Pengertian Web Proxy, Cara kerja, Fungsi Dan Jenisnya

Dalam dunia teknologi jaringan, tentunya beberapa orang pernah mendengar kata “web proxy”. Meskipun begitu, tak semuanya orang tahu dan mengerti akan pengertian dari web proxy di sini. Lantas, apa itu web proxy?. Dalam hal ini kita akan sedikit membahas tentang pengertian web proxy, fungsi, cara kerja serta jenis-jenisnya. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya mengenai web proxy tersebut.

 

Pengertian Web Proxy

Arti dari web proxy sendiri adalah sebuah website yang basisnya proxy server dan memiliki tugas untuk bertindak sebagai perantara untuk melakukan ataupun menerima request terhadap sebuah kontent kepada jaringan intranet maupun internet. Sedangkan untuk proxy server memiliki peran sebagai gateway atau jembatan dari setiap komputer klien yang nantinya membutuhkan respon dari server.

Dalam hal ini mikrotik memiliki fitur-fitur web proxy yang bisa di pergunakan sebagai proxy server sehingga nantinya mempermudah sebagai jalur perantara antara web server pada internet dengan browser user. Jadi keberadaan dari web proxy di sini sangatllah penting sebagai jalur perantara untuk memudahkan klien dalam memperoleh informasi yang di cari dan telah disediakan oleh server tersebut.

 

Cara Kerja Dari Web Proxy

Ketika Anda membuka web browser, tentunya terdapat beberapa hal yang ingin di ketahui di dalamnya. Jika suatu situs telah di buka, maka situs browser tersebut akan mengirimkan sebuah HTTP request atau permintaan ke web server. Namun sebelum sampai langsung ke web server, HTTP request tersebut di terima terlebih dahulu oleh web proxy karena komputer secara otomatis menggunakan web proxy.

Setelah itu, proxy yang menerima request tersebut akan membuat HTTP request baru atas namanya sendiri dan ditujukan langsung ke web server. Dari sinilah HTTP dari proxy diterima oleh web server dan selanjutnya server memberikan HTTP response. Web proxy akan kembali menerima perintah tersebut dan selanjutnya di teruskan kepada browser user yang tadinya telah melakukan permintaan request.

 

Fungsi Dari Web Proxy

Selain mendalami akan pengertian web proxy, Anda juga wajib tahu akan fungsi dari web proxy itu sendiri seperti apa. Fungsi utama dari web proxy sendiri adalah dapat menyembunyikan identitas rahasia asli. Untuk tahapan keamanan, web proxy tidak akan menampilkan informasi identitas asli dari user sehingga tidak di ketahui oleh orang lain. Selain itu fungsi selanjutnya adalah browsing secara rahasia.

Internet memang pintar dalam menjaga kerahasiaan alamat IP, bahkan terutama bagi  beberapa orang yang mempunyai IP statis atau alamat IP-nya tidak bisa di ubah-ubah. Dan selain itu juga dapat mengirimkan perihal sesuatu secara aman dan rahasia. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan mengirimkan sesuatu ke orang lain karena hal tersebut di jaga secara rahasia tanpa sepengetahuan orang lain.

 

Jenis-Jenis Web Proxy

Dalam hal ini jenis-jenis web proxy terdapat 4 jenis di antaranya adalah Anonymous proxy. Proxy yang satu ini memiliki tugas untuk memberikan sebuah informasi mengenai komputer pengguna atau klien. Kemudian terdapat high anonymity proxy yang tidak menyediakan sebuah alamat ip original atau asli dan tidak mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server. Selain itu juga terdapat transparent proxy.

Transparent proxy sendiri merupakan salah satu jenis proxy yang bertugas melanjutkan permintaan dari pengguna ke sumber tanpa harus menbuka informasi identitas dari si pengguna tersebut. Dan yang terakhir adalah reverse proxy, di mana sebuah proxy yang di gunakan untuk mencegah adanya klien terhubung langsung dengan informasi atau data yang sensitif.\

 

Baca Juga : Cara Membuat HP Menjadi Modem

 

Tindakan Dari Adanya Proxy

Di sisi lain dari pengertian web proxy, adapun beberapa tindakan web proxy yang dapat Anda ketahui. Seperti halnya dapat meningkatkan keamanan serta privacy dari pengguna internet, jadi Anda tidak perlu khawatir akan informasi yang di miliki. Tindakan lainnya adalah dapat menyaring cookies yang tidak di inginkan sebelumnya. Kemudian Dapat menyembunyikan alamat IP komputer pengguna.

Tindakan lain dengan adanya web proxy ini adalah dapat mengakses kembal situs yang sebelumnya telah di blokir oleh ISP. Sertab dapat memblokir akses ke sebuah situs yang berbahaya atau sensitif. Tentunya Anda tidak menginginkan masuk ke dalam sebuah situs memiliki status sensitif, namun web proxy dengan mudah telah memblokir hal ini sehingga tidak akan dapat mengakses situs tersebut.

 

Manfaat Dari Web Proxy

Manfaat pertama dari sebuah web proxy adalah dapat menjaga keamanan suatu jaringan yang terjaga dan lebih baik. Selain itu dapat meningkatkan kinerja dari sebuah jaringan internet. Kemudian manfaat selanjutnya adalah dapat mengurangi dengan baik penggunaan bandwith dari sambungan sebuah internet user atau dapat mengendalikan jumlah penggunaan dari bandwith tersebut.

Selain itu web proxy sendiri dapat di gunakan untuk menyaring jika sewaktu-waktu terdapat permintaan data dari sebuah web. Dan manfaat lainnya adalah dapat memblokir terhadap situs serta web tertentu yang belum di ketahui tingkat keamanan dan keaslian. Sehingga jalannya proses akan lebih mudah dan aman tanpa khawatir terjadi sebuah masalah yang dapat merugikan Anda.

 

Kelebihan Dari Web Proxy

Kelebihan awal akan web proxy adalah sebuah jaringan yang di gunakan tentunya telah di jamin akan keamanannya dengan baik. Karena dengan adanya web proxy di sini sebagai pembatas antara jaringan luar atau internet dengan jaringan lokal yang Anda gunakan. Jadi jika seandainya terdapat situs yang tidak aman atau tidak baik, maka kondisi jaringan akan tetap terjaga dengan baik.

Sealin itu kelebihan yang lainnya adalah jika sebuah situs website yang telah Anda buka dan kemudian dibuka kembali dengan sebuah jeda  maka tidak perlu menunggu lama. Karena permintaan untuk membuka situs yang sama tidak perlu menunggu respon dari server sebab dari web proxy sendiri telah memiliki direktori cache proxy sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuka kembali.

 

Kekurangan Web Proxy

Selain pengertian web proxy serta kelebihan seperti di atas tadi, tentunya proxy ini juga memiliki sebuah kekurangan. Kekurangan tersebut di antaranya adalah jika terdapat sebuah website yang sebelumnya belum pernah di buka atau di akses, maka harus membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengakses. Hal ini juga melewati beberapa proses yang cukup panjang.

Selain itu jika sebuah proxy terlambat dalam melakukan sebuah update cache, maka hal ini akan berdampak kepada client yang akan mendapatkan sebuah konten yang juga belum update saat melakukannya permintaan konten tersebut. Akan tetapi hal seperti ini biasanya dapat diatasi secara baik untuk memudahkan kembali proses.

 

Baca Juga : Pengertian VPN Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

 

Jadi demikianlah beberapa penjelasan mengenai pengertian web proxy, cara kerja, fungsi, manfaat, tindakan, kelebihan dan juga kekurangan. Dan kesimpulan akan web proxy tersebut adalah kita sebagai pengguna internet tentunya akan di mudahkan dalam menggunakan dan mengakses internet tersebut dengan bijak tanpa harus khawatir akan kebocoran informasi data informasi ke orang atau pihak lainya.

Leave a Reply