Pengertian Virus Ransomware Beserta Jenis-Jenisnya

Sejak beberapa tahun belakangan ini produk virus dengan jenis ransomware benar-benar merepotkan. Bukan hanya terjadi pada skala komputer pribadi saja, akan tetapi pada penggunaan komputer yang benar-benar berskala besar pun bisa terdampak ransomware. Beberapa pengertian virus ransomware ini memang menarik. Sehingga ada banyak informasi bisa kita gali dari virus satu ini.

Pada kenyataannya serangan virus ransomware ini memberi banyak dampak pada perangkat hardware dan juga software. Kemudian pada kriterianya, ransomware ini jelas masih jarang mengincar target individual. Untuk itulah akses paling sering dari virus ini adalah email ataupun situs website. Lalu seperti apa pengertian dari virus ransomware ini kemudian seperti apa jenis-jenisnya?.

 

Pengertian Virus Ransomware

Pengertian Virus Ransomware

Pertama akan kita ulas seputar pengertian ransomware ini. Karena memang dari pengertiannya memberi informasi mengenai salah satu jenis malware yang tujuannya meminta tebusan kepada para korbannya. Ransom berarti tebusan, kemudian malware adalah akses ke dalam software. Sehingga ransomware ini pada intinya adalah cara untuk mengacaukan berbagai jaringan email ataupun website.

Biasanya ransomware ini akan mengincar sebuah instansi besar baik itu rumah sakit ataupun beberapa instansi pemerintahan. Tujuannya adalah meminta tebusan dalam jumlah nominal cukup besar. Bahkan pembuat ransomware ataupun hacker ini tidak segan-segan untuk membeberkan semua data dari tempat yang dirserang. Maka dari itu ada beberapa jenis ransomware yang wajib Anda ketahui juga seperti berikut.

 

Jenis Locker Ransomware

Locker ataupun non enkripsi dari ransomware satu ini benar-benar memberi akses terbuka dan paling banyak digunakan untuk melakukan serangan terhadap email ataupun website. Kemudian dari akses non enkripsi akan menggunakan akses lock screen langsung ke resources yang ada dalam perangkat PC komputer. Setelah layar terkunci, pelaku akan meminta jumlah tebusan kepada korbannya.

Jika nantinya tebusan tidak segera dibayarkan, maka dari hak akses korban tidak bisa dilakukan dengan lancar. Untuk itulah pada versi locker ransomware ini sungguh sangat merepotkan. Sehingga cara satu-satunya menghindari ransomware satu ini yakni dengan melakukan pengamanan lebih ketat pada akses website ataupun email sebuah instansi.

 

Jenis Crypto Ransomware

Berikutnya informasi selain pengertian virus ransomware adalah tipe crypto ransomware. Berbeda dari locker ransomware dimana jenis crypto ini masih masuk dalam golongan enkripsi. Sehingga crypto ransomware ini menjadi jenis paling banyak digunakan terutama untuk kasus kejahatan cyber. Kemudian dari ciri khasnya adalah mengenkripsi file penting yang ada di dalam PC komputer.

Nantinya para pelaku tetap melakukan hal sama yakni meminta tebusan berupa uang. Jika tidak diberikan tebusan dalam waktu cepat, maka hacker tidak akan memberikan akses kunci deskripsi pada email ataupun website.

 

Jenis Scareware

Masih ada jenis ransomware yang juga banyak dijumpai akhir-akhir ini yakni Scareware. Menariknya scareware ini berupa perangkat lunak palsu. Nantinya software palsu tersebut akan berperan sebagai antivirus ataupun sering disebut program pembersih komputer. Akan tetapi pada kenyataannya scareware ini justru memberi ancaman untuk tetap meminta sejumlah uang untuk bisa memperbaikinya.

Hal ini terjadi karena scareware ini banyak disalahgunakan untuk tujuan kriminal. Maka dari itu cara paling tepat untuk bisa menghindari scareware adalah berhati-hati dan tidak mengunduh software secara asal-asalan di dunia maya.

 

Baca Juga : Pengertian Deep Web, Sejarah dan Cara Mengaksesnya

 

Sudah jelas bukan apa itu pengertian virus ransomware yang baru-baru ini masih hangat diperbincangkan di berbagai instansi. Setelah mengetahui bahaya tersebut, Anda bisa pelajari bagaimana cara menghindarinya, dan paling penting adalah memperkuat jaringan website dan keamanan email Anda.

Leave a Reply