Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing – Dilihat dari namanya mungkin Anda menganggap bahwa internet marketing dan digital marketing adalah 2 hal yang sama.

Meskipun mempunyai persamaan (sama-sama pemasaran), tapi nyatanya kedua hal tersebut mempunyai banyak perbedaan.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas apa yang menjadi perbedaan diantara keduanya.

Tapi sebelum itu, kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan internet marketing dan apa yang dimaksud dengan digital marketing.

 

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

 

PENGERTIAN INTERNET MARKETING

Internet marketing adalah proses pemasaran yang memanfaatkan berbagai media yang hanya bisa diakses jika ada koneksi internet.

Berikut ini adalah beberapa turunan dari internet markting.

  • Email Marketing
  • Search Engine Marketing
  • Sosial Media Marketing

Karena internet adalah salah satu bentuk dari tekhnologi digital, maka internet marketing adalah salah satu bagian dari digital marketing.

 

PENGERTIAN DIGITAL MARKETING

Digital marketing lebih luas lagi, karena dulu sebelum ada teknologi internetpun, digital marketing sudah bisa dijalankan melalui media seperti televisi, radio, telepon, sms, billboard elektronik dan lain sebagainya.

Sederhananya, digital marketing adalah proses pemasaran yang dijalankan melalui media-media digital (termasuk internet di dalamnya).

Jika diibaratkan sebuah pohon, maka digital marketing adalah batang utamanya, sementara internet marketing, telemarketing, sms marketing dan lain sebagainya adalah cabang dan rantingnya.

 

Baca Juga : 8 Bisnis Internet Terbaik Dengan Prospek Menjanjikan

 

PERBEDAAN INTERNET MARKETING DAN DIGITAL MARKETING

Jadi perbedaannya apa?

Perbedaannya jelas…

…Internet marketing adalah salah satu bagian dari digital marketing, sementara digital marketing adalah induk dari berbagai jenis proses pemasaran (dan internet marketing termasuk di dalamnya)

Jadi internet marketing adalah digital marketing, sementara digital marketing bukan hanya internet marketing

 

MEMANFAATKAN KEDUANYA UNTUK MEMBANGUN BISNIS

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu memikirkan kedua istilah tersebut, karena faktanya sebagian besar orang saat ini menganggap kedua hal tersebut adalah sama.

Justru yang lebih penting adalah bagaimana cara memanfaatkan keduanya untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda kedepannya.

Pertanyaan beriktunya adalah…

…Bagaimana cara memanfaatkannya?

Di zaman internet dalam genggaman seperti sekarang ini, apapun bisa kita pelajari sendiri melalui informasi-informasi yang tersebar secara online.

Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang bisa belajar sendiri secara otodidak, banyak orang yang baru bisa belajar jika ada gurunya (manusia, bukan google).

Kabar baiknya, jika Anda adalah orang yang tidak bisa belajar sendiri, Anda bisa belajar di Akademi Bisnis Digital (ABDi).

 

AKADEMI BISNIS DIGITAL (ABDi)

Akademi Bisnis Digital adalah sekolah online dimana kita bisa mempelajari bagaimana cara untuk membangun bisnis di dunia digital.

Di sini, Anda akan dibimbing mulai dari nol, secara bertahap, mulai dari membenahi mindset sampai mempelajari hal-hal teknis yang sebagian besar berhubungan dengan internet marketing.

Lebih dari 40.000 ribu orang telah belajar di ABDi dan merasakan manfaatnya, bahkan yang awalnya gaptekpun, kini telah berhasil mendapatkan penghsilan di angka jutaan per bulan.

Kalau Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai sekolah ini, Anda bisa menyimak halaman ini terlebih dahulu : review akademi bisnis digital.

Di dalam review tersebut, Anda bisa mengetahui apa saja yang nanti akan Anda dapatkan ketika telah bergabung sebagai member.

Jika Anda sudah menyimak reviewnya dan berminat untuk menajadi bagian dari keluarga besar Akademi Bisnis Digital, Anda bisa langsung menuju halaman pendaftaran.

Tapi kalau masih belum yakin & masih banyak “tanda tanya”, Anda bisa langung ngobrol dengan Adminnya melalui kolom chat yang terintegrasi dengan WhatsApp.

Leave a Reply