Pengertian Website, Sejarah, dan Unsur-unsurnya

Berbicara tentang website, tentu Anda sudah tak asing lagi kan? Apalagi mengingat website pun mudah ditemui. Misalnya saja terdapat pada layanan google, Facebook, Twitter hingga terdapat pada unicorn-unicorn seperti Tokopedia, Bukalapak dan lainya. Namun, meski sering melihatnya, banyak juga yang masih belum mengetahui apa pengertian website ini.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa itu website, sejarah, hingga manfaatnya. simak ulasan berikut ya!

 

Mengenal Pengertian Website

Website atau juga disebut dengan situs web ini memilki pengertian yaitu sekumpulan halaman web yang terdapat pada suatu domain. Masing-masing dari halaman web ini akan saling berhubungan dan dapat diakses luas dengan mengunjungi home page (halaman depan).

Website itu sendiri biasanya berisi tentang informasi baik disediakan oleh organisasi, perorangan maupun kelompok. Sedangkan untuk mengksesnya  yaitu  dilakukan menggunakan browser yang dapat diakses melalui URL website.

Sebagai contoh yaitu jika Anda mengakses URL alamat website Kupandu,  alamat domainya yaitu https//www.kupandu.net. Nah, setelah Anda mengakses URL tersebut, maka Anda akan masuk pada tampilan homepage untuk  mengakses situs ke halaman web mana pun.

Jadi, melalui website ini maka Anda akan mendapatkan kumpulan informasi baik itu berupa gambar, teks maupun video yang tergabung pada satu domain atau situs web.

 

Sejarah Terbentuknya Website

Jika Anda sudah mengerti pengertian website, tentu penasaran juga kan bagaimana sejarah terbentuknya website hingga saat ini banyak dibutuhkan?. Website ternyata sudah dibuat sejak lama yaitu pada akhir 1980an Tim Berners-Lee dan diperkenalkan luas pada tahun 1991.

 Tujuan awal dari diluncurkanya website ini awalnya memilki manfaat yang lebih khusus dibanding dengan saat ini yang penggunaanya sangat luas. Ternyata pada awalnya website ini dibuat untuk memudahkan pekerjaan peneliti.

Jadi, Tim Berners-Lee membuat website agar para peneliti dapat saling bertukar informasi dengan peneliti lainya pada saat menjalankan pekerjaan di tempat kerja. Kehadiran website pun dapat digunakan secara gratis tanggal 30 April 1993 dan diumumkan oleh CERN.

Saat ini  website banyak dimanfaatkan oleh individu, organisasi, hingga perusahaan untuk memberikan informasi mengenai layanan tertentu ataupun informasi pribadi terkait organisasi maupun perusahaan. Baik itu informasi dengan topik sama ataupun berbeda.

 

Unsur-Unsur Website

Sebuah website selain dapat langsung di akses melalui URL website,  tentu juga memilki unsur-unsur penting di dalamnya sehingga lamannya pun dapat ditemukan oleh pengguna internet. Jadi, unsur website ini ada 3 yaitu Domain, hosting dan juga konten ya.

Pertama, kita akan membahas tentang Domain. Domain menjadi salah satu unsur penting pada website dimana keberadaanya bisa disebut dengan brand atau merk. Jadi, ketika Anda memberi nama domain yang menarik maka otomatis orang akan tertarik untuk melihat isi website.

Biasanya orang akan meilhat sesuatu dari judul atau sampul yang menarik kan? Nah, ketika Anda menggunakan nama domain website yang unik kemungkinan besar akan membuat orang mudah mengingat dan lebih sering mengakses website Anda.

Unsur berikutnya yang penting pada website yaitu Hosting. Peran hosting pada sebuah website juga terbilang krusial yaitu untuk menyimpan database.  Database tersebut diantaranya bisa berupa teks, video, script dan lainya yang diperlukan  untuk pembuatan website.

 

Baca Juga : Mengenal Sejarah Videografi Dan Teknik Videografi

 

Berikutnya yaitu Konten. Konten juga menjadi unsur yang tak kalah penting dari domain dan juga hosting. Mengapa? Karena  bisa dibayangkan sebuah website tanpa sebuah konten pasti akan sangat tidak menarik atau bahkan tidak jelas apa tujuan website tersebut.

Jadi, bagi Anda yang ingin membuat website , tentu menghadirkan konten yang menarik ataupun informatif misalnya berupa gambar, video ataupun teks sangat diperlukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Berdasarkan isi konten yang dimuat, biasanya nih suatu website terdiri dari beberapa macam misalnya yaitu website tentang informasi perusahaan, website berita, media sosial, jual beli dan lainya.  jadi, mengetahui pengertian website serta unsur-unsurnya penting sekali ya.

Leave a Reply