Perbedaan Intel Dan AMD, Performa, dan Kualitasnya

Sedang mencari laptop atau PC baru, tapi bingung milih yang mana. Dalam memilih laptop salah satu yang harus diperhatikan adalah prosessornya. Di pasaran saat ini prosessor yang banyak dijual adalah AMD dan Intel. Sebelum memutuskan membeli ada baiknya Anda pahami perbedaan Intel dan AMD terlebih dahulu. Sebab keduanya memiliki keunggulannya masing-masing.

 

Hal-hal yang umumnya diperbandingkan diantara keduanya adalah masalah kecepatan, preforma grafik performa multimedia, manajemen suhu panas, kemampuan penanganan virus, serta harganya. Nah, jika Anda penasaran dengan perbedaan kedua istilah yang tentu sangat familiar ini, jangan khawatir karena ulasan lengkapnya ada di bawah ini.

 

Arsitekturnya dan Kecepatannya

Pada dasarnya perbedaan Intel dan AMD terletak pada desain arsitektur pemrosesannya yang agak berbeda. Perbedaan ini lah yang berimplikasi pada performa diantara keduanya.

AMD di setiap kelasnya umumnya menanamkan memori controller pada prosesornya, sehingga saat pemrosesan data transmisi data ke dalam prosesor tidak terlalu jauh harus mengambil ke memori utama. Sehingga prosesnya juga lebih cepat. Namun itu menjadikan memori internal dari prosesor itu lebih kecil. Sehingga membuatnya kurang cepat memproses software-software berat.

Berbeda dengan Intel yang  justru tidak menanamkan memori controller sehingga memori internal dari prosseor menjadi lebih besar. Pengaruhnya lebih tahan memproses software berat yang membutuhkan kerja multi thread, sepeti rendering.

 

Performa Grafik

Para gamer yang berat-berat lebih suka AMD. Salah satu alasannya juga karena performa grafik yang dihasilkan AMD. Jadi Intel tanpa VGA tambahan tidak bisa menjalankan game-game dengan grafik berat sedangkan AMD bisa.

Sebab Intel tanpa VGA tambahan menggunakan VGA on-board yang berarti prosesor intel hanya menjadikan chipset di Motheboard agar prosesor memungkinkan memprose data grafis. Sedangkan AMD memberikan graphic prosessing unit yang mana bagian prosessor ada yang dikhususkan untuk memproses grafik tersendiri.

Dengan kata lain tanpa VGA tambahan prosessor AMD sudah bisa memainkan game-game seperti PUBG. Sedangkan Intel membutuhkan VGA tambahan.

 

Performa Multimedia

Kalo masalah kegunaan multimedia intel lebih dijagokan. Karena seperti dibilang tadi bahwa intel lebih unggul dalam proses software yang multi-thread. Salah satu jenis itu adalah software multi media. Apalagi mereka yang suka buat video sampai butuh rendering prossessor intel lebih baik.

 

Manajemen Suhu Panas

Prosessor dalam suhu panas sangat berbahaya, karena dapat mengakibatkan kerusakan komponen dari prosessor itu sendiri. Prosessor yang memiliki teknologi manajemen suhu yang baik diantara keduanya adalah intel. Prosessor intel menjaga agar komponennya tetap aman. Mereka dilengkapi teknologi menurunkan kinerja prosessor kalau suhunya terlalu tinggi.

 

Deteksi Virus dan Malware

Namun AMD juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Intel. AMD dilengkapi teknologi untuk penanganan virus. Mereka telah mengembangkan teknologi mendeteksi virus dan malware sebelum menginveksi perangkat secara keseluruhan.

 

Harga

Pada prosessor pasar kelas atas (high-end) sebenarnya keduanya tidak terlampau beda jauh. Baik dari segi kualitas maupun harga. Namun apabila di kelas low-end masih tejadi perbedaan yang signifikan. Terutama harga intel yang lebih mahal dibandingkan AMD. Dalam hal ini, mengingat harga cukup penting dipertimbangkan, maka pengguna juga penting memperhatikan poin tersebut

 

Baca Juga : Beberapa Komponen Wajib Untuk Merakit PC Gaming

 

Sudah sangat jelas bukan letak perbedaan intel dan AMD dari ulasan di atas. Setelah mengetahuinya, pilihlah berdasarkan kebutuhan Anda. Apabila Anda seorang gamer mungkinlebih cocok menggunakan AMD. Namun apabila Anda sering menggunakan software-software berat seperti multi media, mengedit video, rendering dan lain-lain intel lebih disarankan.

Leave a Reply