuat program virus yang bekerja di windows. Berbeda dengan Linux, yang sangat jarang sekali ada virus yang dibuat dalam untuk OS ini.

 

Baca Juga : Pengertian Spyware, Sejarah, Cara Kerja dan Bahaya Spyware

 

Itulah penjelasan mengenai pengertian virus komputer, jenis dan cara menghindarinya. Virus sangat berbahaya bagi komputer sehingga Anda wajib untuk mencegah jangan sampai menjangkiti komputer Anda. Lakukan langkah pencegahan di atas agar Anda terhindar dari virus komputer.

Leave a Reply