Pengertian Web Server Dan Fungsi Masing-Masing Jenisnya

Pengertian Web Server

Pengertian web server bisa dipahami sebagai perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau biasa disebut HTML.

 

Fungsi dan Jenis Web Server

Fungsi utama web server adalah melakukan transfer berkas melalui protocol komunikasi sesuai dengan permintaan penggunanya. Dalam hal ini ada beberapa jenis web server berikut penjelasan sekaligus fungsinya :

 

Apache Web Server

Meskipun lebih dikenal dengan sebutan web server, apache sebenarnya adalah software atau biasa disebut perangkat lunak. Software inilah yang nantinya akan menggantikan fungsi server yang sesungguhnya.

Fungsi dari apache web server adalah untuk membuat sebuah hubungan antara server dan browser milik pengunjung web sambil mengirimkan file bolak-balik (antara user ke server dan sebaliknya).

 

Apache Tomcat

Web server apache tomcat merupakan aplikasi open source dan juga merupakan suatu wadah web aplikasi berbasis java yang dipakai untuk menjalankan server di sebuah aplikasi web.

Dalam perkembangannya, apache tomcat dibuat pertama kali oleh apache-jakarta. Karena popularitasnya yang meroket, maka proyek apache tomcat dipisah. Apache tomcat sendiri saat ini sedang berada dalam pengembangan dibawah pengawasan komunitas open source java komunitas.

 

Microsoft Windows Server 2008 Iis

Web server iis atau internet information service) sering dipakai pada os windows 2000 dan windows 2008. Kelebihan mencolok dari web server ini adalah dukungan komponen protocol jaringan dns, tcip/ip dan software yang dipakai untuk membuat situs web.

Iis juga sangat cocok untuk mendukung protocol seperti ftp, http dan ssl. Kelebihan web server iis adalah lebih kompatibel dengan windows, memiliki fitur url filtering untuk memfilter website yang tidak digunakan. Sedangkan kekurangan iis adalah keamanan file log yang mudah ditembus.

 

Nginx

Nginx atau engine x adalah nama dari sebuah web server open source yang dapat digunakan oleh siapapun secara bebas dan gratis. Keunggulannya yaitu bisa menangani website dengan traffic tinggi. Jika dbandingkan dengan apache, kpabilitas nginx lebih baik daripada apache server.

Nginx sangat cocok digunakan untuk bisnis professional dengan pengunjung yang sangat banyak. Kelebihan lainnya yaitu performa yang tinggi, fitur yang ditawarkan sangat bermanfaat.

 

Zeus

Pengertian web server zeus adalah server web proprietary untuk unix dan platform seperti solaris, linux). Web server ini dikembangkan oleh zeus technology, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berlokasi di inggris. Sejak tahun 2010, zeus seperti mati suri karena belum diperbarui dan perusahaan tidak lagi menawarkan solusi server yang sama.

Beberapa kelebihan zeus web server adalah dalam manajemen berbasis web yang fleksibel, dan kemampuan integrasi yang luas. Sedangkan kelemahan zeus web server adalah update versi terbaru lama tidak keluar, dan pengguna web server ini tidak sebanyak apache dan iis.

 

Sun Java System

Web server sun java system merupakan server yang aman, handal dan mudah dalam menggunakan web yang dirancang untuk situs menengah dan besar. Sun java merupakan perangkat lunak infrastruktur yang canggih dan tersedia tanpa biaya.

Kelebihan sun java web server adalah aman dan mudah dalam penggunaan, perangkat lunak infrastrukstur yang canggih, gratis tanpa biaya apapun. Sedangkan kelemahan web server sun java adalah keamanan file log mudah ditembus sehingga  sistem password sekalipun mudah didapatkan, komunitasnya cenderung sedikit.

 

Baca Juga : Pengertian Bandwidth, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

 

Sekarang sudah paham pengertian web server, jenis sekaligus fungsi masing-masing server bukan? Tentunya pengetahuan anda tentng web server semakin bertambah. Semoga informasi tentang web server berguna dan bisa diterapkan.

Leave a Reply