√ Pengertian VPN adalah? Berikut Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Pengertian VPN dan Fungsinya – Ketika anda menjelajahi dunia internet, patut diperhatikan keamanan komputer atau smartphone anda. Dunia digital saat ini, untuk para penjahat-penjahat online sudah dimudahkan dengan banyaknya celah yang bisa dibobol. Untuk mengatasi hal tersebut anda haruslah berhati-hati dalam berselancar di internet.

Adapun VPN yang bisa anda gunakan untuk meminimalisir terjadinya kebobolan data-data digital yang ada di internet. Untuk lebih jelas mengenai VPN, dalam artikel ini akan dipaparkan pengertian VPN, fungsi, cara kerja, dan manfaatnya.

 

Pengertian VPN

Pengertian VPN

Apa itu VPN? merupakan singkatan dari Virtual Private Network. VPN adalah sebuah alat atau ekstensi yang bisa anda gunakan untuk beraktifitas di internet menggunakan server private atau pribadi yang sudah disediakan.

VPN biasa digunakan untuk melakukan penjelajahan internet secara aman. Dengan menggunakan VPN ini, anda akan disembunyikan pada saat aktifitas di internet karena sifatnya yang pribadi. IP pengguna akan disamarkan dan diubah secara otomatis dengan IP penyedia VPN, sehingga anda sebagai pengguna tidak akan dikenali karena lokasi anda tidak diketahui.

Pada saat anda menggunakan atau mengaktifkan VPN, IP Adress komputer atau gadget dan lokasi anda akan tersamarkan. Ini berfungsi untuk melindungi anda terhadap serangan-serangan digital seperti hacker.

 

Baca Juga : Macam-Macam Sistem Operasi Smartphone Selain Android

 

Fungsi VPN

Pengertian VPN

VPN memiliki fungsi utama yaitu untuk mengamankan anda dalam beraktifitas di internet. Selain fungsi utama tersebut, VPN memiliki beberapa fungsi yang bisa dibagi menjadi tiga, yaitu confidentially (kerahasiaan data) , data integrity (Keutuhan Data), dan authentication (autentikasi sumber). berikut ini penjelasannya dari tiga fungsi VPN.

 

1. Confidentially (Kerahasiaan Data)

Pada saat anda menggunakan data internet publik seperti wifi, untuk kemanan pada komputer atau gadget anda akan mudah disusupi dan terjadinya pencurian data. confidentially, yaitu fungsi dari VPN yang dimana dapat digunakan sebagai alat pengaman untuk anda ketika menggunakan internet dipublik.

VPN akan mengenskripsi data pada komputer atau gadget anda kedalam sistem yang ada di VPN tersebut. Maka dari itu, ketika anda menggunakan VPN, data-data yang ada akan dijamin kerhasiaannya.

 

2. Integrity (Keutuhan Data)

Fungsi lain dari VPN adalah menjaga keutuhan data (Integrity) pada saat menjelajahi internet. Dalam sistem VPN terdapat teknologi yang berfungsi untuk menjaga keutuhan informasi  pada saat data dikirim hingga sampai pada penerima atau tujuan. Dalam pengiriman data tersebut, VPN memiliki peran sebagai penjaga yang memastikan data tidak hilang, rusak, atau bahkan dimanipulasi.

 

3. Authentication (Autentikasi Sumber)

Maksud dari Autentikasi sumber adalah, VPN memiliki fungsi sebagai mengotentifikasi data yang masuk. Yang dimana data akan diperiksa pada saat proses pengiriman dan dipastikan bahwa data tersebut berasal dari sumber utama pengirim. Ini membuat peroses pengiriman data menjadi aman.

 

Cara Kerja VPN

Pengertian VPN

VPN memiliki cara kerja yaitu membuat jaringan diatas jaringan lainnya yang bisa disebut Tunneling. Yang dimana tunneling merupakan sebuah jalur jaringan yang bersifat private atau pribadi yang memanfaatkan jaringan yang lainnya. Sebelum anda memasuki internet, ketika menggunakan VPN, anda akan terhubung terlebih dahulu dengan ISP (Internet Service Provider).

Pada saat anda menggunakan VPN untuk menjelajahi internet, maka VPN akan bekerja sebagai pengeskripsi data. Dengan enskripsi data tersebut, data komputer atau gadged hanya diketahui oleh pengguna dan penyedia server VPN saja.

Alamat IP yang terbaca pada saat anda mengaktifkan VPN adalah alamat IP yang ada di server VPN. Mislanya saja anda berada di indonesia, jika mengaktifkan VPN lokasi anda akan berubah mengikuti server VPN yang dipakai, misalnya Amerika. Maka, alamat IP dan lokasi yang terlihat berada di Amerika.

 

Manfaat dan Kegunaan VPN

Pengertian VPN

Banyak manfaat dan kegunaan dari VPN, salah satunya sebagai alat untuk mengunjungi sebuah website yang terblokir oleh pemerintah. Jika anda menggunakan VPN, Website yang terblokir tadi akan langsung bisa terbuka, karena untuk alamat IP yang terbaca bukan berasal dari negara pengguna.

Selain itu, VPN juga memiliki kegunaan sebagai alat Remote accsess, yang bisa anda gunakan untuk mengakses komputer dimana saja asalkan terhubung dan terkoneksi dengan internet. VPN juga berguna sebagai alat pengaman ketika anda ingin browsing dan berselancar di dalam internet menggunakan jaringan publik.

 

Baca Juga : Pengertian Modem dan Fungsinya

 

Itulah pembahasan tentang pengertian VPN, fungsi, cara kerja, dan manfaatnya. VPN adalah sebuah alat yang bisa anda gunakan untuk mempermudah dalam beraktifias di internet. Pengamanan dan penjagaan yang ketat menjadikan VPN sebagai alternatif ketika anda ingin mengindari masalah yang ada di internet. Sekian, semoga artikel diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply