Pengertian VPS, Kelebihan Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian VPS  yang merupakan singkatan dari Virtual Private Server adalah salah satu jenis layanan hosting yang menyediakan ruang pribadi untuk Anda dalam bentuk server virtual atau tidak nyata. Pada kenyataannya Anda memang harus berbagi server fisik dengan user yang lain, namun VPS membuat Anda merasa seperti memiliki satu server fisik sepenuhnya.

 

Hal ini dikarenakan VPS menggunakan teknologi virtualisasi server berdasarkan server fisik dan VPS sendiri terinstal hingga pada level OS di setiap komputer. Pembagian server fisik tersebut hampir sama prinsipnya dengan partisi hardisk yang terdapat di komputer.

 

Kelebihan VPS

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh VPS adalah setiap server virtual tidak akan berpengaruh pada kinerja server virtual yang lain yang masih berada dalam satu server fisik. VPS akan membagi porsi masing-masing sesuai dengan pengaturan yang dijalankannya sehingga Anda tidak perlu khawatir jika website menerima lonjakan traffic sekaligus.

Tidak hanya itu, VPS juga memberikan privasi terhadap file system Anda. Sehingga server yang lain tidak dapat melihat data-data penting yang Anda miliki meskipun berada dalam satu server fisik. Bahkan, Anda dapat menjalankan sistem operasi pribadi seperti yang Anda inginkan dan melakukan rebooted server secara individual.

Saat ini, VPS banyak digunakan oleh para pemilik website dengan traffic yang tinggi dan sudah melampaui batas penggunaan Shared Hosting, namun belum membutuhkan resource dari dedicated server. Dalam hal ini, VPS merupakan alternatif sebelum pemiliki website benar-benar membutuhkan satu Dedicated Server penuh.

 

Jenis-jenis Virtual Private Server (VPS)

Sebagaimana pengertian VPS yang tidak hanya banyak digunakan oleh pengguna website, tetapi juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan Web Server Software, Mail Server Program, File Transfer Protocol, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis VPS yang terkenal dan wajib untuk Anda ketahui, yaitu OpenVZ dan KVM.

 

1. Open VZ

Jenis VPS yang paling sering ditemui adalah provider yang menawarkan OpenVZ. Sebenarnya, virtualiasasi VPS jenis ini tidak utuh, dan masih dan masih ada beberapa komponen yang digunakan bersaman pada seluruh VPS dalam satu server.

Open VZ memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah memiliki harga yang murah, bahkan bisa dikatakan yang termurah untuk VPS dengan spesifikasi yang sama dengan teknologi virtualisasi yang berbeda.

Secara keseluruhan, VPS ini lebih hemat penggunaan memorinya karena terdapat beberapa komponen yang dapat digunakan secara sharing.

Selain kelebihan, Open VZ juga memiliki kekurangan. Di antaranya tidak bisa diinstal Windows, karena bukan merupakan virtualisasi sejati. Data VPS pun dapat diakses langsung, sehingga kerahasiaan dan privasi pelanggan hanyalah masalah kepercayaan saja.

Di samping itu ada juga risiko dimana satu server digunakan untuk hosting VPS yang melebihi kapasitasnya cukup besar.

 

2. KVM (Kernel-based Virtual Machine)

KVM adalah singkatan dari Kernel-based Virtual Machine yang menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin lebih bebas dalam menggunakan VPS. KVM merupakan teknologi virtualisasi penuh sehingga tidak ada yang dibagi dengan tetangga.

Sama halnya dengan jenis VPS sebelumnya, KVM juga memiliki beberapa kelebihan, diantaranya, KVM merupakan solusi bagi Anda yang perlu menginstall Windows. KVM juga menjadi solusi bagi Anda yang ingin menginstall keluarga sistem operasi BSD. Data yang tersimpan di dalam VPS sendiri tidak dapat diakses langsung oleh provider.

Namun, tetap saja KVM juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya, rata-rata KVM memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan VPS yang berteknologi virtualisasi lain dengan spesifikasi yang setara. Sehingga tidak mudah untuk menciptakan VPS banyak-banyak. Selain itu, penggunaan RAM sedikit lebih besar karena merupakan virtualiasasi penuh.

 

Baca Juga : Macam-macam Bahasa Program dan Penjelasannya

 

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian VPS dan jenis-jenisnya. Jika Anda sering mendengar istilah ini dan belum tahu seluk beluknya, maka informasi di atas sangat penting untuk disimak.

Leave a Reply