Pengertian WiFi, Cara Kerja dan Fungsinya

Dijaman teknologi  yang semakin maju seperti saat ini, keberadaan perangkat wiFi memang sangat populer sekali. Terlebih lagi saat ini wifi sudah terpasang pada perangkat mobile seperti handphone maupun laptop sehingga mudah dan praktis digunakan. Meskipun saat ini istilah wifi ini bukanlah hal yang asing, ternyata masih banyak orang yang masih belum paham apa pengertian WiFi ini.

Saat ini keberadan WiFi pun saat ini bisa ditemui berbagai tempat diantaranya di cafe, hotel, perumahan, penginapan, taman dan tempat lainya sehinga memudahkan. Nah, bagi Anda yang penasaran apa arti dari WiFi, simak ulasan berikut ya!

 

Apa pengertian Dari WiFi?

Bagi Anda yang menyukai aktivitas berselancar melalui internet, keberadaan WiFi tentu akan mendukung sekali aktivitas Anda bukan? Wifi sendiri merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity. Secara umum pengertian WiFi ini yaitu suatu teknologi yang  dibutuhkan untuk saling bertukar data  melalui gelombang radio  melalui perangkat eletronik agar dapat terhubung ke jaringan komputer.

Perangkat elekronik yang dibutuhkan untuk menghubungkan ke perangkat tersebut diantaranya bisa berupa PC, Smartphone, laptop, video game console atau juga tablet. Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa agar suatu perangkat komputer dapat mengakses layanan internet, maka dibutuhkan teknologi yang menggunakan gelombang radio ini.

Lalu bagaimana proses konektivitas dari WiFi tersebut? nah, jadi  agar wifi terkoneksi dengan perangkat user dengan cakupan tertentu, maka dibutuhkan adaptor nirkabel.  Biasanya jaringan nirkabel yang diperlukan untuk melakukan koneksi Wifi tersebut yaitu menggunakan frekuensi 2.4GHz s/d 5GHz. Seiring perkembangan jaman, bahkan internet seakan menjadi kebutuhan primer.

 

Cara Kerja WiFi

Jika Anda sudah mengetahui apa itu pengertian WiFi, penasaran juga kan lebih lanjut bagaimana cara kerja dari WiFi tersebut? singkatnya,  pertama WiFi ini bekerja dengan menerima data digital dari komputer yang kemudian data tersebut diubah menjadi sinyal radio.

Nah, sinyal radio tersebut  dikirim ke router yang memilki fungsi yaitu sebagi penerjemah kode.  Jadi, sinyal tersebut berupa kode yang perlu diterjemahkan ya, dan pengiriman gelombang ini dilakukan melalui antena yang ada pada adaptor.

Kemudian,  sinyal yang sudah diterjemahkan dari router tersebut  dikirim ke jaringan internet dengan memanfaatkan koneksi ethernet. Dan selanjutnya sinyal ini  dihubungkan ke komputer yang sudah tersambungkan dengan WiFi adaptor.

 

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Wifi Jadi Kebut

 

Fungsi Wifi

Disamping mengetahui pengertian WiFi dan juga cara kerja WiFi, ada baiknya untuk mengetahui fungsinya juga kan? Ternyata fungsi dari WiFi ini sangat beragam sehingga tak ayal banyak orang memanfaatkanya untuk menunjang berbagai kegiatan.  fungsi WiFi  yang pertama yaitu untuk berbagi data antar perangkat. Melalui fungsi ini , tentu Anda akan dimudahkan.

Misalnya  apabila Anda memilki dua perangkat elektornik dan ingin memindahkan data di salah satu perangkat ke perangkat lainya, maka Anda tak perlu lagi mencari kabel data lagi.  Hal tersebut karena dengan memanfaatkan WiFi kebutuhan Anda akan terselesaikan.

Fungsi kedua dari Wifi yaitu dapat berguna sebagai modem Smartphone ya. Fungsi sebagai modem tersebut  tentu saja sangat mendukung terutama jika smartphone yang Anda milki  mendukung perangkat wireless.  Fungsi ini sangat efisien karena  akan memberikan Anda kemudahan.

Misalnya jika Anda sedang tidak memilki akses wifi dan juga kuota modem Anda habis, maka  dengan fungsi smartphne sebagai modem ini Anda bisa memanfaatkan paket kuota smartphone menggunakan sinyal Wifi untuk terhubung ke laptop ya. Jadi sangat efisien selali kan?

Fungsi selanjutnya wifi yaitu bisa mengh ubungkan perangkat ke dalam jaringan. Jadi, seperti yang kita ketahui bahwa jaringan Wifi ini  pengunaanya sangat luas dimana dapat dihubungkan ke  banyak perangkat komputer tanpa harus menggunkan banyak kabel.  Fungsi ini tentusaja agan memberikan kemudahan para pengguna untuk bisa terhubung dengan mudah ke jaringan ya.

Leave a Reply