Apa itu Hosting? Berikut Penjelasan dan Jenisnya

Apa itu Hosting? Berikut Penjelasan Hosting – Untuk kamu yang sedang ataupun pernah membuat suatu blog pasti tidak asing dengan kata Hosting. Jadi apa sih Hosting itu? Berikut saya akan jelaskan Penjelsan Hosting Secara Lengkap

 

Penjelasan Hosting (Web Hosting)

Web Hosting merupakan layanan sewa berbayar untuk membuat suatu website pribadi atau organisasi. Secara umumnya Hosting adalah tempat penyimpanan file-file website seperti Template, tulisan, gambar, video, dan piranti website lainnya.

File tersebut di simpan dalam sebuah server atau komputer berkapasitas besar yang biasanya dijalankan terus menerus tanpa berhenti atau mati. Server hosting juga didukung jaringan internet dengan kecepatan tinggi agar menjalankan program website tanpa kendala.

Masih bingung? Kalau masih bingung saya berikan contoh analogi hosting, Ibaratkan saja hosting adalah sebuah gedung yang disewakan, didalamnya terdapat ruangan ruangan toko kosong yang siap disi oleh penyewa (Penyewa Hosting), setiap toko memiliki batasan luas misal 5×6 meter, tetapi penyewa bisa saja menyewa banyak toko (Jenis Bandwith & Storage dalam Hosting 500Mb/1Gb/10Gb/dll).

Setiap penyewa memliki selera masing-masing dalam membangun tokonya, apa atau bagaimana tokonya akan dibangun (Banyak Website dalam sebuah hosting yang berbeda-beda). Itu adalah analogi sederhananya untuk Penjelsan Hosting yang saya paparkan diatas.

 

Jenis Web Hosting

Hosting memiliki berbagai jenis, Jenis ini memuat perbedaan seperti kapasitas penyimpanan, kontrol, persyaratan pengetahuan teknis, kecepatan server, kehandalan dan harga. Berikut Jenis-jenisnya

 

Shared Hosting

Seperti namanya, Shared Hosting ini adalah hosting yang memiliki satu server tetapi terdapat ratusan/ribuan website yang ditampung didalamnya. Ibarat sebuah kosan yang di tempati oleh beberapa orang. Dengan begitu shared hosting ini adalah yang paling murah dari jenis hosting lainnya. dikisaran harga Rp. 1000 – 50.000 setiap bulannya kamu sudah bisa menyewa shared hosting ini.

Disamping harga nya yang murah, shared hosting memiliki kekurangan yaitu terbatasnya kemampuan untuk menangani lalu lintas website yang tinggi. Kecepatan performa website juga dipengaruhi oleh website lainnya karena berada di server yang sama.

 

Dedicated Hosting

Berbeda dengan Shared Hosting yang mempunya satu server tetapi terdapat banyak website, Dedicated hosting memiliki server yang dapat di sewa hanya untuk sebuah website. Dedicated Hosting ini menawarkan kontrol penuh dalam mengelola sumber daya, mengelola bandwith, hingga melakukan penyimpanan file website, karena kamu secara eksklusif menyewa kesuluran server untuk pribadi.

Dedicated hosting memiliki kekurang yaitu kisaran harga jauh lebih mahal. Oleh karena itu disarankan hosting ini dipilih jika website membutuhkan kontrol yang maksimal dan kecepatan server yang baik seperti website sekolah, pemerintahan, ataupun perusahaan.

 

Cloud Hosting

Hosting ini adalah hosting yang termasuk baru dimunculkan oleh berbagai penyedia web hosting. Memiliki cara kerja komputasi awan yang menawarkan kemampuan terbatas untuk menangani lalu lintas atau traffic yang tinggi. Hal ini diyakini sebagai hosting yang memiliki kecepatan lebih baik dan lebih aman dari pada hosting lainnya.

Cloud hosting tidak hanya memilik satu server melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan dikelola secara bersamaan oleh tim server, jika satu server tidak dapat bekerja karena terjadi gangguan atau sebagainya, maka server lain akan menggantikannya. Kekurangan dari hosting ini adalah harganya yang tergolong mahal dibandingkan dengan Shared Hosting.

 

VPS Hosting (Virtual Private Server)

VPS Hosting menyediakan sebuah Virtual Server yang dapat disewakan kepada pengguna. Virtual server ini dapat dikelola oleh si pengguna. Memilik konsep dapat digunakan oleh beberapa website dalam satu Virtual server, ini hampir mirip seperti Shared Hosting. Tetapi biasanya Virtual Server diperuntukan hanya untuk satu website saja.

Lingkungan Server jauh lebih baik daripada hosting lainnya, memilik kecepatan yang stabil sehingga dapat menampung  banyaknya pengunjung yang ada di sebuah website. VPS Hosting ini cocok untuk kamu yang ingin membangun website besar seperti web perusahaan.

 

Managed WordPress Hosting

Diperuntukan hanya untuk membangun sebuah website dengan platform WordPress. WordPress adalah platform web yang sudah popouler dan memiliki banyak pengguna. Tidak hanya web kecil, tetapi web-web besarpun banyak sekali yang memakai platform WordPress. Karena hosting ini dikhusus kan hanya untuk WordPress maka server dioptimalkan dengan sangat baik agar pengguna dapat mengelola website berjalan dengan lebih baik.

Hosting WordPress ini memilik fitur berbeda dari hosting lainnya. Adanya fitur tambahan Update situs otomatis, backup harian/mingguan otomatis, pengoptimalan kecepatan, keamanan terintegrasi, dan fitur lainnya yang mempermudah pengguna dalam membangun websitenya.

 

Penyedia / Provider sewa Hosting

Banyak sekali berbagai Provider penyewa hosting indonesia maupun Luar negri menyediakan harga dan fitur-fitur hosting yang berbeda. Berikut ini penyedia-penyedia yang sudah terbukti kualitasnya dan sudah memiliki banyak penggunanya.

5 Comments

  1. Abah Rahman 1 Desember 2019
    • Kupandu 1 Desember 2019
  2. Edy Sugianto 1 Desember 2019
  3. Tokumei 6 Desember 2019
  4. Erik Sopian 7 Desember 2019

Leave a Reply